Comscore Tracker

7 Kuliner ala Kota Tepi Pantai di Berbagai Negara, Gak Melulu Seafood!

Yang pasti gak kalah enak dari makanan laut

Karena letak geografis, banyak orang mengidentikkan kota tepi pantai pastinya memiliki kuliner khas berupa seafood alias makanan laut. Memang betul, tapi tidak melulu seafood  kok! Seperti tujuh kuliner kota tepi pantai dari berbagai negara berikut ini yang lezat dan bukan makanan dari hasil laut.

1. Ayam woku-woku

7 Kuliner ala Kota Tepi Pantai di Berbagai Negara, Gak Melulu Seafood!unileverfoodsolutions.co.id

Ayam woku merupakan kuliner asal Manado, salah satu kota tepi pantai di Indonesia. Berbahan utama daging ayam, kuliner ini dimasak dengan bumbu yang telah ditumis.

Memiliki rasa pedas, ayam woku-woku identik juga dengan keberadaan dedaunan seperti daun kemangi, daun serai serta daun jeruk yang membuat aromanya menjadi sedap dan mengundang gairah makan.

2. Duck tacos

7 Kuliner ala Kota Tepi Pantai di Berbagai Negara, Gak Melulu Seafood!foodandwine.com

Perth adalah kota tepi pantai di Australia yang memiliki beragam budaya. Banyak makanan dari mancanegara yang dapat kamu jumpai di sini. Tapi, mesti banget untuk mencoba lezatnya duck tacos.

Meski kuliner ini berasal dari Meksiko, duck tacos disukai oleh masyarakat Perth. Tacos jenis ini memiliki isian berupa irisan daging bebek.

3. Sopa de lima

7 Kuliner ala Kota Tepi Pantai di Berbagai Negara, Gak Melulu Seafood!seriouseats.com

Sopa de lima adalah sup yang memiliki isian daging ayam dan tomat. Kuah dari sopa de lima terbuat dari campuran kaldu ayam, bumbu, dan perasan jeruk nipis sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan asam.

Kuliner ala Kota Tulum, Meksiko ini biasanya disantap bersama renyahnya nachos. Dan nikmat banget disantap kala masih hangat.

Baca Juga: Resep Mudah Haemul Pajeon, Bakwan Seafood ala Korea yang Renyah

4. B’ssara

7 Kuliner ala Kota Tepi Pantai di Berbagai Negara, Gak Melulu Seafood!bostonglobe.com

Masih berupa makanan berkuah alias sup, b'ssara merupakan kuliner yang wajib untuk dinikmati selagi berada di Kota Rabat, Maroko. 

Sup yang memiliki tekstur kental, ini terbuat dari kacang polong yang dimasak dengan menggunakan kaldu. Bisa kaldu dari daging ayam atau daging sapi. B'ssara biasa diberi tambahan berupa minyak zaitun serta bubuk jintan, dan dinikmati bersama roti.

5. Roosterkoek

7 Kuliner ala Kota Tepi Pantai di Berbagai Negara, Gak Melulu Seafood!westcoastway.co.za

Biasa disantap dengan menggunakan saus cabai atau tomat, roosterkoek tak lain ialah roti panggang ala kota tepi pantai di Afrika Selatan yaitu Port Elizabeth.

Roosterkoek terbuat dari tepung terigu, ragi, gula dan garam, yang dimasak dengan cara dipanggang. Roti ini memang sederhana namun bikin orang ketagihan dengan rasanya.

6. Lahmacun

7 Kuliner ala Kota Tepi Pantai di Berbagai Negara, Gak Melulu Seafood!tasteofhome.com

Lahmacun bisa dibilang piza khas Timur Tengah. Memiliki topping berupa daging sapi yang diolesi dengan pasta tomat dan diberi taburan bubuk cabai merah. Teksturnya memang tipis tapi menjadi makanan favorit setiap wisatawan yang datang ke Antalya, Turki.

7. Yaki udon

7 Kuliner ala Kota Tepi Pantai di Berbagai Negara, Gak Melulu Seafood!herbies.com.au

Udon memang merupakan jenis mi asal Jepang. Namun, kuliner bernama yaki udon populer di Daegu, Korea Selatan.  Yaki udon merupakan mi udon yang dimasak dengan cara digoreng.

Seporsi yaki udon biasa dilengkapi dengan irisan sayuran seperti kubis, wortel, daun bawang, jamur shiitake dan daging. 

Itu tadi tujuh kuliner ala kota tepi pantai dari berbagai negara yang gak melulu seafood. Buat kamu yang mendiami kota di tepi pantai, ada kuliner tradisional apa di tempatmu? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya.

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Seafood Aneh yang Ternyata Bisa Diolah Jadi Makanan, Pernah Coba?

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya