Comscore Tracker

5 Makanan Indonesia yang Jodoh dengan Bumbu Rujak, Mantap! 

Ternyata gak cuma rujak buah

Makanan yang identik sekali menggunakan bumbu rujak adalah rujak buah. Tak hanya nikmat dicocol pada garam buah, menikmati irisan buah berrsama bumbu rujak nyatanya lebih menggugah selera makan. Apalagi bumbu rujak menghadirkan beragam rasa mulai dari manis, gurih, pedas, dan asam.

Kenikmatan bumbu rujak gak selalu berakhir pada rujak buah saja. Lima makanan Indonesia berikut ini juga enak banget bila dijodohkan dengan bumbu rujak. Yuk, cobain catu per satu!

1. Ayam bumbu rujak 

5 Makanan Indonesia yang Jodoh dengan Bumbu Rujak, Mantap! instagram.com/surabayafoodies

Buat kamu yang sering mengolah ayam dengan bumbu seadanya, sekali-kali cobalah meracik ayam dengan bumbu rujak. Sensasi rasanya mampu membuatmu nambah berulang kali, apalagi jika dipertemukan dengan nasi hangat.

Cara membuatnya juga cukup sederhana, di mana ayam yang telah dipotong menjadi beberapa bagian, ditumis ke dalam bumbu rujak dan dibiarkan hingga bumbu meresap ke lapisan daging.

2. Rujak cireng 

5 Makanan Indonesia yang Jodoh dengan Bumbu Rujak, Mantap! instagram.com/cirengcrispi

Cireng tak lain adalah camilan yang terbuat dari tepung kanji bersama bumbu. Supaya saat mengunyahnya tidak terasa hambar, atau sekadar mengunyahnya bersama cabai rawit. Nikmatilah dengan bumbu rujak yang disiapkan terpisah. Untuk cara menikmatinya, kamu tinggal cocolkan cireng ke bumbu atau sambal rujak.

Baca Juga: 7 Kuliner Unik Indonesia dengan Sentuhan Bumbu Rujak, Pernah Coba?

3. Rujak soto 

5 Makanan Indonesia yang Jodoh dengan Bumbu Rujak, Mantap! instagram.com/amazingindonesiafood

Nama rujak soto cukup populer di Jawa Timur, tepatnya Banyuwangi. Rujak soto benar-benar memadukan antara rujak yang berisi sayuran seperti kangkung, tauge, kacang panjang dan bumbu rujak.

Sedangkan pada soto, terdapat isi daging sapi beserta kuah soto. Jangan tanya soal rasanya, karena dijamin bikin ketagihan! Apalagi jika kamu baru pertama kali menikmati seporsi rujak soto.

4. Lincah u groh 

5 Makanan Indonesia yang Jodoh dengan Bumbu Rujak, Mantap! instagram.com/4n0m4l0us

Lincah u groh sejenis rujak pula, tapi identik berbahan dasar dari irisan kelapa muda. Makanan ini cukup digemari oleh masyarakat Aceh, dan menjadi alternatif makanan selain rujak buah. Sebelum disajikan, lincah u groh biasanya diberi kucuran jeruk nipis supaya aroma serta rasanya lebih mengguggah selera.

5. Sate bumbu rujak

5 Makanan Indonesia yang Jodoh dengan Bumbu Rujak, Mantap! instagram.com/dapurijo_surabaya

Lupakan sate dengan bumbu kacang atau pun bumbu kecap! Karena sate bumbu rujak enggak kalah nikmat untuk disantap. Sate bumbu rujak bisa menggunakan bermacam daging, namun yang banyak dipilih yakni daging ayam.

Proses pembuatannya sama seperti membuat sate pada umumnya yang dibakar pada bara api. Hanya saja, yang tadinya menggunakan bumbu kacang diganti dengan bumbu rujak. Kebayang enggak sih, perpaduan lembutnya daging bertemu bumbu rujak? Hemm, bikin air liur menetes.

Selain rujak buah, apakah kamu pernah mencicipi kenikmatan dari lima makanan berbumbu rujak di atas?

Baca Juga: 6 Resep Kreasi Rujak yang Bercita Rasa Pedas Menyegarkan, Bikin Ngiler

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya