Comscore Tracker

5 Kuliner Mancanegara dari Mangga yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Cita rasanya tidak membosankan

Sedang musim mangga, nih. Apakah kamu mulai bosan menikmati buah yang manisnya cukup menghibur lidah ini? Jika iya, kamu harus merubah cara menikmati mangga yang berbeda.

Bila kamu sering mengonsumsi mangga secara langsung atau menjadikannya sebagai jus, tak ada salahnya untuk menjajal kenikmatan mangga dari lima kuliner mancanegara berikut ini. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Aam papad

5 Kuliner Mancanegara dari Mangga yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumaharchanaskitchen.com

Aam papad sejenis mango bar yang berasal dari India. Kuliner ini sering dipilih sebagai kudapan hingga buah tangan masyarakat India, ketika mereka berkunjung ke sanak saudara.

Berbahan utama mangga asli, aam papad dikombinasikan dengan bahan lainnya, seperti gula dan bubuk kapulaga. Ssemua bahan tadi dimasak menjadi satu pada sebuah kadai, semacam wajan hingga tercampur rata dan mengental.

Setelahnya, adonan mangga dituang ke loyang yang telah diolesi minyak samin. Tunggu hingga mengering dan mengeras sendiri selama kurang lebih dua minggu. Tolak ukur lain yang dapat kamu pertimbangkan, yakni ketika aam papad teksturnya mulai transparan.

2. Mango sago

5 Kuliner Mancanegara dari Mangga yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumahkawalingpinoy.com

Mulanya, resep mango sago berasal dari sebuah restoran di Hong Kong. Lambat laun, kenikmatannya mulai diadopsi oleh banyak negara di Asia, salah satunya adalah Filipina.

Di negara tetangga Indonesia tersebut, mango sago sering memanjakan lidah keluarga saat akhir pekan tiba. Kuliner ini tak lain berupa puding mangga yang berkolaborasi dengan kenyalnya sagu mutiara atau dikenal juga sebagai bubur mutiara.

Santan, susu, hingga sirop, menjadi bahan lain yang dapat kalian tambahkan ke dalam racikan mango sago.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Mangga, Manisnya Bikin Perut Keroncongan!

3. Mango pancake

5 Kuliner Mancanegara dari Mangga yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumahsimplecookery.co

Mango pancake populer di Tiongkok dan negara Asia lainnya. Kulit pembungkus mango pancake  identik sekali dengan warna kuning yang berasal dari pewarna makanan alami. 

Daging buah mangga yang telah diiris ukuran sedang, dibungkus dengan kulit bersama whipped cream. Simpan mango pancake ke dalam lemari es supaya makin nikmat saat disantap.

4. Mango fool

5 Kuliner Mancanegara dari Mangga yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumahgoodto.com

Afrika juga punya hidangan berbahan mangga yang tak kalah lezat. Komposisi mango fool terdiri dari mangga, krim, yoghurt Yunani, dan gula halus. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan mangga asli terlebih dahulu hingga lembut. Kemudian bahan tadi dijadikan ke dalam satu gelas bersama bahan lainnya.

Bukan diratakan menjadi satu, namun masing-masing diselang seling. Bisa menuangkan mangga asli atau adonan putihnya terlebih dahulu. Kalian dapat menambahkan daun mint yang telah dicincang, supaya dapat memberi sensasi segar saat mendarat di lidah.

5. Khek ma muang

5 Kuliner Mancanegara dari Mangga yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumahthespruceeats.com

Tak hanya mango sticky rice, Thailand punya kuliner berbahan mangga lainnya yang layak untuk dicoba, yakni khek ma muang. Kuliner ini adalah kue berbahan dasar mangga, dikombinasikan dengan krim, dan diberi topping potongan buah mangga.

Khek ma muang sering dipilih sebagai kudapan afternoon tea masyarakat Negeri Gajah Putih.

Setelah melihat rekomendasi kuliner berbahan mangga di atas, apakah kalian sudah menentukan mau mencoba membuat yang mana? Kalau perlu, cobalah untuk membuat kuliner di atas satu per satu. Dijamin enggak bakal bosan lagi dengan olahan mangga yang itu-itu saja.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Makanan Berbahan Mangga Muda, Kecut tapi Segar!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya