Comscore Tracker

5 Kue Tradisional yang Berenang di Kuah Ini Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Cocok dijadikan kudapan kala santai

Jenis kue tradisional seperti apa yang kamu sukai? Dicetak atau berbungkus daun pisang? Apa pun jenis kue yang kamu suka tidak mengurangi kenikmatannya meski disajikan berbeda penampilan.

Seperti lima kue tradisional yang berenang di kuah berikut ini. Rasa nikmatnya bisa bikin kamu ketagihan, lho! Saat sedang santai, kue ini dapat memanjakan lidah. Ada kue apa saja, ya?

1. Putu mayang

5 Kue Tradisional yang Berenang di Kuah Ini Nikmatnya Bikin Ketagihan!instagram.com/jarohaguswinarni

Merah muda, hijau, dan putih umumnya warna yang diterapkan untuk mempercantik penampilan kue tradisional yang bentuknya menyerupai mi ini.

Kue berbahan dasar tepung beras ini dapat disajikan dengan kuah santan yang disiram juga dengan saus manis terbuat dari gula jawa. Gak cuma saat santai, putu mayang cocok pula disajikan ketika memiliki acara formal.

2. Kue kubang boyo

5 Kue Tradisional yang Berenang di Kuah Ini Nikmatnya Bikin Ketagihan!indonesiatraveler.id

Kue kubang boyo populer di Jambi. Berwarna hijau, memiliki punuk, serta berkuah santan adalah ciri khas dari kue nan legit ini. Kue ini mempunyai isi yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah.

Bahan baku pembuatan kue ini berasal dari tepung beras ketan. Sedangkan warna hijau kue kubang boyo didapat dari daun pandan.

Baca Juga: 9 Kue Tradisional Khas Indonesia yang Banyak Tersedia di Pasar, Enak!

3. Bingka barandam

5 Kue Tradisional yang Berenang di Kuah Ini Nikmatnya Bikin Ketagihan!yummy.co.id/Nurwanida

Bingka barandam mempunyai kuah atau saus terbuat dari gula aren. Kue tradisional nan legit ini berasal dari Kalimantan, dan terbuat dari telur bebek dan tepung terigu.

Saat penyajian, bingka barandam diberi hiasan berupa daun pandan yang dibentuk seperti huruf v. Kue tradisional ini populer juga di Brunei Darussalam dan Malaysia, lho!

4. Serabi kinca

5 Kue Tradisional yang Berenang di Kuah Ini Nikmatnya Bikin Ketagihan!instagram.com/serabi_mbahnani

Bahan maupun proses pembuatan serabi pada serabi kinca tak ada yang berubah. Hanya saja kue nan legit ini berenang di kuah kinca yang terbuat dari gula jawa dan santan.

Adonan serabi seringnya diberi tambahan daun suji atau pandan supaya menghasilkan warna hijau. Kamu pun dapat mengkreasikan warna serabi sesuai selera sehingga menggugah selera makan.

5. Kue putri mandi

5 Kue Tradisional yang Berenang di Kuah Ini Nikmatnya Bikin Ketagihan!instagram.com/aa_cakes_

Bola-bola berwarna di kuah santan ini terbuat dari tepung ketan dan tepung beras. Putri mandi sama seperti kue kubang boyo, memiliki isi dari kelapa parut dan gula jawa.

Karena memiliki penampilan menarik, rasa yang enak, serta saling menyempurnakan dengan kuahnya, kue putri mandi sering dipilih pula untuk hidangan menjamu tamu ketika memiliki acara.

Nah, demikian lima daftar kue tradisional di Indonesia yang berenang pada kuah manis maupun gurih. Ketimbang jajan, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk membuat kue yang disebutkan di atas tadi. Lebih puas dengan rasa serta jumlahnya!

Baca Juga: 7 Kue Tradisional yang Menjadikan Santan Sebagai Bahan Utama

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya