Comscore Tracker

5 Kuliner Kuah Santan Khas Betawi yang Gurihnya Nempel di Lidah

Semuanya mantap!

Soto Betawi, salah satu kuliner berbahan daging sapi (jeroan) dengan kuah santan tersohor khas Betawi. Sedang melancong ke Jakarta, wajib banget nih berburu kuliner kuah santan khas Betawi lainnya. Seperti lima kuliner kuah santan khas Betawi berikut ini yang gak kalah nikmat dengan soto Betawi! Gurihnya nempel di lidah!

1. Soto Tangkar

5 Kuliner Kuah Santan Khas Betawi yang Gurihnya Nempel di Lidahsambalahap.id

Saat disajikan, soto tangkar memiliki penampakan yang hampir sama dengan soto Betawi. Terlebih pada bagian akhir, lezatnya soto diselimuti dengan kriuknya emping. Bedanya terletak pada isian, jika soto Betawi cenderung menggunakan jeroan sapi. Soto tangkar menggunakan iga sapi.

Untuk rasa, gak usah diragukan lagi! Nikmatnya semangkuk soto tangkar dan nasi putih yang masih hangat, mampu membuatmu kenyang dan bikin nagih untuk menikmatinya lagi. Biasanya seporsi soto tangkar dihargai sekita Rp25-35 ribu.

2. Lontong atau Ketupat Sayur

5 Kuliner Kuah Santan Khas Betawi yang Gurihnya Nempel di Lidahpergikuliner.com

Gak cuma Padang yang punya lontong atau ketupat sayur, Betawi juga lho! Kuliner berkuah santan ini mudah sekali ditemukan di Jakarta karena banyak dijual oleh pedagang gerobak kaki lima pada pagi hari.

Sama nikmatnya dengan lontong atau ketupat sayur Padang, ciri khas pembeda yang mencolok rata-rata lontong/ketupat sayur Betawi menggunakan semur telur dan tahu. Seporsi lontong/ketupat sayur umumnya dihargai sekitar Rp10-15 ribu.

3. Sayur Besan

5 Kuliner Kuah Santan Khas Betawi yang Gurihnya Nempel di Lidahshopee.co.id

Di kota Solo ada sup manten, Betawi punya sayur besan. Kuliner berkuah santan khas Betawi satu ini punya riwayat unik lho yang di mana sayur ini disajikan pada saat acara pernikahan atau besanan sebagai simbol penghormatan kepada orang tua mempelai.

Bahan utama sayur besan menggunakan terubuk, atau biasa dikenal dengan bunga tebu. Diikuti dengan bahan lainnya seperti sayuran yang terdiri dari kentang, petai, dan kembang kol. Sayur besan biasanya disajikan dengan potongan ketupat. Seporsi sayur besan dijual dengan harga sekitar Rp25-30 ribu.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kuliner Street Food Malaysia yang Patut Kamu Coba!

4. Sayur Babanci

5 Kuliner Kuah Santan Khas Betawi yang Gurihnya Nempel di Lidahmerahputih.com

Selain sayur besan, sayur babanci juga punya cerita unik lho. Di mana, sayur ini tidak jelas jenisnya karena memang tidak ada unsur sayuran di kuliner kuah santan khas Betawi ini. Sayur babanci memiliki isian berupa daging sengkel dan tetelan.

Rasa rempahnya yang kuat, sayur babanci tidak masuk dalam golongan sup, gulai, atau soto. Meski begitu sesampainya sayur ini di lidah, kamu akan merasakan sensasi lezatnya yang begitu nikmat. Seporsi sayur babanci dihargai sekitar Rp40-45 ribu per porsi.

5. Laksa Betawi

5 Kuliner Kuah Santan Khas Betawi yang Gurihnya Nempel di Lidahindonesia.go.id

Jika kuliner kuah santan khas Betawi sebelumnya menggunakan isian berupa daging sapi. Lain hal dengan laksa Betawi yang menggunakan suwiran ayam, udang, bihun/mi, sayuran, dan telur rebus.

Hingga saat ini, laksa Betawi mudah dijumpai di rumah makan mana pun. Bahkan di restoran berbintang, juga memasukkan nama laksa Betawi di menu makanan yang mereka jual. Seporsi laksa Betawi dipatok dengan harga sekitar Rp10-25 ribu.

Setelah dijabarkan, kuliner kuah khas Betawi mana nih yang kira-kira bikin kalian penasaran dan ingin segera menikmatinya? Jangan sampai melewatkan kelezatan salah satunya, ya! Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang, Legit & Manis

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You