Comscore Tracker

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!

Satu kota berjuta rasa! #LokalIDN

Sebagai ibu kota negara, Jakarta dapat dibilang sebagai kota multikultural. Beragam suku, agama, serta budaya, semuanya ada di kota ini. Termasuk juga dengan kuliner yang berasal dari provinsi mana pun.

Selain rumah makan kuliner khas Minangkabau atau restoran yang menjajakan pempek Palembang, sepuluh kuliner lintas provinsi ini bisa dijumpai pula di Jakarta lho!

1. Rumah Makan Aceh Seulawah 

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/ wajibicip

Ayam tangkap, mi aceh, nasi kari, atau roti canai? Semuanya ada di rumah makan sederhana yang berlokasi di Bendungan Hilir ini. Buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00, rata-rata harga makanan di rumah makan Aceh Seulawah berkisar Rp25-60 ribu. Terjangkau bukan?

2. Rumah Makan BPK Sinar Medan 

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/adhianto.prasetyo

Rumah makan yang buka setiap hari pada pukul 09.00-22.00 ini bisa mengobati rindumu dengan kuliner khas Batak seperti babi panggang karo, saksang, bakmi medan kriting, dan lainnya.

Berlokasi di Cililitan, Jakarta Timur, untuk menikmati kuliner Batak di sini kamu cukup menyiapkan uang sekitar Rp50-100 ribu per orang.

3. Kampoeng Bangka 

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/kampoeng_bangka

Kampoeng Bangka sejenis restoran yang menjajakan kenikmatan dari kuliner khas Bangka yang umumnya berupa seafood. Maka dari itu, jangan heran bila di sini kamu masih bisa menjumpai pula pempek.

Terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, restoran ini buka pukul 10.00-22.00. Makan di Kampoeng Bangka membuatmu merogoh kocek sekitar Rp100 ribu per orang.

4. Seeng Nini Resto 

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/seengnini_resto

Seeng Nini Resto terletak di Tebet, Jakarta Selatan. Resto ini menghadirkan sejumlah makanan lezat khas Sunda seperti nasi liwet Sunda, soto bandung, soto bogor, dan lain-lainnya yang siapkan menggoyang lidahmu.

Buka setiap hari, mulai pukul 09.00-22.00, biaya makan di sini berkisar Rp50 ribu per orang.

5. Selera Meneer 

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/selerameneer

Rindu kuliner khas Jawa Tengah? Temukanlah di restoran Selera Meneer yang berlokasi di sekitar Gandaria, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dengan membawa uang sekitar Rp75 ribu, kamu sudah dapat menikmati nasi gudeg atau menu lainnya yang lezat serta mengenyangkan. Restoran bergaya barat ini buka setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00-17.00.

Baca Juga: 6 Restoran Padang Enak di Jakarta, Jadi Makan Mewah Akhir Bulan

6. Restoran Kalimantan

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/camerakuliner

Pu yung hai, mi atau kwetiau goreng, capcay, deretan makanan yang ada di restoran Kalimantan yang berlokasi di Sawah Besar, Jakarta Pusat. Masih banyak hidangan lainnya dengan cita rasa khas Kalimantan. Biaya makan di rumah makan yang buka mulai pukul 14.00-00.00, ini berkisar Rp100 ribu per orang.

7. Sulawesi Restaurants 

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/ sulawesirestaurants

Di Jakarta, Sulawesi Restaurants dapat dijumpai dengan mudah di kawasan Kemang, Mega Kuningan, Kebayoran Baru, dan Gambir. Serentak buka pada pukul 11.00-21.30, restoran ini manjakan lidah pengunjungnya dengan kuliner khas Sulawesi seperti kakap woku, palumara, rica-rica, sup konro, coto Makassar, dan masih banyak lainnya yang bikin lupa diri setelah menyantapnya.

Untuk bisa mencicipi makanan di sini kamu harus membawa uang sekitar Rp200 ribu per orang.

8. Papoea By Nature 

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/papoeabynature

Restoran berlokasi dibilangan Jakarta Selatan, tepatnya di Kebayoran Baru ini memiliki bangunan layaknya rumah dengan hiasan serba-serbi Papua yang bikin siapa saja berkunjung ke sini serasa di rumah sendiri.

Mematok harga sekitar Rp100 ribu per orang, pengunjung sudah dapat menikmati lezatnya nasi ikan tuna bakar, papeda, atau sagu goreng. Papoea By Nature buka setiap hari, pukul 10.00-18.00.

9. Smarapura Traditional Resto 

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/smarapura

Rindu dengan kuliner Bali? Singgahi restoran yang berada di Tebet, Jakarta Selatan ini. Smarapura Traditional Resto punya konsep bangunan khas Bali. Tak sekadar menyantap makanan, restoran ini bikin kamu serasa makan di Pulau Dewata.

Harga makanan khas Bali di restoran ini berkisar Rp35-65 ribu. Smarapura Traditional Resto buka setiap hari, mulai pukul 10.00-23.00.

10. Sei’ra 

10 Kuliner Lintas Provinsi yang Mudah Dijumpai di Jakarta, Komplit!instagram.com/seira_sei

Se’i salah satu makanan khas yang identik sekali dengan Nusa Tenggara Timur. Makanan berupa daging asap, ini bisa kamu jumpai di rumah makan Sei’ra dibilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Beragam menu se’i seperti babi sei pedas, babi sei sambal matah, dan babi sei, ditawarkan dengan harga sekitar Rp48-55 ribu. Tempat makan ini buka setiap hari pada pukul 10.00-22.00.

Masih banyak lagi kuliner antar provinsi yang dapat kamu jumpai di Jakarta. Bila kamu penasaran bagaimana rasa dari se'i, saksang, sate lilit, dan beragam kuliner khas berbagai daerah lainnya, coba saja berkeliling di Jakarta karena kota ini menyimpan beragam restoran yang menyajikan makanan khas daerah. Satu kota dengan berjuta rasa di dalamnya!

Baca Juga: 6 Tempat Makan Kuliner Asia dengan Harga Terjangkau di Jakarta

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya