Comscore Tracker

7 Hidangan Eropa Ini Bisa Bantu Menghempaskan Penyakit Musim Pancaroba

Nikmat banget disantap saat hujan

Demam, flu, batuk, pilek, diare, beberapa nama penyakit yang sering muncul ketika musim pancaroba tiba. Tidak hanya mengantisipasinya dengan menjaga kesehatan, ternyata masyarakat di beberapa negara Eropa berikut ini punya hidangan khusus yang dikonsumsi mereka selama musim seperti ini.

Banyak yang berpendapat, tujuh hidangan yang akan disebutkan berikut ini bisa bantu menghempaskan penyakit musim pancaroba. Ada apa saja, ya? 

1. Swabian maultaschen

7 Hidangan Eropa Ini Bisa Bantu Menghempaskan Penyakit Musim Pancarobadaringgourmet.com

Swabian maultaschen adalah pangsit berkuah yang populer sebagai hidangan sederhana masyarakat Jerman bila musim dingin tiba. Berkuah kaldu, pangsit pada swabian maultaschen  berisi daging sapi dan bayam, yang dibungkus dengan adonan pasta.

Daging sapi memiliki unsur protein. Sedangkan bayam, adalah sayuran hijau yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Itulah kenapa swabian maultaschen, bisa bantu tubuh menghempaskan penyakit musim pencaroba.

2. Zhurek

7 Hidangan Eropa Ini Bisa Bantu Menghempaskan Penyakit Musim Pancarobaeverywherefare.com

Resep dari hidangan ini memenuhi syarat untuk menghempaskan berbagai penyakit musim dingin. Semangkuk zhurek berisi: sayuran, daging sapi, dan telur. Makin lengkap dengan kehadiran bawang putih, rempah yang baik untuk daya tahan tubuh serta menuntaskan batuk dan pilek.

Zhurek populer di Polandia dan Belarus. Sebenarnya sup ini disantap dengan roti. Kreatifnya masyarakat kota di negara tersebut, zhurek dikemas pada roti yang dibentuk menyerupai bola atau mangkuk yang kosong pada bagian dalamnya.

3. Gratin dhaupinois

7 Hidangan Eropa Ini Bisa Bantu Menghempaskan Penyakit Musim Pancarobathespruceeats.com

Kentang adalah sumber vitamin C, kalium, dan serat, yang bekerja aktif  untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta melancarkan sirkulasi darah. Bahan ini terdapat pada lembutnya gratin dhaupinois.

Hidangan asal Prancis, ini dimasak dengan cara dipanggang. Sebelum masuk oven, irisan kentang diolah dulu bersama susu murni, krim, keju, dan bumbu. Gratin dhaupinois, nikmat banget disantap bersih selagi masih hangat.

Baca Juga: 7 Hidangan Berkuah Kaldu yang Ini Bisa Bantu Tubuh Pulih dari Demam

4. Fasolada

7 Hidangan Eropa Ini Bisa Bantu Menghempaskan Penyakit Musim Pancarobamygreekdish.com

Mempunyai warna kuning terang, sup yang nikmat banget disantap bersama roti ini berasal dari Yunani. Hidangan sederhana nan bergizi ini dapat mengatasi flu dan menyehatkan jantung. Karena, fasaloda terbuat dari white beans yang mengandung protein, zat besi, dan vitamin.

Belum lagi, fasaloda diolah dengan minyak zaitun yang khasiatnya tak terbantahkan lagi. Fasaloda dilengkapi pula dengan wortel, paprika, daun seledri, beserta kuah yang terbuat dari campuran tomat dan bumbu.

5. Gravad lax

7 Hidangan Eropa Ini Bisa Bantu Menghempaskan Penyakit Musim Pancarobaarla.se

Sashimi khas Swedia, ini juga termasuk hidangan yang dapat menghempaskan penyakit musim pancaroba. Gravad lax biasa menggunakan ikan salmon sebagai bahan utama, yang kemudian disajikan dengan diberi taburan garam, gula, lada, dan daun adas sowa.

Ikan kaya omega-3, ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Mencegah dari berbagai macam penyakit serius, dan menghempaskan pula penyakit musim pancaroba.

6. Risotto

7 Hidangan Eropa Ini Bisa Bantu Menghempaskan Penyakit Musim Pancarobasimplyrecipes.com

Menggunakan beras arborio, nasi campur ala Italia ini juga jadi pilihan makanan musim dingin karena bergizi dan porsinya cukup mengenyangkan. Risotto biasa punya isian daging ayam, jamur, dan irisan daun peterseli.

Kombinasi protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat, semuanya ada di beras arborio. Beras arborio juga merangsang produksi enzim dan hormon yang dapat membantu melindungi jaringan tubuh, dan menangkal berbagai penyakit musim pancaroba.

7. Caldo verde

7 Hidangan Eropa Ini Bisa Bantu Menghempaskan Penyakit Musim Pancarobasuwanneerose.com

Caldo verde adalah sup hijau nan lembut yang terbuat dari daun kale. Tidak hanya daun kale, masih ada kentang dan sosis yang melengkapi semangkuk kelezatan asal Portugal ini.

Daun kale yang terdapat pada caldo verde mengandung zat besi yang dapat meningkatkan sel darah merah. Sel darah merah dengan jumlah yang stabil, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghidarkan dari berbagai penyakit.

Nah, itulah tadi tujuh hidangan dari Eropa yang bisa bantu menghempaskan penyakit musim pancaroba. Tidak sekadar hidangan, ternyata punya manfaat baik juga untuk tubuh. Bisa nih, jadi pilihan menu makanan saat sedang hujan!

Baca Juga: 6 Hidangan Ini Bisa Jadi Sajian untuk Quality Time Bareng Pasangan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya