Comscore Tracker

Yummy! 7 Dessert Hijau Berbagai Negara Ini Bikin Semangat Menyantap

Rata-rata warna hijaunya berasal dari daun pandan

Setiap hidangan tidak hanya memiliki cita rasa yang khas, tapi juga dibuat dengan penampilan semenarik mungkin sehingga meningkatkan nafsu makan bagi para penikmatnya.

Seperti dessert yummy dari berbagai negara berikut ini. Tidak hanya menonjolkan rasanya yang nikmat, tujuh dessert ini memiliki warna hijau yang berasal dari berbagai warna makanan alami. Wah, ada dessert yummy apa saja ya?Icip, yuk!

1. Laklak

Yummy! 7 Dessert Hijau Berbagai Negara Ini Bikin Semangat Menyantappalm-living.com

Laklak adalah dessert hijau khas Pulau Dewata, Bali yang punya tekstur legit dan rasa manis. Laklak serupa dengan serabi, namun memiliki perbedaan pada tampilan dan penyajiannya.

Umumnya serabi memiliki topping berupa mesis, potongan kelapa, atau daging cincang. Namun laklak memiliki taburan kelapa parut dan kucuran gula merah di bagian atasnya. Selain itu, laklak identik berwarna hijau yang berasal dari daun pandan.

2. Kuih seri muka

Yummy! 7 Dessert Hijau Berbagai Negara Ini Bikin Semangat Menyantapen.petitchef.com

Dessert hijau ini bisa dibilang kue lapisnya masyarakat Negeri Jiran, Malaysia. Kuih seri muka memiliki dua lapisan. Lapisan pertama berwarna putih terbuat dari beras ketan kukus dan lapisan hijau pada bagian atas adalah pudding manis yang terbuat dari daun pandan.

Perpaduan rasa dan tekstur yang berbeda dalam satu kue menjadikan kuih seri muka sebagai dessert yang disukai oleh lidah Melayu. Bahkan kuih seri muka terkenal pula di Kalimantan dan Brunei Darusalam, lho!

3. Pistachio coquito

Yummy! 7 Dessert Hijau Berbagai Negara Ini Bikin Semangat Menyantapsheknows.com

Untuk dessert hijau satu ini berupa minuman klasik yang selalu ada saat perayaan hari besar tiba. Berasal dari Puerto Riko, pistachio coquito terbuat dari santan, ekstrak almond, dan pasta kacang pistachio yang membuat dessert manis ini memiliki warna hijau.

Punya tekstur lembut dan kental, pistachio coquito identik dengan taburan serbuk kayu manis pada bagian atasnya. Pistachio coquito kian nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

Baca Juga: 10 Olahan Dessert Apel Ini Manisnya Bikin Melek, Nagih Banget!

4. Jeolpyeon

Yummy! 7 Dessert Hijau Berbagai Negara Ini Bikin Semangat Menyantapssarijai.com

Dessert hijau asal Korea Selatan ini punya rasa yang lezat lho! Saking lezatnya, jeolpyeon sering dijadikan oleh masyarakat Negeri Gingseng sebagai suguhan manis usai menyantap hidangan. Bahkan, jeolpyeon populer sebagai hidangan pesta pernikahan atau upacara minum teh.

Jeolpyeon sendiri adalah kue beras yang memiliki rasa manis, berbentuk pipih, dan penuh dekorasi. Warna hijau jeolpyeon berasal dari daun tumbuhan Artemisia vulgaris atau biasa disebut juga dengan daun mugwort Korea.

5. Pandan puto

Yummy! 7 Dessert Hijau Berbagai Negara Ini Bikin Semangat Menyantapyummy.ph

Berbentuk mungil, pandan puto adalah jenis bolu kukus khas Filipina yang manis dan punya tekstur nan lembut saat digigit. Sudah dapat bocoran dari namanya, pandan puto memiliki warna hijau berasal dari daun pandan.

Umumnya dibuat polos, tak sedikit pula masyarakat Filipina yang menambahkan topping berupa keju, potongan kelapa, hingga parutan kelapa. Karena telah memiliki rasa manis, pandan puto enak banget lho disantap bersama secangkir kopi pahit.

6. Xoi la dua

Yummy! 7 Dessert Hijau Berbagai Negara Ini Bikin Semangat Menyantaprunawayrice.com

Penampakannya hampir mirip dengan tape ketan hijau, xoi la dua yang berbahan utama beras ketan ini adalah camilan nasi ketan yang diolah bersama pandan dan punya pelengkap berupa saus kelapa/parutan kelapa dan taburan wijen.

Xoi la dua memiliki rasa gurih. Dessert hijau ini biasanya jadi penghibur lidah masyarakat Vietnam kala hujan.

7. Frankenstein pudding cups

Yummy! 7 Dessert Hijau Berbagai Negara Ini Bikin Semangat Menyantappinterest.com/Amy Balderson

Terkenal di wilayah Amerika, frankenstein pudding cup adalah dessert hijau yang wajib ada saat perayaan Halloween tiba.

Sebenarnya frankenstein pudding cup hanyalah pudding hijau biasa. Bahannya pun tergantung selera pembuatnya dan ditambahkan dengan pewarna makanan berwarna hijau serta memiliki topping berupa remukan biskuit cokelat atau meses.

Frankenstein sendiri adalah nama dari tokoh fiksi novel horor karya Mery Shelley yang terkenal misterius dan identik berwarna hijau.

Wah, warna hijau memang nyegerin mata memandang! Wajar saja jika bikin semangat menyantap. Dari tujuh dessert hijau yang telah disebutkan tadi, mana yang bikin kamu penasaran dengan rasanya? Tulis di kolom komentar, ya!

 

Baca Juga: 15 Resep Dessert Super Enak yang Gampang Dibuat, Cuma 5 Menit!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya