Comscore Tracker

7 Kudapan Manis Ini Bikin Lebaran Terasa Istimewa Meski #DiRumahAja

Meski ala mancanegara, mudah dibuat kok!

Akibat pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia tidak bisa melakukan tradisi rutin usai Ramadan berakhir, yaitu mudik.

Meski harus #DiRumahAja, bikin Lebaran tahun ini terasa istimewa dengan menghadirkan delapan kudapan manis berikut ini.

1. Prol tape

7 Kudapan Manis Ini Bikin Lebaran Terasa Istimewa Meski #DiRumahAjaangsarap.net

Enak banget disantap bersama secangkir kopi, kue nan legit ini berbahan dasar dari tape singkong, tepung, telur, gula, dan bahan lainnya yang dipanggang hingga warna permukaan kuenya cokelat keemasan.

Supaya penampilannya manis serta makin sedap untuk disantap, biasanya prol tape diberi tambahan topping berupa kismis dan keju parut.

2. Torrone

7 Kudapan Manis Ini Bikin Lebaran Terasa Istimewa Meski #DiRumahAjalivinglanguage.com

Torrone bisa diibaratkan seperti ampyang khas Italia. Kudapan manis ini terbuat dari putih telur yang dihaluskan bersama bahan lainnya meliputi gula, sirop jagung, madu, garam, air, vanila, ekstrak almond dan jeruk, yang dimasak hingga matang.

Sebelum dituang ke loyang dan didinginkan dengan suhu ruangan atau lemari pendingin, adonan torrone diberi tambahan kacang almond panggang.

3. Tarte tatin

7 Kudapan Manis Ini Bikin Lebaran Terasa Istimewa Meski #DiRumahAjamarmiton.org

Negara tetangga Italia, Perancis, juga punya kudapan gak kalah enak untuk disajikan di rumah saat Lebaran yaitu tarte tatin. 

Loyang yang telah dilapisi dengan mentega tawar dibalut dengan selembar puff pastry. Di atasnya diberi potongan buah apel, kemudian diguyur dengan karamel lalu dipanggang.

Tarte tatin mempunyai tekstur renyah dan lengket ketika digigit. Tak sedikit masyarakat Perancis menambahkan es krim vanila saat menikmati tarte tatin.

Baca Juga: Tak Perlu Oven, Ini 5 Resep Kue Kering Goreng untuk Kudapan Lebaran 

4. Ovocne knedliky

7 Kudapan Manis Ini Bikin Lebaran Terasa Istimewa Meski #DiRumahAjaprozeny.cz

Ovocne knedliky adalah kudapan manis yang berasal dari Republik Ceko. Proses pembuatan ovocne knedliky dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu digoreng atau direbus.

Ovocne knedliky sendiri terbuat dari adonan tepung serta bahan lainnya dan diisi dengan buah seperti jeruk, stroberi, atau kiwi. Setelah matang, ovocne knedliky diberi taburan keju dadih.

5. Tulumba

7 Kudapan Manis Ini Bikin Lebaran Terasa Istimewa Meski #DiRumahAjamygreekdish.com

Dimasak dengan cara digoreng, tulumba merupakan warisan kuliner yang berasal dari Kerajaan Ottoman. Kudapan yang populer di Turki, ini sering dijadikan menu berbuka puasa karena rasanya yang manis.

Bahan pembuatan tulumba sama seperti donat, hanya saja terdapat tambahan semolina dan tepung jagung. Sebelum digoreng, tulumba dibentuk dengan cetakan.

Setelah matang, tulumba disajikan dengan diguyur sirop yang terbuat dari gula, air, dan perasan lemon.

6. Kluai thot

7 Kudapan Manis Ini Bikin Lebaran Terasa Istimewa Meski #DiRumahAjatasteatlas.com

Kluai thot adalah kudapan asal Thailand yang cukup mudah untuk dibuat. Kudapan Ini tak lain adalah pisang goreng yang digoreng garing sehingga menghasilkan tekstur yang cukup renyah saat digigit.

Adonan kluai thot juga terdapat tambahan bahan lain yang terdiri dari kelapa parut, wijen, dan perasan jeruk nipis.

7. Melktert

7 Kudapan Manis Ini Bikin Lebaran Terasa Istimewa Meski #DiRumahAjaclover.co.za

Melktert  adalah tar susu yang cukup populer di Afrika Selatan. Kue putih lembut ini terbuat dari tepung, telur, susu, gula, garam, backing powder, dan taburan kayu manis.

Si lembut manis ini enak banget lho disantap dengan secangkir teh atau kopi. 

Nah, itu tadi tujuh kudapan mancanegara yang manisnya bikin Lebaran terasa istimewa mesti #DiRumahAja. Daripada sedih karena gak bisa mudik, lebih baik lengkapi indahnya Lebaran dengan manisnya kudapan yang telah disebutkan tadi.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Kudapan Panjang yang Cocok Jadi Camilan Saat Mulai Jenuh di Rumah

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya