5 Alasan Berat Badan Tak Kunjung Turun meski Sudah Makan Makanan Sehat

Coba cek kamu yang mana

Banyak cara yang dilakukan seseorang demi mendapatkan tubuh ideal sesuai keinginannya. Salah satunya dengan diet. 

Gak selalu cocok dengan jenis diet tertentu, biasanya seseorang menerapkan berbagai jenis dan pola diet. Kamu termasuk juga?

Kadang kita sudah mengurangi porsi makan, mengatur gaya hidup sehat, bahkan memilih makanan-makanan sehat. Tapi, angka di timbangan tak kunjung turun. Benar gak?

Menurut ahli gizi New York, Lisa Moskovitz, ternyata ada enam alasan kenapa berat badan tidak turun meski sudah mengonsumsi makanan sehat. Di antaranya sebagai berikut:

1. Terlalu memperhatikan kalori tapi tidak cukup nutrisi

5 Alasan Berat Badan Tak Kunjung Turun meski Sudah Makan Makanan SehatPixabay.com/ Engin_Akyurt

Kalori merupakan takaran energi dalam makanan. Kalau mau berat badan turun, kita harus mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun, sebagian besar orang terlalu fokus dengan pengurangan kalori, dan lupa soal pemenuhan gizi.

Dilansir dari Insider, gizi berperan penting dibanding hanya berfokus pada jumlah kalori. Sama-sama mengandung 100 kalori, makanan yang bergizi akan lebih bisa membantu proses dietmu.

2. Stres dan kurang tidur

5 Alasan Berat Badan Tak Kunjung Turun meski Sudah Makan Makanan SehatPexels.com/ energepic.com

Imunitas yang menurun dan mental sangat mempengaruhi tubuh kita secara fisik. Menurut Moskovitz, diet yang sempurna dan banyak aktivitas tidak bisa membentuk badan ideal, jika kamu mengalami stres yang tinggi.

Lebih baik atur waktu dalam sepekan untuk tidur ekstra dan yoga. Bermeditasi dan menenangkan tubuh dapat memiliki efek positif, penurunan berat badan pun jadi lebih cepat.

3. Mengurangi porsi makan secara drastis

5 Alasan Berat Badan Tak Kunjung Turun meski Sudah Makan Makanan SehatPexels.com/ rawpixel.com

Ketika diet, hal yang paling utama dan paling sering dilakukan adalah mengurangi porsi makan secara drastis, sehingga tubuh sering merasa lapar. Hal ini justru akan berdampak buruk. 

Menurut Moskovitz, kurang makan akan memaksa tubuh menimbun atau menyimpan semua kalori, alih-alih membakar sebagai mekanisme perlindungan. Namun, hal ini akan memperlambat metabolisme tubuh.

Baca Juga: 5 Resep Salad Sayur yang Enak dan Bisa untuk Menu Diet

4. Sering mengonsumsi makanan kemasan

5 Alasan Berat Badan Tak Kunjung Turun meski Sudah Makan Makanan SehatPixabay.com/ sweetlouise

Ketika diet, kita seringkali memilih makanan yang mudah dijangkau, salah satunya makanan kemasan. Jika kita membeli makanan kemasan sebagai rendah lemak atau rendah natrium, pelan-pelan justru akan merusak tubuh.

Ahli gizi menyarankan agar menjauh dari makanan kemasan sepenuhnya, kerena tidak akan membantu proses penurunan berat badan.  Sebab, kandungan bahan pengawet dan kimia lainnya pun lebih banyak dibanding yang alami.

5. Punya masalah kesehatan

5 Alasan Berat Badan Tak Kunjung Turun meski Sudah Makan Makanan SehatPixabay.com/ stevepb

Moskovitz menyatakan  beberapa orang mungkin tidak menyadari memiliki masalah kesehatan, sehingga ketika diet terjadi kesalahan tiroid yang kurang aktif dan mengalami sensitivitas insulin. 

Sebelum memulai, ketahui dulu atau cek ke dokter apakah tubuh kita bisa melakukan diet tertentu atau tidak. 

Nah, itulah beberapa alasan kenapa berat badan susah turun meski sudah diet. Sesuaikan jenis diet dengan kondisi tubuhmu ya, jangan terlalu memaksakan keinginan hanya demi kurus. Imbangi pula dengan olahraga teratur. 

Baca Juga: 6 Menu Diet Ivanka Trump yang Bikin Awet Muda dan Sehat Terus

yummy-banner

Topic:

  • Roh Cahaya Padang
  • Dewi Suci R.

Just For You