Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Mancanegara Berbumbu Kacang, Rasanya Unik Banget!

Ternyata gak cuma Indonesia saja yang punya

Berbicara mengenai makanan yang dilengkapi bumbu kacang, Indonesia bisa dibilang adalah jagonya. Di Indonesia, kamu bisa menjumpai makanan berbumbu kacang dengan beragam jenisnya.

Ternyata gak cuma Indonesia, karena lima kuliner asal berbagai negara berikut ini juga dilengkapi oleh bumbu kacang. Melihatnya saja sudah sukses bikin air liur menetes!

1. Frietje oorlog 

5 Kuliner Khas Mancanegara Berbumbu Kacang, Rasanya Unik Banget!frietje oorlog (instagram.com/tantetjap)

Frietje oorlog mirip dengan poutine khas Kanada karena sama-sama terbuat dari kentang goreng. Perbedaannya terletak pada saus yang membalurinya.

Poutine memiliki saus kental yang terbuat dari kaldu, tepung, serta mentega. Sedangkan frietje oorlog disiram dengan saus kacang yang diberi taburan bawang putih cincang dan mayones.

2. Satay bee hoon 

5 Kuliner Khas Mancanegara Berbumbu Kacang, Rasanya Unik Banget!satay bee hoon (instagram.com/singaporefoodstory)

Karena ada embel-embel nama satay, banyak yang mengira jika kuliner asal Singapura ini dilengkapi dengan daging ditusuk bambu alias sate. Padahal, tidak seperti itu, lho.

Pada kenyataannya, satay bee hoon semacam ketoprak atau pecel bihun. Bahan dasarnya dari bihun, kangkung, hingga seafood yang kemudian diguyur bumbu kacang.

3. Kare-kare 

5 Kuliner Khas Mancanegara Berbumbu Kacang, Rasanya Unik Banget!kare-kare (instagram.com/rb_cooks_pacham)

Di Filipina, bumbu kacang identik dengan kare-kare. Kuliner yang dilengkapi juga dengan pokcoy, terung, kuncup bunga pisang, serta buncis ini semacam semur dari buntut sapi.

Bumbu kacang digunakan sebagai bumbu utama dari kare-kare yang dipadukan dengan bubuk annatto, terasi, bawang, garam, dan merica. Perpaduan yang nikmat dan komplet banget, nih.

Baca Juga: 5 Kreasi Mi Bumbu Kacang untuk Santapan Sedap Selagi Hujan

4. Cuon diep 

5 Kuliner Khas Mancanegara Berbumbu Kacang, Rasanya Unik Banget!cuon diep (instagram.com/thewriteofwei)

Cuon diep adalah spring roll dengan isi bihun, udang, hingga daging babi yang dibungkus daun selada. Sekilas, makanan ini terlihat seperti lemper atau kue dadar gulung khas Indonesia.

Makanan dengan ciri khas disajikan bersama bumbu kacang ini cukup populer di Vietnam sebagai street food. Ketika cuon diep dicocol ke saus kacang, rasa nikmatnya bertambah dua kali lipat, lho!

5. Satay 

5 Kuliner Khas Mancanegara Berbumbu Kacang, Rasanya Unik Banget!satay (instagram.com/woo_alan)

Ternyata gak cuma di Indonesia saja sate menggunakan bumbu kacang. Satay atau sate di Thailand, Singapura, serta Malaysia juga dibumbui oleh uniknya bumbu kacang, lho.

Bedanya, satay di sana sering banget disantap sebagai camilan ketimbang dinikmati bersama nasi atau lontong. Mirip seperti di Indonesia juga, satay juga dibuat dari daging ayam yang dibakar dengan bara api.

Ada lagi yang mau menyebutkan kuliner dari berbagai mancanegara yang menyertakan bumbu kacang? Yuk, berbagi informasi di kolom komentar.

Baca Juga: Resep Cilok Singkong Isi Telur Bumbu Kacang, Jajanan Favorit Anak-Anak

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya