Comscore Tracker

7 Hidangan Asia Syarat Keberuntungan Ini Cocok Disajikan Saat Imlek

Kelezatannya bikin suasana Imlek jadi penuh keceriaan!

Kue keranjang, yu sheng, dan jeruk mandarin, beberapa makanan yang wajib ada selama Tahun Baru China atau yang kerap disebut pula Imlek. Karena makanan tersebut diyakini sebagai simbol keberuntungan.

Jika tiga makanan yang telah disebutkan tadi adalah hidangan identik saat perayaan Imlek. Tujuh hidangan Asia syarat keberuntungan berikut ini cocok juga disajikan saat Imlek, lho!

Ada hidangan apa saja, ya? Dan kenapa bisa disebut hidangan syarat keberuntungan? Yuk, kita cari tahu! 

1. Mandu

7 Hidangan Asia Syarat Keberuntungan Ini Cocok Disajikan Saat Imlekkoreanbapsang.com

Hidangan musim dingin masyarakat Negeri Gingseng, Korea Selatan ini sama dengan jiaozi. Karena mandu diperkenalkan langsung oleh orang Tiongkok yang kala itu singgah di Korea Selatan pada masa pemerintahan Dinasti Goryeo.

Menikmati banyak jiaozi saat Imlek diyakini dapat membuat kita memiliki uang semakin banyak di tahun yang baru.

Karena itulah, mandu yang dapat dinikmati dengan dua cara yaitu dikukus atau digoreng masuk dalam hidangan Asia syarat keberuntungan yang cocok disajikan saat perayaan Imlek.

2. Bebek peking

7 Hidangan Asia Syarat Keberuntungan Ini Cocok Disajikan Saat Imlekamp.scmp.com

Di Tiongkok, bebek peking menjadi hidangan Asia syarat keberuntungan yang paling banyak dipilih untuk disantap bersama keluarga saat malam Tahun Baru Cina.

Bebek diyakini sebagai hidangan yang memberikan kebahagiaan, kesehatan, dan kesejahteraan bagi para penikmatnya.

Hal tersebut senada dengan alasan kenapa bebek peking cocok disajikan sebagai hidangan utama saat Imlek karena kulit bebek peking memiliki warna merah menyala. Warna merah adalah simbol keberuntungan dalam budaya Cina.

3. Yakisoba

7 Hidangan Asia Syarat Keberuntungan Ini Cocok Disajikan Saat Imlekjustonecookbook.com

Siu mie adalah hidangan wajib saat perayaan Imlek yang memiliki simbol umur panjang. Cara menyantapnya pun berbeda, siu mie disantap secara utuh tanpa terputus.

Begitu juga dengan yakisoba! Mi goreng asal Jepang ini juga cocok disajikan saat Imlek. Yang mana pembuatan yakisoba menggunakan bahan-bahan baik yang mengandung unsur simbol keberuntungan Cina seperti mi, daging ayam, sayuran, dan udang.

Baca Juga: 7 Simbol Imlek yang Sarat Makna, dari Angpau sampai Lampion

4. Inihaw na bangus

7 Hidangan Asia Syarat Keberuntungan Ini Cocok Disajikan Saat Imlekcocinarcomercompartir.com

Inahaw na bangus adalah ikan bandeng yang dibelah sedikit pada bagian perutnya lalu diisi dengan potongan tomat, bawang putih, dan bumbu yang kemudian dimasak dengan cara dibakar.

Ikan bandeng bakar resep Filipina ini bisa juga dijadikan sebagai hidangan saat Imlek karena ikan ini disajikan secara utuh atau lengkap dengan kepala dan sirip.

Dalam budaya Cina, ikan adalah simbol kemakmuran. Sedangkan ikan bandeng sendiri dipercaya mampu memberikan rezeki dan keberuntungan tanpa henti.

5. Ayam betutu

7 Hidangan Asia Syarat Keberuntungan Ini Cocok Disajikan Saat Imlekmysharing.co

Ayam betutu masuk pula ke dalam daftar hidangan Asia syarat keberuntungan. Kenapa? Karena ayam betutu salah satu kuliner olahan ayam khas Nusantara yang menggunakan ayam utuh.

Dalam budaya Cina, ayam utuh dianggap sebagai simbol keluarga dan juga bisa menandakan persatuan serta kemakmuran pada sebuah kelompok.

Maka dari itu tidak ada salahnya memilih ayam betutu sebagai sajian Imlek selain ayam kodok.

6. Goi cuon

7 Hidangan Asia Syarat Keberuntungan Ini Cocok Disajikan Saat Imlekhungryhuy.com

Spring roll atau lumpia termasuk hidangan wajib saat perayaan Imlek yang memiliki simbol kemakmuran karena lumpia digoreng dan menghasilkan warna keemasan.

Goi cuon memang tidak memiliki warna keemasan karena hanya dibungkus dengan rice paper dan tidak digoreng. Tetapi, hidangan Asia syarat keberuntungan asal Vietnam ini memiliki isian daging babi, udang, dan sayuran.

Udang dianggap sebagai simbol kemakmuran, sedangkan babi adalah hewan pemalas. Diharapkan ketika makan babi saat Tahun Baru Cina, penikmatnya terhindar dari sifat malas.

7. Luo han chai

7 Hidangan Asia Syarat Keberuntungan Ini Cocok Disajikan Saat Imlekangsarap.net

Luo han chai atau dikenal pula Buddha delight adalah hidangan Imlek yang biasanya disantap oleh masyarakat Tiongkok dan Taiwan pada hari pertama tahun baru sebelum menikmati olahan daging.

Luo han chai berisi sayur-sayuran seperti jamur, kacang polong, wortel, dan baby corn yang dimasak dengan cara ditumis.

Dalam budaya Cina, sayuran adalah simbol memurnikan diri karena pada tradisi Buddha tidak diperkenankan membunuh binatang pada hari pertama tahun baru.

Nah, itu tadi tujuh hidangan Asia syarat keberuntungan yang bisa dijadikan sebagai sajian saat perayaan Imlek. Bagi kalian yang merayakan Imlek, kira-kira mau masak apa nih? 

Baca Juga: Resep Mi Panjang Umur Khas Imlek, Begini Cara Membuatnya yang Enak

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya