Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Surabaya yang Ada di Kota Jakarta, Sama Nikmatnya Rek!

Kuliner ini mampu mengobati rindumu pada Surabaya #LokalIDN

Apa yang bikin kamu kangen dengan Kota Surabaya? Selain tempat wisata, pasti kamu akan menjawab kulinernya. Ya, ibu kota Provinsi Jawa Timur ini terkenal dengan keberagamaan kulinernya yang unik dan enak.

Sudah kangen berat dengan makanannya, tapi belum bisa ke Surabaya? Tak perlu sedih karena lima kuliner yang ada di Jakarta berikut ini bisa mewakili rasa rindumu terhadap Kota Pahlawan tersebut. Ada kuliner apa saja, ya?

1.  Rawone Dengkoel

5 Kuliner Khas Surabaya yang Ada di Kota Jakarta, Sama Nikmatnya Rek!Rawon Dengkoel (instagram.com/rawon_dengkoel)

Kurang afdal rasanya tak menempatkan rekomendasi rawon di poin pertama. Kuliner berbahan daging sapi dan identik berwarna gelap tersebut merupakan makanan ikonik Surabaya. 

Di Jakarta, kamu bisa mencicipinya di restoran Rawone Dengkoel. Restoran rawon ini punya ruang makan serta parkiran yang luas sehingga bikin nyaman para pengunjung. Ada juga menu lain yang siap manjakan lidah seperti aneka ragam sate, nasi goreng, dan kudapan.

Kisaran harga: Rp50-100 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 10.00-20.00.

Alamat:  Jalan TB Simatupang No.52C, Tj. Bar, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

2. Kuliner Lontong Kupang dan Rawon Cijantung

5 Kuliner Khas Surabaya yang Ada di Kota Jakarta, Sama Nikmatnya Rek!Lontong Kupang Cijantung (instagram.com/kulinerkhasjawatimur)

Lontong kupang merupakan kuliner kuah yang menyertakan bumbu petis di dalamnya. Kupang sendiri masih satu keluarga dengan kerang. Selain hidup di laut, jenis kerang ini juga memiliki ukuran yang kecil.

Meski kupang umumnya ada di perairan laut Surabaya, kamu tetap bisa menikmati lontong kupang di restoran Kuliner Lontong Kupang dan Rawon Cijantung. Kamu bisa makan di tempat asalkan reservasi terlebih dahulu serta mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah mengingat masih dalam masa pandemik COVID-19.

Kisaran harga: Kurang dari Rp100 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.30-20.00.

Alamat: Jalan Baret Biru III No.12, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Baca Juga: 7 Tempat Kuliner Enak Kota Pahlawan yang Jarang Wisatawan Tahu!

3. Kantin Rujak Cingur Pak Hadi

5 Kuliner Khas Surabaya yang Ada di Kota Jakarta, Sama Nikmatnya Rek!Kanting Rujak Cingur Pak H. Hadi (instagram.com/ seeharrie)

Selain rawon, rujak cingur jug kuliner ikonik Surabaya. Kuliner yang memanfaatkan cingur atau mulut sapi, ini bisa kamu jumpai di Jakarta lho. Tepatnya di Kantin Rujak Cingur Pak Hadi yang namanya sudah terkenal di ibu kota.

Rumah makan ini cukup sederhana, namun rujak cingur yang disajikan bikin penikmatnya tak menyesal untuk mencoba. Beragam menu lezat khas Jawa lainnya ada pula di rumah makan ini seperti tongseng, gado-gado, pecel sayur, dan lainnya.

Kisaran harga: Rp35-70 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00-20.30.

Alamat: Jalan KH. Wahid Hasyim No.48B, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

4. Sate Khas Senayan

5 Kuliner Khas Surabaya yang Ada di Kota Jakarta, Sama Nikmatnya Rek!Sate Khas Senayan (instagram.com/satekhassenayan)

Kendati menu andalan restoran ini adalah sate, beragam kuliner Nusantara bisa kamu jumpa di restoran Sate Khas Senayan. Mulai dari nasi liwet, nasi goreng, nasi ayam taliwang, hingga nasi jinggo.

Lalu, apa kuliner khas Surabaya yang bisa kamu jajal di restoran ini? Ada tahu telur, lontong cap gomeh, dan masih banyak lainnya. Selain menyuguhkan hidangan yang lezat, restoran ini cukup nyaman untuk acara santap menyantap.

Kisaran harga: Rp100 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 10.00-20.30.

Alamat: Jalan HOS Cokroaminoto No. 78, Menteng, Jakarta Pusat.

5. Tahu Tek-Tek Pak Joko

5 Kuliner Khas Surabaya yang Ada di Kota Jakarta, Sama Nikmatnya Rek!Tahu Tek-Tek Pak Joko (instagram.com/rahmawatideristan)

Kuliner berbahan tahu di Surabaya tak cuma tahu telur, ada pula tahu tek. Apa itu tahu tek? Tahu tek ialah tahu yang telah digoreng, disajikan bersama kentang dan lontong, kemudian diguyur dengan bumbu kacang.

Kamu bisa menjumpai tahu tek di rumah makan Tahu Tek-Tek Pak Joko. Menariknya, kuliner khas Surabaya yang telah disebutkan pada poin sebelumnya seperti rawon dan tahu telur, dapat dijumpai pula di sini.

Kisaran harga: Kurang dari Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 11.00-21.30.

Alamat: Jalan Sultan Iskandar Muda No.25, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Nah, itu tadi lima rekomendasi kuliner khas Surabaya yang ada di Jakarta. Buat kamu yang rindu berat dengan Surabaya, jangan lupa datang ke tempat makan yang telah disebutkan tadi untuk mengobati rindumu. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Nasi Krawu di Surabaya, Bikin Kenyang Seharian

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya