Comscore Tracker

5 Kudapan Manis Khas Timur Tengah yang Melengkapi Perayaan Iduladha

Manisnya bikin suasana hari raya kian khidmat!

Sebagai wilayah yang dihuni oleh umat Islam, beberapa negara di Timur Tengah pun merayakan Iduladha. Perayaan Iduladha di Timur Tengah tidak sekadar menyembelih hewan yang dijadikan kurban.

Terdapat tradisi lain yaitu berkunjung ke rumah tetangga atau sanak saudara untuk menyambung tali silaturahmi. Karena itulah, lima kudapan manis ini hadir pula saat Iduladha meski tengah banyak masyarakat di sana mengonsumsi daging. Ada apa saja, ya?

1. Roz bel laban

5 Kudapan Manis Khas Timur Tengah yang Melengkapi Perayaan Iduladhatwitter.com

Untuk membuat roz bel laban, jangan lupa untuk menyiapkan mangkuk sebagai wadah. Roz bel laban merupakan puding nasi yang diolah bersama bahan lain terdiri dari susu, gula dan air mawar.

Topping dari roz bel laban umumnya bubuk kayu manis tapi tak sedikit yang menambahkan kismis. Roz bel laban nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

2. Kazandibi

5 Kudapan Manis Khas Timur Tengah yang Melengkapi Perayaan Iduladhabilalfood.com

Kudapan warisan dari Kerajaan Ottoman, ini merupakan puding yang terbuat dari susu, tepung, vanila dan air mawar. Menariknya, loyang yang digunakan untuk membuat kazandibi dilapisi terlebih dahulu dengan menggunakan gula. Sehingga ketika puding telah matang, permukaan luarnya nampak kering.

Baca Juga: Bisa Dicoba buat Menu Iduladha, Ini Resep Sate Buntel yang Bikin Nagih

3. Bastani sonnati

5 Kudapan Manis Khas Timur Tengah yang Melengkapi Perayaan Iduladhauniqop.com

Usai melaksanakan kurban, hari terasa makin indah ketika berjumpa dengan sanak saudara sambil menikmati dinginnya bastani sonnati. Berwarna kuning cerah, bastani sonnati tak lain adalah es krim yang terbuat dari telur, pistacio, kunyit, susu dan air mawar.

Rasa manis bastani sonnati kian sempurna dengan kehadiran vanila. Bastani sonnati bisa diberi topping berupa kucuran manisnya madu.

4. Aish el saraya

5 Kudapan Manis Khas Timur Tengah yang Melengkapi Perayaan Iduladhasbs.com.au

Sama dengan roz bel laben, aish el saraya merupakan puding namun terbuat dari roti yang dikombinasikan dengan tepung jagung dan sirop mawar yang terbuat dari gula bubuk, perasan lemon dan air mawar.

Pada permukaan atas aish el saraya ditutup dengan menggunakan kacang pistacio cincang dan ditabur secara merata.

5. Zainab fingers

5 Kudapan Manis Khas Timur Tengah yang Melengkapi Perayaan Iduladhailovearabicfood.com

Zainab fingers masih satu jenis dengan tulumba. Roti goreng ini terbuat dari tepung, semolina dan adas manis. Saat telah matang, zainab fingers dilumuri dengan manisnya sugar syrup.

Sama seperti kudapan khas Timur Tengah lainnya, zainab fingers bisa juga diberi taburan kacang pistacio. Renyah dan manis, zainab fingers menjadi kudapan yang pas disajikan untuk keluarga besar.

Nah, itu tadi lima kudapan manis yang lengkapi perayaan Iduladha di Timur Tengah. Manisnya bikin suasana hari raya kian khidmat, ya! Tertarik menyajikan kudapan yang telah disebutkan tadi? Jangan lupa membeli bahan-bahan yang diperlukan, ya!

Baca Juga: 6 Tips Sehat Cara Makan Daging Kurban Iduladha

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya