Comscore Tracker

5 Makanan Ringan Berbahan Kepiting yang Lezatnya Bikin Lidah Salting

Meski dari kepiting ternyata banyak kreasi lho

Karena seringnya dihidangkan sebagai makanan berat, bukan berarti kepiting tidak dapat diolah menjadi makanan ringan. Terdapat satu contoh makanan ringan berbahan kepiting yang sering dibuat oleh kebanyakan orang, yaitu crab cake.

Crab cake terbuat dari kombinasi antara daging kepiting, tepung roti, dan telur. Praktis dan ekonomis, banyak orang menyangka jika makanan ringan dari kepiting hanya sebatas crab cake saja.

Padahal, lima makanan ringan terbuat dari kepiting berikut ini enggak kalah enak dan mudah dibuat lho. Yuk, cobain satu per satu!

1. Poo cha

5 Makanan Ringan Berbahan Kepiting yang Lezatnya Bikin Lidah Saltingbrasswok.com

Makanan ringan bernama poo cha berasal dari Thailand. Di negara asalnya, poo cha dihidangkan dengan menggunakan cangkang kepiting supaya lebih menarik dan menggunggah selera penikmatnya.

Adonan poo cha mempertemukan daging dari kepiting yang dapat dicampur dengan udang, daging babi, atau daging ayam. Makanan ringan ini diolah dengan cara dikukus terlebih dahulu, baru kemudian digoreng.

Beranekaragam jenis saus dapat menemani lezatnya poo cha saat dikunyah. Tapi kebanyakan orang Thailand menyukai poo cha dengan olesan saus cabai.

2. Crab rangoon

5 Makanan Ringan Berbahan Kepiting yang Lezatnya Bikin Lidah Saltingthespruceeats.com

Crab rangoon adalah makanan ringan alkuturasi budaya Tiongkok yang cukup populer di Amerika Serikat. Banyak restoran oriental di Negeri Paman Sam menjajakan crab rangoon dengan saus andalan seperti mustard dan plum sauce.

Crab rangoon sendiri dibuat dari kulit pangsit yang diisi dengan adonan daging kepiting yang telah dibumbui. Layaknya batagor, crab rangoon disajikan dalam keadaan digoreng.

Baca Juga: 5 Olahan Kepiting Khas Singapura yang Lezat, Bikin Ngiler

3. Casquinhas de siri

5 Makanan Ringan Berbahan Kepiting yang Lezatnya Bikin Lidah Saltingibahia.com

Casquinhas de siri hampir serupa dengan poo cha, hanya saja makanan ringan asal Brasil ini cukup menarik perhatian karena memanfaatkan cangkang kerang sebagai wadah. Adonan dari casquinhas de siri merupakan kombinasi dari daging kepiting, santan, tomat, bumbu, dan tepung roti.

Bila poo cha berakhir digoreng, casquinhas de siri dipanggang hingga warnanya berubah cokelat keemasan. Setelah matang, casquinhas de siri disajikan bersama saus serta jeruk nipis.

4. She crab soup

5 Makanan Ringan Berbahan Kepiting yang Lezatnya Bikin Lidah Saltingfoodnetwork.com

Enggak melulu makanan digoreng atau dipanggang. Makanan ringan berbahan dasar daging kepiting dapat kamu jumpai pula berwujud sup kental yang hangatnya menentramkan perut.

She crab soup terbuat dari daging kepiting, kaldu ikan, krim, susu, dan bumbu. Keunikan dari sup krim ini yaitu menggunakan kepiting betina sebagai bahan dasarnya karena diyakini daging yang dihasilkan jauh memuaskan lidah.

Supaya menggugah selera, tak sedikit penikmatnya yang menambahkan lada hitam begitu she crab soup disajikan.

5. Moeche

5 Makanan Ringan Berbahan Kepiting yang Lezatnya Bikin Lidah Saltingitalianfoodforever.com

Makanan ringan sebelumnya hanya memanfaatkan daging kepiting saja, lain hal dengan moeche. Berasal dari Italia, moeche benar-benar menyajikan kepiting utuh yang digoreng dengan dibalur telur dan tepung.

Tapi, moeche tidak menggunakan sembarang kepiting. Kenikmatannya didapat dari kepiting cangkang lunak yang mudah dijumpai pada saat musim semi tiba. Di Indonesia, kamu dapat memanfaatkan kepiting soka untuk membuat makanan ringan ini.

Meski sekadar makanan ringan, kamu tidak mau kan saat menikmatinya dihantui oleh bau amis dari kepiting? Maka dari itu rebus daging kepiting terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit dengan menambahkan daun serai, supaya bau amis sirna.

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Memilih Kepiting Segar dan Berdaging Banyak

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya