Comscore Tracker

7 Kuliner Lokal Sarat akan Serat yang Bisa Jadi Hidangan untuk Berbuka

Bantu menyehatkan pencernaan 

Setelah seharian puasa, ada baiknya berbuka dengan mengonsumsi makanan berserat seperti sayuran atau buah-buahan. Supaya kenapa? Agar usus mudah mencerna makanan, dan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Buat kamu yang butuh ide menu buka puasa sarat akan serat, tujuh kuliner lokal ini bisa kamu sontek lho! Enggak cuma mudah disajikan sendiri, kuliner-kuliner ini rasanya juga ramah di lidah. Yuk, intip satu per satu!

1. Pisang gapit 

7 Kuliner Lokal Sarat akan Serat yang Bisa Jadi Hidangan untuk Berbukainstagram.com/gk_dapur

Pisang merupakan jenis makanan sarat akan serat. Di Indonesia sendiri, olahan pisang cukup beragam. Kamu bisa menyajikan dalam bentuk pisang gapit khas Kalimantan Timur. Sebelum dipanggang di atas teflon dengan olesan mentega, pisang digapit atau dipipihkan terlebih dahulu. Saat matang, pisang diberi kucuran saus manis atau kinca.

2. Sup senerek 

7 Kuliner Lokal Sarat akan Serat yang Bisa Jadi Hidangan untuk Berbukainstagram.com/sitaracharlina

Kacang merah termasuk jenis makanan atau kacang-kacangan yang kaya serat, lho! Kuliner lokal yang menggunakan kacang merah, ada sup senerek khas Magelang.

Dalam semangkuk sup senerek terdapat isian lainnya meliputi wortel, bayam, dan daging atau jeroan sapi. Kuahnya memadukan kaldu, bumbu rempah, serta air kelapa. Tertarik mencoba?

3. Lepet jagung 

7 Kuliner Lokal Sarat akan Serat yang Bisa Jadi Hidangan untuk Berbukainstagram.com/deasypratomo

Dalam dunia lauk, ada sayur asam hingga sup yang menyertakan jagung sebagai isian. Tapi bila kamu ingin mengolahnya sebagai kudapan berbuka puasa, bisa menyulap jagung menjadi lepet.

Kamu tinggal menghaluskan jagung, dan mencampurkannya dengan kelapa parut. Saat adonan lepet telah siap, dibungkus dengan menggunakan kulit jagung lalu dikukus.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Merangin yang Nikmat, Cocok untuk Menu Berbuka Puasa!

4. Perkedel kentang 

7 Kuliner Lokal Sarat akan Serat yang Bisa Jadi Hidangan untuk Berbukainstagram.com/perkedel.hostes

Kentang termasuk makanan kaya serat, tapi jangan menikmatinya dalam bentuk keripik atau french fries ya! Selain berlabuh sebagai isian sup, kentang bisa dijadikan perkedel. Sudah enggak asing lagi dong dengan olahan kentang yang ditumbuk ini?

Setalah ditumbuk dan diberi bumbu, biasanya adonan perkedel dibentuk bulat pipih kemudian digoreng. Kamu bisa menyajikannya sebagai kudapan berbuka dengan menambahkan saus atau mayones. Dijamin suka!

5. Binyolos 

7 Kuliner Lokal Sarat akan Serat yang Bisa Jadi Hidangan untuk Berbukainstagram.com/amongboga

Sama seperti kentang yang merupakan tanaman umbi-umbian, ubi juga makanan mengandung serat lho! Kamu sendiri paling suka mengolah ubi menjadi apa?

Bulan Ramadan seperti sekarang, ubi biasanya disajikan sebagai kudapan seperti binyolos misalnya. Binyolos sendiri semacam  gorengan identik berwarna yang didalamnya terdapat isian gula merah. Kuliner lokal ini berasal dari tanah Minahasa.

6. Almond crispy 

7 Kuliner Lokal Sarat akan Serat yang Bisa Jadi Hidangan untuk Berbukainstagram.com/bebenooom

Panggilannya memang mengandung unsur ke barat-baratan, tapi almond crispy merupakan oleh-oleh khas Surabaya. Kamu bisa membeli atau membuat sendiri di rumah, sebagai kudapan untuk berbuka atau ketika lapar setelah salat tarawih.

Almond merupakan kacang bergizi yang mempunyai banyak manfaat baik bagi tubuh, salah satunya adalah menyehatkan pencernaan karena kaya serat.

7. Sego abang 

7 Kuliner Lokal Sarat akan Serat yang Bisa Jadi Hidangan untuk Berbukainstagram.com/jogjabikinlaper

Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia, sego abang adalah nasi merah. Kuliner populer di Gunungkidul, Yogyakarta, ini berupa nasi merah dengan beragam lauk yang bisa disesuaikan oleh lidah penikamatnya.

Enggak cuma mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan, nasi merah yang kaya antioksidan menangani lemak jahat dalam darah.

Nah, itu tadi tujuh rekomendasi kuliner lokal sarat akan serat yang bisa kamu sediakan sebagai hidangan berbuka puasa. Adakah dari kuliner yang telah disebutkan tadi, merupakan kesukaanmu?

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Tanjung Jabung Barat yang Rasanya Mantap Jiwa!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya