Comscore Tracker

7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera yang Rasanya Mantap Jiwa!

Ada yang berbahan dasar ikan hiu, lho!

Pempek adalah salah satu kuliner ikan khas Sumatera yang memiliki kuah cuko berwarna gelap terbuat dari gula merah, asam jawa, gula pasir, serta bahan lainnya.

Jika pempek memiliki kuah berwarna gelap. Lain hal dengan kuliner ikan khas Sumatera yang akan disebutkan berikut ini karena mempunyai kuah menyala.

Ya, kuah maksudnya memiliki warna terang yang berasal dari kunyit. Kira-kira ada kuliner ikan kuah menyala apa saja, ya? 

1. Eungkot paya

7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/ismailmadden

Umumnya menggunakan ikan air tawar seperti ikan gabus sebagai bahan dasar. Eungkot paya adalah kuliner ikan kuah menyala asal Aceh.

Punya tekstur kuah yang kental, ikan dimasak bersama bumbu rempah-rempah dengan menambahkan daun jeruk dan daun kari yang membuat aroma eungkot paya makin menggiurkan untuk disantap.

2. Asam pedas ikan baung

7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/mei_marisha

Kuliner ikan kuah menyala asal Riau ini punya rasa pedas dan asam yang ramaikan lidah saat disantap bersama nasi putih hangat.

Asam pedas ikan baung menggunakan ikan baung, ikan yang memiliki bentuk hampir serupa dengan ikan lele dan biasanya hidup di Sungai Musi.

Ikan baung yang telah dibersihkan, dimasak bersama bumbu, cabai merah, dengan tambahan belimbing wuluh.

3. Gangan ikan

7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/sarwokotiti

Kelezatannya yang bertambah karena keberadaan potongan nanas muda. Gangan ikan dapat menggunakan jenis ikan segar apa saja yang disesuaikan dengan selera lidah para penikmatnya.

Kuliner ikan kuah menyala asal Belitung ini dimasak dengan bumbu rempah yang dicampur pula dengan harumnya terasi yang menguatkan rasa pada masakan.

Baca Juga: Lezat Tiada Tara, 13 Ragam Kuliner dari Sumatera Barat

4. Bagar ikan

7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/tau.nee

Bagar ikan adalah kuliner ikan kuah menyala asal Bengkulu yang menggunakan ikan hiu sebagai bahan utamanya.

Selain ikan hiu, bagar ikan dapat dimasak pula dengan menggunakan jenis ikan lainnya seperti ikan tenggiri atau ikan kakap.

Mengandalkan kekuatan bumbu rempah, cengkih, cabai, dan daun serai, bagar ikan punya rasa pedas segar yang bikin kalian nambah makan berulang kali.

5. Celimpungan

7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/palembangkulukilir

Celimpungan bisa dibilang bakso ikan ala Sumatera Selatan yang punya kuah kental dari santan. Kuliner ikan kuah menyala ini umumnya menggunakan ikan tenggiri atau ikan gabus yang dicampur dengan sagu beserta bumbu.

Sebelum bertemu dengan kuah menyala nan gurih serta taburan bawang goreng, adonan ikan dan sagu dibentuk bulat dan direbus terlebih dahulu. 

6. Pangek ikan mas

7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/kapau.kedaikito

Tidak hanya gulai kepala ikan saja yang menjadi menu andalan khas Minang. Ada pula pangek ikan mas yang rasanya mantap jiwa!

Pangek ikan mas punya rasa gurih, asam, sedikit pedas, dan tentunya terasa sekali rempah-rempah yang terkandung di dalamnya.

Ikan mas pada kuliner ikan kuah menyala ini biasanya tidak dimasak sendirian karena dilengkapi pula dengan irisan kacang panjang, daun singkong, dan daun cuciwis.

7. Gulai tepek ikan

7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera yang Rasanya Mantap Jiwa!instagram.com/rumahkooe

Gulai tepek ikan ini sedikit mirip cara membuatnya dengan celimpungan. Bisa dibuat dari ikan gabus maupun ikan tenggiri, nantinya ikan akan ditepek atau dipipihkan, dan dicampur dengan sagu lalu direbus.

Jika celimpungan berbentuk bulat, adonan ikan tepek berbentuk lonjong yang dipotong menyerong.

Dari segi kuah, gulai tepek ikan terbuat dari santan, bumbu rempah, cabai, dan irisan buah nanas yang membuat rasanya jadi beragam.

Itu tadi tujuh kuliner ikan kuah menyala khas Sumatera yang rasanya mantap jiwa! Dari tujuh kuliner yang telah disebutkan tadi, mana saja yang pernah mampir di lidah kalian?

Baca Juga: Enak! Ini 5 Makanan Khas Sumatera yang Jadi Favorit Seluruh Nusantara

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya