Comscore Tracker

5 Fakta Kolak Ayam, Kuliner Gresik yang Berasal dari Mimpi Sang Sunan

Hanya disajikan satu kali dalam setahun, lho

Kolak ayam terbilang kuliner unik dan langka. Kuliner yang mengandalkan kenikmatan ayam kampung ini berasal dari Gresik, tepatnya di Desa Gumeno. Tidak hanya menawarkan kelezatan, keberadaan kolak ayam pu memiliki cerita unik yang mesti diketahui oleh banyak orang.

Konon, kolak ayam berasal dari mimpi Sang Sunan, lho! Kok bisa, ya? Daripada makin penasaran, simak lima fakta kolak ayam khas Gresik berikut ini.

1. Kolak ayam hanya muncul pada malam ke-23 bulan Ramadan

5 Fakta Kolak Ayam, Kuliner Gresik yang Berasal dari Mimpi Sang Sunaninstagram.com/aditongel

Tak seperti nasi krawu atau nasi rumo yang dapat kamu jumpai di Gresik kapan pun. Dikatakan langka karena kolak ayam bisa dibilang hanya ada sekali dalam setahun. Tepatnya malam ke-23 bulan Ramadan.

Kolak ayam menjadi menu berbuka puasa masyarakat sekitar desa yang berkumpul pada suatu masjid. Nampak sederhana, kelezatan dari kolak ayam cukup mengganjal perut pada saat berbuka.

2. Kolak ayam hanya dapat dijumpai di Desa Gumeno

5 Fakta Kolak Ayam, Kuliner Gresik yang Berasal dari Mimpi Sang Sunaninstagram.com/ahmadikhyari

Jika kamu penasaran dengan kolak ayam setelah membaca artikel ini, jangan langsung pergi ke Gresik begitu saja, ya. Hal ini karena kolak ayam hanya ada di Desa Gumeno, Kecamatan Mayar, Gresik.

Ribuan piring berisi kolak ayam nantinya di tata rapi di serambi Masjid Jami' Sunan Dalem pada malam ke-23 di bulan Ramadan tiba.

Baca Juga: 9 Olahan Ayam Khas Lombok yang Wajib Jadi Bucket List Kulineranmu

3. Proses masak hingga penyajian hanya dilakukan oleh kaum pria

5 Fakta Kolak Ayam, Kuliner Gresik yang Berasal dari Mimpi Sang Sunaninstagram.com/gresiktourism

Emak-emak yang dikenal sebagai penguasa dapur tidak nampak satu pun saat proses pembuatan kolak ayam di Desa Gumeno ini. Sejak kuliner ini ada hingga menjadi tradisi turun temurun, mulai dari proses masak hingga penyajian, semuanya dilakukan oleh kaum pria saja.

Jangan heran, saat kalian mengikuti tradisi ini nampak sejumlah laki-;aki dari berbagai usia yang akan memasak hingga menyiapkan kolak ayam di piring dengan rapi.

4. Kuliner ini mulanya adalah obat yang berasal dari mimpi Sang Sunan

5 Fakta Kolak Ayam, Kuliner Gresik yang Berasal dari Mimpi Sang Sunaninstagram.com/gresiktourism

Dahulu, tepatnya sekitar abad ke-15, Sunan Dalem yang tak lain adalah putra dari Sunan Giri melakukan perjalanan dakwah ke Desa Gumeno. Tak sekadar berdakwah, Sunan Dalem juga mendirikan masjid yang dikenal dengan nama Masjid Jami' Sunan Dalem.

Hingga akhirnya, hal yang tak diinginkan terjadi. Sunan Dalem jatuh sakit yang membuat para santri khawatir dan mencarikan obat untuk Sang Sunan.

Namun pada malam ke-22 bulan Ramadan, Sunan Dalem bermimpi. Mimpi tersebut memberi isyarat, agar Sunan Dalem mengonsumsi makanan terbuat dari ayam jago sebagai obat.

Di hari berikutnya, santri dan warga sekitar yang umumnya adalah kaum pria membantu Sunan Dalem menyiapkan bahan-bahan, seperti ayam, santan, gula jawa, jintan dan daun bawang untuk dimasak.

Bukan isapan jempol belaka, mimpi tersebut menjadi nyata. Sunan Dalem mulai pulih dari sakit setelah mengonsumsi makanan yang kini dikenal dengan nama kolak ayam.

5. Kini dikenal dengan tradisi bernama Sanggring Gumeno

5 Fakta Kolak Ayam, Kuliner Gresik yang Berasal dari Mimpi Sang Sunaninstagram.com/gresiktourism

Acara buka bersama dengan menyantap kolak ayam ini dikenal dengan nama tradisi Sanggring Gumeno. Istilah sanggaring muncul, ketika Sunan Dalem Sakit, yang berasal dari dua kata yakni 'Sang' berarti pemimpin dan 'Gering' berarti sakit.

Itulah lima fakta tentang kolak ayam khas Gresik yang merupakan berasal dari mimpi Sang Sunan. Karena hanya ada sekali dalam setahun, serta cuma bisa ditemukan di Desa Gumeno.

Tak ada salahnya mengunjungi desa ini saat Sanggring Gumeno berlangsung. Menyaksikan dari dekat berlangsungnya tradisi ini dan jika beruntung bisa mencicipi kolak ayam saat berbuka puasa.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Berbagai Olahan Ayam di Yogyakarta, Terkenal Maknyus!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya