Comscore Tracker

7 Hidangan Berkuah Kaldu yang Ini Bisa Bantu Tubuh Pulih dari Demam

Yang berkuah itu memang sesuatu!

Selain sebagai penguat rasa yang bikin kenikmatannya jadi berkali lipat, kuah kaldu memiliki berbagai macam manfaat yang salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, seperti yang dikutip dari laman Healthline.

Oleh sebab itu, hidangan yang punya unsur kuah kaldu secara tidak langsung dapat pula membantu memulihkan tubuh saat demam. Di Tanah Air kita tercinta ini banyak sekali rupa olahan kuah kaldu, dan berikut tujuh di antaranya.

1. Sup tunjang

7 Hidangan Berkuah Kaldu yang Ini Bisa Bantu Tubuh Pulih dari Demaminstagram.com/pku.eatery

Menyeruput gurihnya sumsum yang terdapat pada tulang sapi dengan menggunakan sedotan, serta merasakan kehangatan kuah kaldunya yang gurih. Siapa sih yang gak tergoda dengan kelezatan sup tunjang?

Mengandalkan kenikmatan tulang sapi, sup tunjang populer sekali di daerah Pekanbaru. Dilengkapi dengan warna-warni sayuran yang terdiri dari wortel, kentang, tomat, dan daun bawang, semangkuk sup tunjang bisa bantu kalian pulihkan tubuh dari demam. Terlebih sup ini juga kaya akan bumbu rempah yang menghangatkan.

2. Nasi grombyang

7 Hidangan Berkuah Kaldu yang Ini Bisa Bantu Tubuh Pulih dari Demaminstagram.com/limitedsky

Kuliner kesukaan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ini mengandalkan lezatnya kuah kaldu juga. Semangkuk nasi campur berkuah ini memiliki isian yang terdiri dari nasi putih serta irisan empuknya daging sapi.

Bumbu dari nasi grombyang beraneka ragam rempah-rempah yang menyatu bersama kuah kaldu, dan tak ketinggalan terdapat tambahan aroma wangi dari daun salam serta daun serai.

Baca Juga: Kenalan Yuk Sama Kuliner Lezat Khas Tegal, Nasi Bogana!

3. Mi kocok

7 Hidangan Berkuah Kaldu yang Ini Bisa Bantu Tubuh Pulih dari Demamgoodindonesianfood.com

Saat tubuh sedang diserang penyakit, biasanya nafsu makan berkurang. Baru melihat sepiring nasi putih saja, napas seakan mengisyaratkan malas untuk menyantapnya. Untuk itu, semangkuk mi kocok bisa jadi alternatif.

Berisi mi pipih, taoge, daun bawang, dan kikil sapi, kuliner berkuah kaldu ini berasal dari Bandung. Mi kocok mendapatkan kuah gurihnya dari rebusan kikil sapi yang kemudian di kolaborasikan dengan bumbu rempah.

4. Sup kambing

7 Hidangan Berkuah Kaldu yang Ini Bisa Bantu Tubuh Pulih dari Demaminstagram.com/dropby.today

Jika kalian tidak punya riwayat darah tinggi, menyantap daging merah seperti kambing adalah pilihan yang tepat untuk mengusir demam karena kandungan protein sekaligus sumber energinya yang baik bagi tubuh.

Berisi irisan tomat, wortel, kentang, serta dilengkapi pula dengan bawang goreng dan seledri, sup kambing yang punya aroma tajam, segar disantap saat sedang demam.

5. Sup Saudara

7 Hidangan Berkuah Kaldu yang Ini Bisa Bantu Tubuh Pulih dari Demaminstagram.com/e_ndro

Kuahnya memang nampak pekat, tapi sup saudara tidak ada campuran santan sama sekali. Kaldu dan kayu manis, menjadi biang utama mengapa sup ini memiliki warna pekat.

Berasal dari Sulawesi, sup saudara punya irisan daging sapi, soun, kentang, daun bawang, dan taburan bawang goreng. Seperti kebanyakan sup, sup saudara punya aroma yang menggugah selera makan perpaduan kuah kaldu, daun serai, dan daun jeruk.

6. Rawon

7 Hidangan Berkuah Kaldu yang Ini Bisa Bantu Tubuh Pulih dari Demaminstagram.com/duniakulinersurabaya

Kluwek, bahan utama dan wajib ketika memasak rawon yang nikmat. Inilah kenapa, hidangan berkuah kaldu asal Surabaya ini mempunyai warna hitam pekat. Kuah kaldu serta rempah-rempah yang terkandungnya, membuat rawon masuk daftar hidangan yang dapat memulihkan demam.

Daging sapi serta taoge, isian dari lezatnya semangkuk rawon. Tak boleh ketinggalan, yaitu irisan telur asin dan taburan kriuknya bawang goreng yang bikin rasanya makin sedap.

7. Soto lamongan

7 Hidangan Berkuah Kaldu yang Ini Bisa Bantu Tubuh Pulih dari Demaminstagram.com/tumbarmerica

Selain sup ayam, soto lamongan juga bisa jadi pilihan saat demam. Soun, kol, telur rebus, daun bawang, daun seledri, dan suwiran daging ayam, isian dari lezatnya soto lamongan.

Setiap soto di Indonesia punya ciri khas masing-masing, begitu juga dengan soto lamongan. Jika soto padang, identik dengan kerupuk berwarna merah jambu. Soto lamongan punya taburan koya yang terlarut pada kuah dan bikin maknyus saat disantap.

Nah, itu tadi tujuh rekomendasi hidangan berkuah kaldu khas berbagai daerah yang dapat pulihkan tubuh dari demam. Masing-masing dari kuliner tadi tidak hanya mengandalkan kuah kaldu saja sebagai faktor meminimalisir demam, tapi juga isiannya seperti sayuran dan rempah-rempah, menunjang tubuh menjadi sehat dan bugar. 

Baca Juga: 5 Kuliner Berkuah di Malang yang Cocok Saat Cuaca Dingin

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya