Comscore Tracker

6 Kuliner Autentik yang Dimiliki Klaten, Ada Soto Tak Berkuah Lho! 

Unik dan bikin lidah kangen untuk mencicipinya lagi

Klaten punya gorengan simple yang dapat kamu buat sendiri sebagai camilan, namanya kepel. Gorengan ini hanya dibuat dari tepung, bawang, merica dan garam, namun bikin lidah ketagihan. Apalagi jika kepel dicolekkan ke saus terlebih dahulu sebelum mendarat di lidah.

Kuliner autentik milik Klaten tak sebatas kepel saja. Kamu mesti jajal juga kenikmatan dari enam kuliner berikut ini. Cita rasa unik yang mampir di lidah! Apa saja, ya?

1. Bebek bacem

6 Kuliner Autentik yang Dimiliki Klaten, Ada Soto Tak Berkuah Lho! instagram.com/bebek.bacem

Jika Bali punya bebek bengil, di Klaten ada bebek bacem. Kuliner autentik ini terbuat dari bebek yang dimasak dengan bumbu serta gula merah hingga empuk dan seluruh bagian bebek berubah kecokelatan.

Setelah matang, bebek melalui proses akhir yakni digoreng. Tekstur daging yang dihasilkan empuk serta rasa gurih manisnya yang campur aduk di lidah, bebek bacem nikmat banget dimakan bersama nasi putih hangat. Dijamin enggak mau berhenti mengunyah hingga menyisakan tulang!

2. Soto bebek

6 Kuliner Autentik yang Dimiliki Klaten, Ada Soto Tak Berkuah Lho! instagram.com/sotokarang

Kuliner autentik Klaten dari bebek tidak hanya berhenti pada bebek bacem saja, lho. Kamu harus menikmati pula hangatnya soto bebek. Sama seperti umumnya soto yang mengandalkan kuah kaldu serta berisi tauge, kol dan daun seledri.

Adanya daging bebek, bikin kenikmatan soto kian meningkat. Rasa gurih serta aroma yang soto bebek yang khas, terngiang-ngiang selalu di pikiran. Nyesel deh berkunjung ke Klaten jika tidak menjajal soto bebek!

3. Swike

6 Kuliner Autentik yang Dimiliki Klaten, Ada Soto Tak Berkuah Lho! instagram.com/swikeegloris

Purwodadi menjadi daerah yang terkenal dengan kuliner swike. Kamu dapat menjumpai swike juga di Klaten. Kuliner hasil alkulturasi budaya Tiongkok, ini berbahan dasar kaki kodok.

Penyajian swike pun beragam. Bisa diolah menjadi sup, digoreng tepung hingga ditumis. Penikmat swike umumnya mereka yang menyukai kuliner ekstrem. Bagi kamu yang kepengin mencoba kuliner ini, baiknya mencicipi dari swike yang digoreng terlebih dahulu supaya tidak kaget ketika menjajal swike berkuah.

Baca Juga: Terkenal dengan Wisata Air, 5 Spot di Klaten Ini Tak Boleh Terlewatkan

4. Goring klaten

6 Kuliner Autentik yang Dimiliki Klaten, Ada Soto Tak Berkuah Lho! instagram.com/ronnyhidayat84

Kol, tauge, timun, tahu dan tempe goreng adalah komposisi dari nikmatnya goring klaten. Goring klaten disajikan dengan kuah berwarna cokelat yang memiliki rasa manis, gurih dan sedikit asam.

Telur rebus hingga mi kuning, menjadi pelengkap yang biasanya ditawarkan pula oleh penjual goring klaten. Sederhana memang, tapi goring klaten juga cukup mengenyangkan. 

5. Sego wiwit

6 Kuliner Autentik yang Dimiliki Klaten, Ada Soto Tak Berkuah Lho! instagram.com/lesehansegowiwit

Daging ayam, sayuran, telur rebus, beberapa isian dari sego wiwit. Dahulu, menemukan sego wiwit cukuplah sulit karena kuliner autentik ini merupakan hidangan yang disajikan untuk tradisi sedekah bumi sebagai simbol bersyukur atas hasil panen.

Kini, kamu bisa menjumpai banyak rumah makan di Klaten yang menjajakan sego wiwit. Enak lagi jika menyantapnya bareng keluarga, dijamin seru!

6. Soto garing

6 Kuliner Autentik yang Dimiliki Klaten, Ada Soto Tak Berkuah Lho! instagram.com/waroengbunanik

Jika melipir ke Klaten, wajib banget untuk mencicipi soto garing. Soto tak berkuah ini cukup mengenyangkan, serta terjangkau sekali dari segi harga. Kesederhanaan dari kuliner ini justru bikin penikmatnya ketagihan.

Soto garing sendiri diracik dari nasi putih yang dilengkapi isian soto berupa tauge, kol, suwiran daging ayam, serta sambal. Setelahnya diberi kucuran kecap serta bumbu.

Enam kuliner yang telah disebutkan tadi harus banget mampir ke lidah kamu ketika pelesiaran ke Klaten, Jawa Tengah. Semua kelezatan kuliner di atas, berkesan sekali di lidah. Jangan lupa beri tahu teman atau kerabatmu tentang kuliner di atas ya!

Baca Juga: 5 Kerajinan Khas yang Harus Kamu Beli Saat Liburan ke Klaten

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya