Comscore Tracker

Enak, 6 Hidangan Ini Gak Bikin Berat Badan Naik Selama #DiRumahAja

Jangan takut makan enak!

Ada cara untuk menghibur diri sendiri saat di rumah aja supaya hati tetap senang dan pikiran selalu positif agar tidak memengaruhi imunitas tubuh di tengah-tengah wabah COVID-19, yaitu menikmati makanan enak.

Namun, karena di rumah aja dan gak banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Banyak yang menghindari makanan enak agar berat badan tidak bertambah. Padahal jika diimbangi dengan olahraga serta mengontrol takaran jumlah makanan, tidak perlu ada yang ditakutkan.

Berikut ini, ada enam hidangan enak yang gak bikin berat badan naik. Apa saja?

1. Kerang saus padang

Enak, 6 Hidangan Ini Gak Bikin Berat Badan Naik Selama #DiRumahAjacookpad.com/Dewinta

Terserah kalian mau membuat kerang saus padang menggunakan kerang jenis apa. Asalkan kerang laut, hidangan merah merona ini dapat melenyapkan lemak pada tubuh.

Dikutip dari laman Global Seafood, kerang laut adalah makanan sumber protein. Protein dalam kerang memiliki kandungan asam amino yang tinggi, dan mudah dicerna karena tidak memiliki jaringan ikat. Karena itu, kerang laut makanan sehat yang tidak membuat berat badan kalian bertambah.

2. Ayam bakar

Enak, 6 Hidangan Ini Gak Bikin Berat Badan Naik Selama #DiRumahAjadelish.com

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition menunjukkan bahwa orang yang secara teratur makan dada ayam dapat memengaruhi penurunan berat badan. Karena, dada ayam dapat dikaitkan dengan kandungan proteinnya yang tinggi dan total kalori yang rendah, seperti dikutip dari laman Organic Facts.

Dan ayam bakar, salah satu cara menikmati kelezatan daging ayam yang lebih baik ketimbang digoreng. Enak banget pastinya disantap dengan sambal terasi dan lalapan ekstra.

3. Smashed sarden & alpukat

Enak, 6 Hidangan Ini Gak Bikin Berat Badan Naik Selama #DiRumahAjaamp.wellbeing.com.au

Selain diolah menjadi sarden saus tomat, kalian dapat menikmati dengan cara lain yang gak kalah nikmat yaitu dibuat smashed sarden dan alpukat yang disantap dengan roti gandum panggang. Olahan tersebut dapat kalian nikmati di segala waktu tanpa takut berat badan bertambah.

Dikutip dari laman Today, ikan sarden adalah makanan berprotein tinggi yang menstabilkan gula darah, memberi rasa kenyang, dan membantu merangsang metabolisme pada tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi ikan sarden tidak mengundang berat badan menjadi meningkat.

Apalagi dengan adanya buah alpukat, yang juga membantu menurunkan berat badan karena sarat lemak sehat, bukan karbohidrat.

Baca Juga: Apakah Aman Pesan Makanan Online saat Wabah COVID-19? Ini Faktanya!

4. Udang saus pedas

Enak, 6 Hidangan Ini Gak Bikin Berat Badan Naik Selama #DiRumahAjacasabaluartefilipinorecipes.com

Menyantap lembutnya udang saus pedas bersama nasi hangat, bikin nafsu makan jadi meningkat dan rasa bosan di rumah pun sirna tanpa takut angka timbangan naik.

Udang termasuk sumber protein dan vitamin D yang bagus bagi tubuh untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut didukung pula dengan keberadaan kandungan seng. Yang mana, seng berfungsi untuk meningkatkan kadar leptin dalam tubuh.

Leptin adalah hormon dan merupakan bagian integral dari regulasi tubuh tentang penyimpanan lemak, nafsu makan, dan penggunaan energi secara keseluruhan dalam tubuh. Dengan meningkatkan kadar leptin dalam tubuh, kalian dapat menghindari masalah umum seperti makan berlebihan, seperti dikutip dari laman Organic Facts.

5. Sate ikan tuna

Enak, 6 Hidangan Ini Gak Bikin Berat Badan Naik Selama #DiRumahAjataste.com.au

Tidak hanya enak diolah menjadi hidangan apa pun, ikan tuna juga menyeimbangkan kebutuhan kalori karena rendah lemak, kaya protein, dan nutrisi, seperti dikutip dari laman Food NDTV.

Bila kalian ingin menikmati ikan tuna sebagai camilan, kuliner asal Jawa Timur yaitu tahu tuna bisa dijadikan pilihan. Namun, sate ikan tuna dengan cara masak lokal maupun ala barat juga tetap jadi hidangan enak tanpa bikin berat badan meningkat.f

6. Teriyaki salmon

Enak, 6 Hidangan Ini Gak Bikin Berat Badan Naik Selama #DiRumahAjahealthyrecipesblogs.com

Bermodal saus teriyaki, biji wijen, dan ikan salmon, yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Kalian sudah dapat menyantap hidangan enak ini tanpa takut berat badan bertambah. Namun, pastikan memilih saus teriyaki yang rendah gula ya!

Dikutip melalui laman Healthline, ikan salmon membantu mengatur hormon yang mengendalikan nafsu makan dan membuat perut merasa kenyang. Selain itu, penelitian menunjukkan juga jika lemak omega-3 dalam salmon menurunkan lemak perut pada individu yang kelebihan berat badan.

Itu tadi enam hidangan enak yang bisa juga jadi menu makanan selama di rumah aja tanpa harus takut berat badan bertambah. Ingat, imbangi pula dengan makan secukupnya dan olahraga yang rutin supaya tubuh sehat!

Baca Juga: 6 Tips Simpan Bahan Makanan Saat #DiRumahAja

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya