Comscore Tracker

7 Sate Nusantara yang Bisa Dinikmati sebagai Camilan, Bikin Lupa Diri!

Sate enggak melulu dimakan dengan nasi 

Enggak seperti sate ayam atau sate padang yang berakhir menjadi lauk, dan disantap bersama nasi putih atau lontong. Masih ada lagi sate di Indonesia yang justru berakhir menjadi camilan.

Meskipun sederhana, lezatnya sate camilan tersebut mampu bikin penikmatnya lupa diri lho! Apakah kamu pernah menjajal nikmatnya tujuh sate camilan ini?

1. Sate aci 

7 Sate Nusantara yang Bisa Dinikmati sebagai Camilan, Bikin Lupa Diri!instagram.com/warungsausan_frozen_herbal

Sate aci populer sekali di Jawa Barat. Kuliner sate asli Tanah Sunda, ini terbuat dari adonan aci atau tepung kanji. Melalui dua tahap pembuatan yakni dikukus dan dipanggang, sate aci yang menyuguhkan tekstur kenyal yang bikin lidah ketagihan, umumnya disajikan dengan gurihnya bumbu kacang.

2. Sate gembus 

7 Sate Nusantara yang Bisa Dinikmati sebagai Camilan, Bikin Lupa Diri!instagram.com/ra_betah_luwe

Walaupun ada juga yang menikmati sate gembus bersama lontong, sate terbuat dari tempe gembus juga banyak dinikmati sebagai camilan. Apalagi teksturnya yang ambyar dan punya cita rasa yang khas, sate gembus bikin setiap penikmatnya betah ngemil. Sate gembus sendiri dapat disajikan dengan bumbu kecap merica atau bumbu kacang.

3. Sate kentang 

7 Sate Nusantara yang Bisa Dinikmati sebagai Camilan, Bikin Lupa Diri!instagram.com/waras.warunganekarasa

Acapkali dijadikan sebagai lauk pelengkap dari nasi jamblang khas Cirebon. Sate kentang dapat dipingit sebagai camilan, lho! Sate ini menggunakan kentang jenis baby potato.

Penyajian sate kentang punya banyak versi. Ada yang hanya dikukus kemudian dilumuri dengan bumbu kacang. Ada pula yang memanggang sate usai dikukus. Apa pun versinya, dua-duanya menyuguhkan kenikmatan yang bikin lupa diri.

Baca Juga: 5 Perbedaan Sate Klatak dan Sate Padang, Rasanya Bikin Lidah Bergoyang

4. Sate telur peyuh 

7 Sate Nusantara yang Bisa Dinikmati sebagai Camilan, Bikin Lupa Diri!instagram.com/youni_youn

Sate telur puyuh yang dimasak dengan bumbu bacem atau kecap manis, sering dijumpai sebagai lauk pelengkap makanan seperti soto atau bubur ayam.

Kenikmatan sate telur puyuh dapat pula dijadikan sebagai camilan, lho! Perpaduan tekstur lembut dan rasa manis gurih bumbu bacem yang bertemu saat dikunyah, bikin lidah kepengin makan terus.

5. Sate usus goreng 

7 Sate Nusantara yang Bisa Dinikmati sebagai Camilan, Bikin Lupa Diri!instagram.com/penyetan_sadis_kokomamad

Memang tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu sering. Tapi, enggak ada salahnya sekali-kali menikmati sate usus sebagai camilan. Bla umumnya sate usus dibakar dengan bumbu kecap.

Nikmatilah sate usus versi goreng! Bisa membalutnya langsung dengan telur atau adonan tepung. Sate usus goreng enak disajikan bersama saus cabai.

6. Sate keong

7 Sate Nusantara yang Bisa Dinikmati sebagai Camilan, Bikin Lupa Diri!instagram.com/makanjajananjogja

Sate keong populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mudah dijumpai di angkringan, sate keong yang biasanya dinikmati sebagai lauk kucing, enak pula dipinang sebagai camilan.

Disajikan dengan bumbu kecap merica, tekstur kenyalnya yang bertemu rasa manis pedas, dijamin manjakan lidah banget!

7. Sate tahu 

7 Sate Nusantara yang Bisa Dinikmati sebagai Camilan, Bikin Lupa Diri!instagram.com/njajan.tulungagung

Biar enggak melulu berakhir sebagai tahu goreng, atau pelengkap makanan. Tahu putih atau tahu kuning, jenis tahu yang bisa disulap menjadi sate tahu. Cukup mudah banget, karena kamu tinggal memotongnya kecil-kecil kemudian dibumbu kacang atau kecap.

Kepengin ngemil yang berbeda? Buat saja tujuh sate Nusantara yang telah disebutkan tadi. Dijamin puas dengan rasanya!

Baca Juga: 6 Ragam Sate Khas Bali yang Lezat dan Menggugah Selera, Ada Favoritmu?

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya