Comscore Tracker

Ini 7 Makanan Tradisional Mongolia yang Bikin Nafsu Makan Bertambah

Semua menu serba daging

Jika kamu merencanakan liburan ke suatu negara, jangan cuma cari tahu mengenai destinasi wisatanya saja. Biar mendapatkan pengalaman baru, cobain untuk mencicipi kuliner khas negara tersebut. Seperti halnya berlibur ke Mongolia.

Kita sudah tahu betapa indahnya penampakan alam yang dimiliki Mongolia seperti Taman Nasional Tarelj, Gurun Gobi atau Danau Khuvsgul. Liburan ke sini kurang asyik jika tidak dilengkapi dengan berwisata kuliner.

Nah, biar gak bingung mau cicipi apa setibanya di sana. Berikut, tujuh kulineran khas Mongolia yang bikin nafsu makan bertambah.

1. Khuushuur

Ini 7 Makanan Tradisional Mongolia yang Bikin Nafsu Makan Bertambahouttraveler.com

Bentuk dan cara membuat khuushuur menyerupai kue pastel. Perbedaan terletak pada isinya saja. Jika pastel umumnya berisi sayuran, potongan telur atau daging ayam. Khuushuur memiliki isi berupa daging giling, bisa daging sapi maupun daging domba.

2. Buuz

Ini 7 Makanan Tradisional Mongolia yang Bikin Nafsu Makan Bertambahvideo.godsdirectcontact.org.tw

Letak Mongolia berdekatan dengan Cina, wajar jika beberapa makanan di negara ini hampir sama dengan negara tirai bambu tersebut. Buuz, salah satunya. Makanan ini ialah dimsum versi Mongolia yang berisi daging domba atau daging sapi. Biasanya, masyarakat Mongolia menyantap Buuz dengan dicocolkan ke saus sambal.

3. Khorkhog

Ini 7 Makanan Tradisional Mongolia yang Bikin Nafsu Makan Bertambahethnicfoodsrus.com

Dan kuliner khas Mongolia ini paling unik dari yang lainnya. Keunikannya terletak dari proses masaknya. Di mana, daging kambing dimasak dengan sayuran dan bumbu pada panci dengan menggunakan bantuan batu besar yang dimasukkan ke dalam.

Masyarakat menyebut, batu-batu tersebut akan membuat daging kambing cepat matang dan menyerap lemak pada daging. Untuk penyajian, daging kambing dan sayuran yang telah masak kurang lebih satu jam ditiriskan. Ada juga yang menyajikannya dengan kuah.

Baca Juga: 7 Kuliner Bulgaria yang Dijamin Bakal Bikin Kamu Ngiler

4. Tsuivan

Ini 7 Makanan Tradisional Mongolia yang Bikin Nafsu Makan Bertambahhungryforever.com

Untuk kulineran satu ini, berupa hidangan mi dengan ukuran besar yang digoreng dengan menggunakan campuran sayuran dan daging. Berbeda dari Indonesia, tsuivan diolah tanpa menggunakan campuran kecap manis. Selain itu, masyarakat Mongolia lebih baik suka membuat mi sendiri lho tanpa membelinya di pasaran yang siap masak.

5. Boodog

Ini 7 Makanan Tradisional Mongolia yang Bikin Nafsu Makan Bertambahquora.com

Kuliner satu ini menggunakan domba atau kambing dan dimasak seperti kambing guling. Cara masaknya sendiri punya kemiripan dengan khorkhog yang menggunakan batu saat memasaknya. Kambing atau domba yang telah disembelih, dihilangkan kepala dan tulang rusuknya.

Melalui leher, semua daging pada domba tersebut dipotong secara perlahan agar bentuk boodog masih utuh layaknya kambing atau domba. Setelah itu bumbu beserta sayuran (kentang dan wortel), dan daging kambing/domba yang telah diiris-iris dimasukkan kembali ke tubuh dengan dicampur batu yang telah dipanaskan kemudian dibakar.

6. Budaatai Khuurga

Ini 7 Makanan Tradisional Mongolia yang Bikin Nafsu Makan Bertambahbearskitchen.com

Makanan khas satu ini bisa dibilang nasi goreng khas Mongolia. Berbeda dengan di negara kita yang menggunakan kecap manis, budaatai khurga diolah menggunakan kecap asin. Selain itu, budaatai khurga cenderung menggunakan tambahan isi berupa daging domba atau sapi.

7. Guriltai Shul

Ini 7 Makanan Tradisional Mongolia yang Bikin Nafsu Makan Bertambahwhonomstheworld.com

Selain tsuivan, ada olahan mi lain di Mongolia terlebih buat kalian yang menyukai mi kuah. Hidangan ini dibuat dari tasalsan guril (mi yang sudah digoreng) dimasak dengan potongan sayuran, daging beserta bumbu-bumbuan, dan tak lupa kuah kaldu. Guriltai Shul, menu yang sangat nikmat disajikan pada saat musim dingin.

Nah, kira-kira kalian penasaran dengan kuliner Mongolia yang mana nih? Mengingat kuliner yang telah disebutkan serba daging, jangan kebanyakan ya! Ingat kolestrol.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Kediri yang Bikin Kamu Pengen Makan Terus

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You