Comscore Tracker

7 Dessert Enak Ini Solusi Buat Si Kecil yang Tidak Suka Makan Buah

Tetap bergizi meski dikonsumsi dengan cara berbeda!

Selain sayuran, sebagian anak-anak juga tidak begitu suka dengan buah. Alasannya pun beragam. Mulai dari rasanya yang aneh, teksturnya yang tidak menarik, hingga aroma dari sang buah yang bikin anak-anak menjadi ilfeel sebelum menyantapnya. 

Maka dari itu, harus pintar dalam merayu si kecil supaya mau mengonsumsi buah agar asupan nutrisinya terpenuhi. Salah satu caranya yaitu menyajikan dessert berbahan buah seperti berikut ini.

1. Rustic french apple tart

7 Dessert Enak Ini Solusi Buat Si Kecil yang Tidak Suka Makan Buahonceuponachef.com

Apple tart dengan teknik masak ala Prancis ini cukup mudah dibuat, lho! Adonan dessert ini dibuat dengan tepung beserta bahan lainnya yang diuleni hingga halus kemudian dipipihkan dengan membentuk lingkaran.

Kemudian isikan pada bagian tengahnya berupa potongan buah apel yang telah diracik bersama gula, ekstrak vanila, mentega cair, garam, dan bubuk kayu manis. Setelahnya, rapatkan pinggir adonan tart seperti di atas lalu dipanggang.

2. Ichigo daifuku

7 Dessert Enak Ini Solusi Buat Si Kecil yang Tidak Suka Makan Buahchopstickchronicles.com

Dessert khas Jepang ini juga bisa dijadikan umpan saat merayu si kecil supaya mau makan buah. Ichigo daifuku tak lain adalah mochi dengan isian berupa buah stroberi yang dilapisi manisnya pasta kacang merah. 

Meski identik dengan keberadaan pasta kacang merah, kamu dapat menggantinya juga dengan selai cokelat.

3. Carang gesing

7 Dessert Enak Ini Solusi Buat Si Kecil yang Tidak Suka Makan Buahcookpad.com/Mimam Mu

Selain nagasari, buah pisang dapat dikreasikan pula menjadi carang gesing. Kue tradisional khas Solo, ini terbuat dari santan, telur, gula, garam, daun pandan, dan potongan buah pisang. 

Dimasak dengan cara dikukus, adonan carang gesing sebelumnya dibungkus terlebih dahulu dengan menggunakan daun pisang yang dikunci dengan lidi pada bagian atasnya.

Baca Juga: 5 Kreasi Dessert Lezat yang Terbuat dari Santan, Cocok untuk Berbuka!

4. Mango sticky rice

7 Dessert Enak Ini Solusi Buat Si Kecil yang Tidak Suka Makan Buahfood.ndtv.com

Sudah gak asing lagi dong dengan mango sticky rice? Dessert khas Thailand ini memadukan segarnya potongan buah mangga dengan ketan putih yang diguyur saus santan dan taburan wijen putih. 

Supaya mengguggah selera makan, sajikan saat keadaan masih dingin. Pasti si kecil suka!

5. Pineapple cake

7 Dessert Enak Ini Solusi Buat Si Kecil yang Tidak Suka Makan Buahyumofchina.com

Sering dijadikan oleh-oleh khas Taiwan, pineapple cake juga bisa jadi solusi dessert bagi si kecil yang tidak suka makan buah.

Buah nanas yang menjadi isian kue, sebelumnya diolah terlebih dahulu menjadi selai yang lembut. Pineapple cake biasanya mungil dengan bentuk persegi. 

6. Bingsu durian

7 Dessert Enak Ini Solusi Buat Si Kecil yang Tidak Suka Makan Buahthailand.tripcanvas.co

Bingsu merupakan dessert khas Korea Selatan yang tak lain adalah es serut. Dahulu, bingsu biasa disajikan dengan kacang merah. Seiring berjalannya waktu, bingsu kini dikreasikan dengan beragam topping. 

Yang sedang trend untuk saat ini yaitu bingsu durian. Populer juga di Singapore, Thailand, dan Malaysia, bingsu durian mudah untuk dibuat. Yang mana, kamu cukup menghaluskan daging buah durian kemudian diguyurkan ke es serut.

7. Fruit crepes

7 Dessert Enak Ini Solusi Buat Si Kecil yang Tidak Suka Makan Buahzojirushi.com

Populer sebagai street food di Eropa dan beberapa negara di Asia. Fruit crepes juga bisa dijadikan pilihan untuk si kecil. 

Kamu cukup membentuk crepes menyerupai cone kemudian diisi campuran potongan buah segar seperti pisang, stroberi, kiwi, apel, dan lainnya yang kemudian dimaksimalkan kelezatannya dengan krim, es krim, parutan keju, kepingan cokelat, atau sereal.

Itu tadi tujuh dessert yang cocok dijadikan sebagai santapan bagi si kecil yang tidak suka buah. Masih ada banyak lagi kreasi dessert dengan buah yang belum disebutkan.

Nah, daripada memaksakan anak memakan buah yang belum mereka sukai. Lebih baik kemas buah dengan cara yang berbeda seperti dessert yang telah disebutkan tadi supaya si kecil tidak trauma mengonsumsi buah.

Baca Juga: 7 Dessert Khas Hong Kong yang Cocok untuk Buka Puasa, Enak Banget!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya