Comscore Tracker

5 Kue dengan Selai untuk Inspirasi Lebaran, Manisnya Kebangetan!

Pencinta manis wajib merapat, nih

Supaya sajian saat Hari Raya Idulfitri gak melulu kue kering, tak ada salahnya menghidangkan kue manis. Apalagi jika kue tersebut terdapat olesan selai. Dijamin bakal disukai oleh tamu, karena manisnya sama seperti jalinan tali silaturahmi.

Kalau masih bingung mau menghidangkan apa, berikut beberapa rekomendasi kue dengan selai yang bisa dijadikan inspirasi sajian Idulfitri. Coba buat, yuk!

1. Bolu gulung

5 Kue dengan Selai untuk Inspirasi Lebaran, Manisnya Kebangetan!bolu gulung (instagram.com/ youme0124)

Bolu gulung identik dengan selai nanas. Tadinya, bolu gulung dibuat polos. Lambat laun, banyak kreasi bolu gulung dengan menambahkan warna sampai motif yang bikin tampilannya makin menarik.

Bolu gulung sendiri terbuat dari tepung protein, telur, dan susu. Gak selalu selai nanas, pemanis bolu gulung bisa juga selai stroberi atau bluberi. 

2. Frankfurter kranz

5 Kue dengan Selai untuk Inspirasi Lebaran, Manisnya Kebangetan!frankfurter kranz (instagram.com/gluecks.happen)

Saat ini, frankfurter kranz dilengkapi olesan krim. Padahal, kue bertekstur tebal berbentuk lingkaran ini identik dengan selai berwarna merah. Selai-selai tersebut bisa terbuat dari buah ceri, stroberi, atau blackcurrant.

Komposisi frankfurter kranz terdiri dari tepung, tepung maizena, ekstrak vanila, telur, baking powder, dan gula. Bagian luar kue ini dilapisi kacang cincang dan di atasnya identik dengan topping krim serta buah ceri.

3. Sugared jam cake

5 Kue dengan Selai untuk Inspirasi Lebaran, Manisnya Kebangetan!sugared jam cake (instagram.com/thebakefeed)

Sugared jam cake semacam kue bolu dengan isian selai. Bisa selai stroberi atau blackberry. Bahan dasar kue ini terbuat dari kombinasi tepung serbaguna dengan baking powder, gula, garam, susu, serta telur.

Menariknya, sugared jam cake juga mengandung rempah-rempah, lho. Ada pala, cengkih, sampai kayu manis yang masuk ke dalam komposisi resepnya. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kue Kering Korea untuk Alternatif Kue Lebaran, Unik!

4. Linzer torte

5 Kue dengan Selai untuk Inspirasi Lebaran, Manisnya Kebangetan!linzer torte (instagram.com/tavolartegusto)

Linzer torte terbuat dari kacang, tepung, telur, gula, dan bubuk kayu manis. Jenis kacang untuk kue ini bisa ditentukan berdasarkan selera, seperti kacang tanah atau kacang almon. Sebelum dicampur bersama adonan lain, kacang disangrai terlebih dulu.

Setelah adonan disatukan, oleskan selai pada bagian atasnya. Tutup dengan adonan kembali yang membuat tampilannya bermotif. Agar tampilan linzer torte menawan, tak sedikit ada yang menaburi bubuk gula ketika sudah matang.

5. Punschkrapfen

5 Kue dengan Selai untuk Inspirasi Lebaran, Manisnya Kebangetan!punschkrapfen (instagram.com/siass.saure.kuchl)

Namanya memang sulit dilafalkan, tapi rasa lezatnya selalu terkenang di ingatan. Punschkrapfen semacam kue lapis yang berisikan selai. Kue ini identik dengan lapisan luarnya yang diselimuti punch glaze.

Bahan baku punschkrapfen sendiri terdiri dari tepung terigu, telur, dan cokelat bubuk. Bukan stroberi atau blackberry, punschkrapfen identik dengan selai aprikot.

Kelima rekomendasi kue selai di atas bisa jadi inspirasi sajian Idulfitri tahun ini. Tertarik untuk membuat yang mana, nih?

Baca Juga: 9 Tips Buat Bolu Keju Pakai Rice Cooker, Wajib Tahu agar Tidak Gagal! 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya