Comscore Tracker

Gurihnya 8 Street Food Serba Telur Ini Bikin Rindu Mencicipi Lagi

Dari yang full telur hingga campur dengan bahan lainnya

Tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan berat atau lauk saja, telur juga mengandung protein yang baik untuk tubuh.

Delapan street food serba telur dari berbagai negara ini buktinya. Gurihnya setiap sajian ringan yang terbuat dari telur ini bisa bikin kamu rindu untuk mencicipinya lagi.  Cobain yuk!

1. Telur gulung

Gurihnya 8 Street Food Serba Telur Ini Bikin Rindu Mencicipi Lagiinstagram.com/rinyan1301

Street food telur asal negara kita ini emang bikin nagih ketika satu tusuk telah habis dikunyah. Full menggunakan telur yang dimasak dengan cara digoreng lalu digulung menggunakan tusuk bambu, telur gulung kian nikmat disantap bersama saus sambal. Rasa gurih dan pedasnya nampol memenuhi ruang mulut kita.

2. Mont lin ma yar

Gurihnya 8 Street Food Serba Telur Ini Bikin Rindu Mencicipi Lagiinstagram.com/mim_streetfoods

Terbuat dari tepung beras yang ditambahkan telur puyuh, irisan daun bawang, atau kacang buncis di atasnya, street food serba telur ini berasal dari Myanmar. Digoreng dengan menggunakan wajan cetakan, mont lin ma yar mudah ditemukan pada setiap sudut kota di Myanmar, khususnya Yangon.

3. Kwek-kwek

Gurihnya 8 Street Food Serba Telur Ini Bikin Rindu Mencicipi Lagiinstagram.com/denart_22

Si bulat-bulat berwarna oranye ini populer di Filipina. Abaikan namanya yang mengandung unsur tawa. Kwek-kwek enak banget lho dan bikin nagih ketika usai menyantapnya.

Street food ini terbuat dari telur puyuh rebus yang dibalut dengan adonan tepung terigu, tepung jagung, bubuk annatto, dan bumbu. Kwek-kwek punya rasa gurih, asin, dan pedas segar berasal dari lada.

4. Khai nok krata

Gurihnya 8 Street Food Serba Telur Ini Bikin Rindu Mencicipi Lagiinstagram.com/angietyo

Krok khai nok krata atau telur puyuh goreng yang dimasak menggunakan wajan cetakan ini merupakan street food serba telur yang populer di Thailand dan negara Asia lainnya. Paling sederhana di antara lainnya, telur puyuh digoreng dan ketika matang ditabur menggunakan bumbu penyedap rasa atau dipoles dengan saus sriracha.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Telur Orak-arik yang Lembut di Lidah, Pas untuk Bekal!

5. Tamago

Gurihnya 8 Street Food Serba Telur Ini Bikin Rindu Mencicipi Lagiinstagram.com/sirfoodie

Dimasak menggunakan wajan persegi panjang yang biasanya disebut makiyakinabe atau tamagoyakiki, street food asal Negeri Sakura, Jepang ini terbuat dari telur, cuka, mirin, kecap, dan gula.

Punya rasa gurih manis, tamago kini mudah disantap karena disajikan dengan menggunakan tusuk bambu.

6. Gyeranppang

Gurihnya 8 Street Food Serba Telur Ini Bikin Rindu Mencicipi Lagiinstagram.com/loi9772

Melancong ke Korea Selatan, jangan cuma menikmati odeng saja. Cicipi pula gurihnya roti telur yang biasa dipanggil gyeranppang ini.

Dimasak dengan cara dipanggang, street food mungil ini terbuat dari adonan roti yang ditambahkan telur ayam dibagian atasnya sebelum dipanggang. Punya varian topping tambahan, satu gyeranppang nampol diperut lho dan bisa ganjal perut saat lapar.

7. Khachapuri

Gurihnya 8 Street Food Serba Telur Ini Bikin Rindu Mencicipi Lagiinstagram.com/thaynmoore

Roti dengan topping telur mata sapi ini merupakan street food asal Georgia.

Punya tekstur empuk dan kering pada bagian luarnya, khachapuri terbuat dari adonan roti yang dibentuk menyerupai perahu yang diisi dengan potongan atau parutan keju serta telur kemudian dipanggang.

Street food ini sering dipilih sebagai menu sarapan pagi masyarakat Georgia karena mengenyangkan.

8. Scotch egg

Gurihnya 8 Street Food Serba Telur Ini Bikin Rindu Mencicipi Lagiinstagram.com/maltbystmarket

Sama seperti kachapuri yang tidak sekadar street food, scotch egg yang terkenal di Inggris ini sering jadi pilihan menu sarapan pagi karena mengenyangkan. Dimasak dengan cara digoreng, telur yang telah direbus sebelumnya dibalut dengan daging sapi cincang dan tepung. Jangan tanya bagaimana rasanya, satu scotch egg yang mendarat di lidah bikin nagih dan gak mau berhenti makan.

Kamu yang suka dengan olahan telur, gak ada salahnya nih membuat salah satunya untuk camilan di rumah. Kaya akan protein, telur termasuk makanan baik saat perut kosong.

Dari delapan tadi, mana saja yang pernah kalian cicipi?

Baca Juga: Resep Bikin Ekado Telur Puyuh yang Enak ala Yummy, Renyah dan Gurih

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You