Comscore Tracker

5 Kuliner Nasi Khas Jawa Ini Enak Banget untuk Santapan Keluarga

#IDNTimesFood Sudah enak, mengenyangkan lagi

Supaya keluarga tidak bosan menikmati makanan rumah. Setiap harinya otak kita dituntut untuk mencari inspirasi makanan dengan cita rasa yang berbeda, dan pastinya sederhana agar tak memakan waktu maupun biaya.

Karena itulah, penulis memberi rekomendasi lima kuliner nasi khas Jawa berikut ini untuk inspirasi santapan keluarga. Tak cuma punya rasa yang menggoda! Kuliner nasi ini sederhana, dan mudah dibuat lho. Apa saja, ya?

1. Nasi lengko 

5 Kuliner Nasi Khas Jawa Ini Enak Banget untuk Santapan KeluargaNasi lengko (instagram.com/cirebonfoodlovers)

Taoge, tahu, tempe goreng, irisan timun adalah isian wajib dari nasi lengko. Setelah semua bahan yang disebutkan tadi menjadi satu bersama nasi putih, guyur dengan sambal kacang. Agar lebih sedap dari segi rasa maupun aroma, tambahkan daun seledri, dan beri taburan bawang goreng.

2. Nasi bogana 

5 Kuliner Nasi Khas Jawa Ini Enak Banget untuk Santapan KeluargaNasi bogana (instagram.com/buendutkulineran)

Nasi bogana semacam nasi campur dengan bermacam lauk yang menggiurkan lidah. Lauk-lauk tersebut biasanya terdiri dari serundeng, telur rawis, ayam suwir, orek tempe, sambal goreng hati, dan masih banyak lauk lainnya yang bisa disesuaikan dengan lidah penikmatnya.

Baca Juga: 5 Ragam Nasi Campur dari Berbagai Negara yang Tidak Boleh Dilewatkan

3. Nasi langgi 

5 Kuliner Nasi Khas Jawa Ini Enak Banget untuk Santapan KeluargaNasi langgi (instagram.com/my.kulineran)

Lauk berat yang umumnya dipilih untuk meracik nasi langgi terdiri dari ayam goreng atau empal. Sedangkan lauk pelengkapnya kamu bisa tambahkan sambal goreng hati, serundeng, abon dan telur. Supaya mendapat sensasi pedas, bubuhi nasi langgi dengan sambal.

4. Nasi tewel 

5 Kuliner Nasi Khas Jawa Ini Enak Banget untuk Santapan KeluargaNasi tewel (instagram.com/djago.culinary)

Ciri khas dari nasi tewel yakni keberadaan daun jati yang dijadikan sebagai alas. Tak adapun tak masalah, meski sedikit mengurangi keautentikan dari nasi tewel. Lauk utama dari nasi tewel terdiri dari gulai atau sayur nangka. Terdapat tempe atau bakwan, yang bisa dipilih sebagai pelengkap.

5. Nasi pager 

5 Kuliner Nasi Khas Jawa Ini Enak Banget untuk Santapan KeluargaNasi pager (instagram.com/conelo41)

Nasi pager hampir serupa dengan nasi pecel yang diguyur sambal kacang. Yang membedakan, nasi pager masih dilengkapi pula oleh gurihnya serundeng. Tahu bacem, tempe mendoan, dan bakwan, jadi pelengkap nasi pager yang bikin lezatnya makin menggoda.

Belum kepikiran mau menyajikan menu apa untuk keluarga hari ini? Jajalah salah satu dari lima kuliner nasi khas Jawa yang telah disebutkan tadi. Meski sederhana, dijamin semua anggota keluarga bakal senang.

Baca Juga: Resep Mudah dan Enak Masak Nasi Pindang Kudus, Dijamin Ketagihan 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya