Comscore Tracker

8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!

Kenikmatan gorengan Asia ini ramah lidah Indonesia!

Tidak hanya menyediakan semangkuk sup atau mi instan rebus saja! Ketika hujan, paling asyik ngemil gorengan dengan mencolekkannya ke saus atau mengunyah bersama cabai rawit.

Supaya terasa berbeda, sekali-kali cobalah untuk membuat delapan gorengan khas dari berbagai negara di Asia berikut ini. Selain enak, gorengan-gorengan ini juga mudah dibuat lho!

1. Thung thong

8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!cooking.kapook.com

Gorengan asal Thailand ini mirip dengan batagor di Indonesia. Thung thong yang berarti tas emas, terbuat dari daging cincang yang ditumis kemudian dibungkus dengan kulit pangsit. Untuk mengunci adonan pada pangsit, diperlukan daun bawang yang diiris tipis. Thung thong biasa disajikan dengan saus atau kecap, tergantung selera.

2. Kabak mücveri

8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!yemek.com

Kabak mücveri bisa dibilang bakwan khas Turki. Bahan utamanya sama yaitu tepung terigu. Ciri khas dari kabak mücveri bukan wortel atau kubis, melainkan zukini yang diserut. Tapi jika mau menambahkan wortel, tak masalah. Kabak mücveri biasa dilengkapi dengan tahini.

3. Athirasa

8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!commons.wikimedia.org

Mempunyai rasa manis, athirasa tak lain adalah kue apem yang dimasak dengan cara digoreng. Populer di Sri Lanka, athirasa dibuat dengan bahan dasar yang sama dengan apem yaitu tepung beras, telur dan santan.

4. Wanjajeon

8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!koreanbapsang.com

Wanjajeon merupakan gorengan asal Korea Selatan, kombinasi antara daging giling dan tahu. Cara membuat wanjajeon hampir serupa dengan perkedel, di mana semua bahan dicampur merata bersama dengan bumbu kemudian dibentuk. Setelahnya, dibalur oleh telur kocok dan digoreng.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Lezat Berbahan Tepung Panir, Bisa untuk Camilan Juga!

5. Tain bu la

8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!tasteatlas.com

Cara praktis membuat tian bu la yaitu dengan membeli otak-otak yang sudah siap diolah, kemudian digoreng. Tian bu la sejenis fish cake khas Taiwan yang berbahan dasar dari ikan fillet, tepung tapioka dan telur. 

Biasanya, tian bu la disajikan dengan saus seirama yang terbuat dari miso, pasta cabai, kecap dan gula.

6. Bonda

8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!awesomecuisine.com

Gorengan identik berbentuk bulat, ini merupakan kroket khas India. Bedanya, bonda masih menambahkan bahan lain untuk adonan seperti tepung beras dan tepung gram. Bonda juga dikemas dengan rasa pedas dari bubuk cabai serta tidak dibalut tepung roti.

7. Ganmodoki

8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!tasteatlas.com

Ganmodoki berbahan dasar tahu yang dihaluskan kemudian dicampur dengan irisan wortel, bengkuang, jamur shiitake serta tepung yang kemudian dibentuk bulat atau lonjong lalu digoreng. Sebelum digoreng, gorengan asal Jepang ini dibalur dengan telur kocok terlebih dahulu.

8. Loh bak

8 Gorengan Asia yang Nikmat Banget jadi Camilan Hujan, Mudah Dibuat!tasteatlas.com

Ciri khas dari gorengan khas Malaysia, ini ialah menggunakan bubuk lima rempah. Loh bak yang sekilas mirip dengan otak-otak ini terbuar dari daging cincang, udang atau talas yang kemudian dilapisi atau dibungkus menggunakan kulit tahu. Loh bak nikmat banget disantap menggunakan saus!

Nah, itu tadi delapan gorengan Asia yang bisa dijadikan sebagai camilan ketika sedang hujan. Biar makin mengasyikkan, jangan lupa menyiapkan secangkir teh hangat ya!

Baca Juga: 5 Kreasi Menu Gorengan Tak Biasa, Bisa untuk Camilan Santai!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya