Comscore Tracker

7 Kuliner Enak Nusantara Ini Baik untuk Kesehatan Pencernaan Juga Lho!

Mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya

Sembelit, diare, kembung, dan kram perut ialah beberapa contoh permasalahan seputar pencernaan yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

Oleh sebab itu, banyak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk pencernaan seperti bayam, ikan salmon, pepaya, dan masih banyak lainnya.

Nah, tujuh kuliner enak Nusantara berikut ini baik juga untuk kesehatan pencernaan lho! Karena resepnya terbuat dari bahan-bahan bagus untuk pencernaan. Mau tahu apa saja? Yuk, simak!

1. Gado-gado

7 Kuliner Enak Nusantara Ini Baik untuk Kesehatan Pencernaan Juga Lho!instagram.com/kokobuncit

Gado-gado punya isian yang terdiri dari beraneka ragam sayuran, telur, tempe dan tahu goreng, serta diguyur dengan gurihnya saus kacang.

Sayuran yang terdapat pada gado-gado merupakan makanan berserat tinggi yang mudah dicerna oleh usus. Sehingga dapat membantu kalian terhindar dari masalah pencernaan yang umum terjadi karena kurang sayur seperti sembelit.

2. Pisang epe

7 Kuliner Enak Nusantara Ini Baik untuk Kesehatan Pencernaan Juga Lho!instagram.com/simply_culinary

Daripada waktu sengggang dihabiskan untuk makan junk food, lebih baik menikmati hangatnya pisang epe yang dimasak dengan cara dipipihkan lalu dipanggang.

Punya saus manis yang terbuat dari gula jawa, pisang epe juga termasuk makanan baik untuk pencernaan karena pisang mengandung dua jenis serat utama yaitu pectin dan pati resisten yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Wedang ronde

7 Kuliner Enak Nusantara Ini Baik untuk Kesehatan Pencernaan Juga Lho!instagram.com/tumbarmerica

Menikmati semangkuk wedang ronde tidak hanya mengenyangkan tapi juga menghangatkan jiwa. Wedang ronde punya beragam isian yang terdiri dari ronde, kacang, kolang-kaling, roti, dan kuah jahe.

Kuah jahe pada wedang ronde baik untuk kesehatan pencernaan karena sembilan zat berbeda yang terdapat pada jahe dapat merangsang reseptor serotonin di usus yang memberikan manfaat bagi sistem pencernaan, seperti mengurangi peradangan pada usus dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Tiongkok yang Paling Ramah Anak, Ada Favoritmu?

4. Tempe orek

7 Kuliner Enak Nusantara Ini Baik untuk Kesehatan Pencernaan Juga Lho!instagram.com/cheche_kitchen

Tempe termasuk bagian makanan baik untuk pencernaan, karena tempe ialah olahan makanan fermentasi yang mengandung probiotik. Yang mana, probiotik adalah bakteri baik yang membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Kalian yang doyan makan nasi uduk, pasti sering menemukan tempe orek beserta lauk lainnya sebagai pelengkap.

5. Sayur bobor bayam

7 Kuliner Enak Nusantara Ini Baik untuk Kesehatan Pencernaan Juga Lho!instagram.com/kekarayu

Selain diolah menjadi sayur bening, bayam juga nikmat dimasak sebagai sayur bobor bayam. Kuliner enak berkuah santan ini mudah sekali ditemukan di berbagai daerah di Jawa Tengah.

Sayuran hijau seperti bayam adalah sumber serat yang sangat baik dan kaya nutrisi seperti folat, vitamin C, vitamin K dan vitamin A.

Selain itu, sayur bayam juga mengandung jenis gula tertentu yang membantu mendorong pertumbuhan bakteri baik yang menyehatkan usus.

6. Roti kenari

7 Kuliner Enak Nusantara Ini Baik untuk Kesehatan Pencernaan Juga Lho!instagram.com/raospisan17

Roti kenari mudah untuk dibuat, lho! Kuliner enak berasal dari Ambon ini terbuat dari roti tawar, susu kental manis, gula pasir, serta taburan kacang kenari yang dimasak dengan cara dipanggang.

Cocok banget jadi menu sarapan pagi yang simple, roti kenari masuk dalam daftar makanan yang baik untuk pencernaan karena kacang kenari yang terdapat pada kuliner ini dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus.

7. Lotis

7 Kuliner Enak Nusantara Ini Baik untuk Kesehatan Pencernaan Juga Lho!instagram.com/javafoodie

Kota besar seperti Jakarta, menyebut kuliner ini dengan sebutan rujak buah. Sedangkan di beberapa daerah Jawa Tengah seperti Solo dan Klaten, menyebutnya lotis.

Selain sayuran, mengonsumsi buah-buahan juga penting bagi kesehatan karena buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk pencernaan, seperti vitamin C dan kalium.

Nah, itu tadi tujuh dari banyak kuliner enak di Nusantara yang baik juga untuk kesehatan pencernaan. Jadi, sudah makan apa saja kalian hari ini? Sudahkah makanan yang kalian konsumsi baik pula untuk pencernaan?

Baca Juga: 10 Kuliner Pedas Khas Lombok yang Dijamin Menggoyang Lidah

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya