Comscore Tracker

7 Hidangan Ikan Khas Timur Indonesia yang Nikmat di Segala Waktu

Pilihan saat bosan dengan daging

Wilayah timur Indonesia terkenal sekali dengan olahan lautnya yang lezat seperti ikan bungkus, pallukaci, lawar ikan dan masih ada banyak lagi yang cocok sekali dijadikan sebagai lauk. Selain tiga menu tadi, hidangan berbahan ikan khas timur Indonesia berikut ini nikmat di segala waktu lho. Mau pagi, siang, sore, atau malam, tujuh hidangan ini akan memanjakan lidahmu dan bikin perut kenyang!

1. Parede

7 Hidangan Ikan Khas Timur Indonesia yang Nikmat di Segala Waktuinstagram.com/dapur_palopota

Berkuah kuning yang berasal dari kunyit, parede biasanya menggunakan ikan bandeng atau ikan kakap. Memiliki rasa sedikit pedas, parede sangat nikmat disantap selagi masih hangat terlebih saat cuaca sedang dingin.

Biasanya, parede dimasak dengan menggunakan buah patikala atau biasa disebut kecombrang. Agar aromanya makin wangi dan nikmat pada saat disantap, parede dimasak menggunakan sereh.

2. Palumara

7 Hidangan Ikan Khas Timur Indonesia yang Nikmat di Segala Waktuinstagram.com/winzeat

Ciri khasnya menggunakan kepala ikan, namun tidak masalah jika menyertakan tubuh ikan baik masih utuh maupun telah dipotong-potong. Mara dalam bahasa Makassar memiliki arti asam. Tak heran pertama kali menyeruputnya, kamu akan menemukan rasa asam, gurih, dan segar yang bikin kita ingin segera menghabiskanya.

3. Ikan kuah pala Banda

7 Hidangan Ikan Khas Timur Indonesia yang Nikmat di Segala Waktuinstagram.com/nisasukarso

Sebelum dicampur bersama kuah, ikan kuah pala Banda yang umumnya menggunakan ikan tongkol, cangkalang, atau tenggiri ini dibumbui dengan menggunakan garam dan larutan air asam yang kemudian digoreng sampai terlihat matang kecoklatan. Kuahnya sendiri perpaduan rempah-rempah dan santan sehingga terasa sedikit kental, gurih, dan sedap.

4. Bilenthango

7 Hidangan Ikan Khas Timur Indonesia yang Nikmat di Segala Waktuinstagram.com/olamitagorontalo

Jika menu ikan sebelumnya berkuah, lain hal dengan bilenthango. Masakan khas wilayah Gorontalo ini, umumnya menggunakan ikan mujair yang dibelah menjadi dua bagian. Lalu, dilumuri bumbu seperti bawang merah, cabai, tomat, garam, yang telah dihaluskan.

Pada saat proses menggoreng ikan, penggorengan  yang telah berisi minyak dialasi terlebih dahulu dengan menggunakan daun pisang agar tidak gosong dan mengetahui tingkat matangnya.

Baca Juga: Resep Ikan Goreng Asam Manis yang Enak dan Mudah Bikinnya!

5. Ikan Kuah Belimbing

7 Hidangan Ikan Khas Timur Indonesia yang Nikmat di Segala Waktucookpad.com

Cukup sederhana namun nampol di lidah. Hidangan ikan satu ini memiliki beragam rasa mulai dari gurih, pedas, asam, yang menjadi satu dalam suapan. Bahan utamanya bisa menggunakan ikan tongkol atau bandeng, sesuai dengan selera.

Seperti namanya, ikan kuah belimbing menggunakan irisan belimbing wuluh sebagai bahan pelengkapnya.

6. Papare

7 Hidangan Ikan Khas Timur Indonesia yang Nikmat di Segala Waktucookpad.com

Selain pampis cakalang, papare ialah hidangan ikan khas Manado yang perlu dicoba. Pare rebus yang telah dibelah menjadi dua bagian, diisi menggunakan adonan berupa ikan tongkol yang telah dicincang halus, lalu dimasak dengan santan dan bumbu.

Setelahnya, pare yang telah direbus diisi adonan dan diikat dengan benang katun, lalu digoreng. Papare bisa juga lho dijadikan sebagai bekal makan siang untuk di kantor.

7. Ikan Bakar Manokwari

7 Hidangan Ikan Khas Timur Indonesia yang Nikmat di Segala Waktuinstagram.com/ivannie293

Meski dibakar, pembuatan ikan bakar Manokwari terbilang simple. Menggunakan ikan tongkol yang telah dilumuri dengan menggunakan garam, merica, dan jeruk nipis, kemudian dibakar. Setelah matang, ikan bakar diguyur dengan menggunakan sambal matah.

Tujuh hidangan berbahan ikan khas timur Indonesia tadi, bisa kalian pilih sebagai lauk sehari-hari terlebih proses pembuatannya yang tidak begitu ribet dan bisa disantap di segala waktu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Tempat Jajan Seafood Paling Laris dan Lezat di Solo

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You