Comscore Tracker

7 Kuliner Daerah Dilengkapi Taburan Kacang Goreng, Makin Bersensasi! 

Renyahnya makin bangkitkan selera makan

Kacang tanah merupakan jenis kacang-kacangan yang dapat dikreasikan menjadi makanan apa pun. Di Indonesia sendiri, kuliner yang memanfaatkan renyahnya kacang cukup beragam. Sebut saja kacang goyang, kacang sembunyi, pecel yang diguyur bumbu kacang, dan masih banyak lainnya.

Ada juga jenis kuliner berikut ini kategori menggunakan kacang tanah yang telah digoreng sebagai taburan. Apakah kuliner bertabur kacang goreng ini, merupakan kesukaanmu?

1. Tahu acar 

7 Kuliner Daerah Dilengkapi Taburan Kacang Goreng, Makin Bersensasi! instagram.com/serba.solo

Tahu acar termasuk bagian dari kuliner khas Solo. Komposisi dari tahu acar terdiri dari tahu goreng, mi kuning basah, irisan timun, tauge, dan kacang tanah.

Masuk dalam kategori makanan ringan, tahu acar enak banget disantap pada siang hari karena memiliki kuah segar terbuat dari gula merah, kecap manis, dan cuka, yang rasanya seirama dengan isian dari tahu acar.

2. Asinan bogor 

7 Kuliner Daerah Dilengkapi Taburan Kacang Goreng, Makin Bersensasi! instagram.com/asinanangel

Gak cuma tahu acar, asinan bogor juga mantep banget dinikmati tengah hari bolong. Kuliner satu ini juga diberi taburan kacang goreng, setelah semua isi menjadi satu bersama kuah asinan yang bercita rasa gurih, asam, dan sedikit pedas.

Asinan bogor sendiri umumnya menggunakan buah-buahan seperti kedondong, nanas, mangga, papaya, dan bengkuang. Tak jarang yang menambahkan tauge segar, supaya makin bersensasi saat dikunyah.

3. Bubur pedas 

7 Kuliner Daerah Dilengkapi Taburan Kacang Goreng, Makin Bersensasi! instagram.com/dapurmbaksar

Bubur pedas berasal dari Kalimantan. Bubur nan lezat ini sejenis bubur nasi yang dimasak bersama sayuran. Tekstur dari bubur pedas sangatlah lembut karena beras yang hendak digunakan melalui proses ditumbuk terlebih dahulu.

Sesuai dengan namanya, bubur pedas bercita rasa gurih pedas. Bubur yang nikmat banget disantap di segala waktu, ini mempunyai topping ikan teri dan kacang goreng.

Baca Juga: 5 Kuliner Nusantara Berbahan Daun Singkong, Sederhana tapi Menggoda!

4. Soto ayam pacitan 

7 Kuliner Daerah Dilengkapi Taburan Kacang Goreng, Makin Bersensasi! instagram.com/warjok07

Indonesia memiliki banyak sekali soto dengan ciri khas masing-masing. Jika soto lamongan diberi taburan bubuk koya. Soto ayam pacitan makin menggugah selera karena bertabur kacang goreng di atasnya.

Soto ini seperti umumnya soto ayam yang berkuah kaldu dengan isian daging ayam, bihun, tauge, dan kol. Penggunaan rempah serta kehadiran kacang goreng yang berenang di kuah, memberi sensasi berbeda ketika pertama kali mendarat lidah.

5. Bubur ase 

7 Kuliner Daerah Dilengkapi Taburan Kacang Goreng, Makin Bersensasi! instagram.com/dapoeroecoe

Ternyata tidak hanya ada pada bubur pedas khas Kalimantan, saja! Kacang goreng juga meriahkan kenikmatan dari bubur ase khas Betawi. Bubur yang identik memiliki topping kerupuk merah muda, ini tak lain adalah bubur beras yang berpelengkap semur daging beserta isian asinan meliputi tauge dan timun.

6. Bubur suro 

7 Kuliner Daerah Dilengkapi Taburan Kacang Goreng, Makin Bersensasi! instagram.com/ asrisaputra1122

Bubur yang identik dengan perayaan Tahun Baru Islam, ini berupa bubur nasi yang dimasak dengan santan serta rempah-rempah. Bila bubur ase berkuah gelap dari semur, bubur suro identik memiliki penampilan kuning cerah.

Bubur suro memiliki beragam pelengkap yang dapat disesuaikan oleh selera. Pelengkap yang identik sekali dan tak boleh ketinggalan dalam meriahkan bubur ini terdiri dari irisan telur dadar, orek tempe, dan kacang goreng.

7. Nasi jinggo 

7 Kuliner Daerah Dilengkapi Taburan Kacang Goreng, Makin Bersensasi! instagram.com/nasibubuhbali_asli

Nasi jinggo merupakan salah satu jenis nasi campur yang berasal dari Bali. Nasi jinggo mempunyai beragam lauk pelengkap meliputi mi goreng, suwiran daging ayam, serundeng kelapa, telur balado, dan lainnya.

Usai nasi diselimuti oleh beragam lauk yang mengguggah selera makan, nasi jinggo ditutup dengan taburan kacang goreng yang renyahnya mampu menggoyang lidah hingga suapan terakhir.

Nah, itu tadi tujuh kuliner Nusantara bertabur renyahnya kacang goreng. Ternyata kacang memiliki banyak kegunaan selain dijadikan sebagai bumbu atau pun bahan utama pembuatan camilan.

Dari kuliner bertabur kacang goreng yang telah disebutkan tadi, mana saja yang sudah pernah kamu cicipi?

Baca Juga: 5 Kuliner Magelang ini Bikin Lidah Penasaran, Awas Ketagihan Lho!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya