Comscore Tracker

7 Kuliner Nasi Campur Daging yang Rasanya Gak Bikin Lidah Bosan

Nasi lezat yang punya aneka rasa!

Biryani salah satu contoh kuliner nasi campur daging khas India yang lezatnya tidak pernah bikin lidah jadi bosan untuk mencicipinya lagi. Sepaket kenikmatannya juga cukup mengenyangkan perut tanpa pakai ribet.

Selain biryani, berikut ini ada tujuh kuliner nasi campur daging dari berbagai negara yang bisa jadi inspirasi masakan di rumah. Lezatnya juga gak bikin lidah bosan, lho!

1. Akhni 

7 Kuliner Nasi Campur Daging yang Rasanya Gak Bikin Lidah Bosanafeliaskitchen.com

Negara tetangga India, yaitu Bangladesh juga memiliki kuliner nasi campur daging bernama akhni. Kuliner nasi campur ini sering disebut-sebut sebagai perpaduan antara biryani dan pilaf dengan racikan bumbu khas Bangladesh.

Terasa sekali rasa rempah serta aroma harum dari jahe dan kayu manis, akhni dapat dibuat dengan menggunakan bermacam daging seperti ayam, sapi, kambing atau domba.

2. Claypot rice 

7 Kuliner Nasi Campur Daging yang Rasanya Gak Bikin Lidah Bosantarasmulticulturaltable.com

Jangan mengaku pecinta kuliner khas Tionghoa jika belum mencoba claypot rice! Kuliner nasi campur daging ini cukup populer di Malaysia, Singapura dan Hongkong.

Ciri khas dari claypot rice yaitu dimasak dengan wadah terbuat dari tanah liat atau claypot. Berbahan utama nasi dan daging ayam, claypot rice dimasak dengan bumbu, saus ikan serta bermacam kecap.

3. Gaifan 

7 Kuliner Nasi Campur Daging yang Rasanya Gak Bikin Lidah Bosaninstagram.com/bistrozakka

Gaifan juga termasuk kuliner campur daging yang berasal dari Tiongkok namun populer di Taiwan. Nasi campur ini umumnya menggunakan daging sapi dan babi, yang dicincang dan dimasak dengan anggur, kecap dan cuka.

Gaifan juga dilengkapi dengan sayuran, lho! Kuliner nasi campur ini cukup memenuhi nutrisimu.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Nasi, Gak Cuma Polos, Deh!

4. Hoppin john 

7 Kuliner Nasi Campur Daging yang Rasanya Gak Bikin Lidah Bosanfoodnetwork.com

Jika kuliner sebelumnya lidah Asia banget. Hoppin john merupakan kuliner nasi campur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Menggunakan daging babi sebagai bahan dasar, hoppin john juga identik dengan keberadaan kacang tunggak yang dimasak bersama bumbu terdiri dari bawang, cajun dan garam.

5. Jollof rice 

7 Kuliner Nasi Campur Daging yang Rasanya Gak Bikin Lidah Bosanrecipes.sainsburys.co.uk

Jollof rice menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi sehari-hari penduduk yang bermukim di negara kawasan Afrika Barat. Cara membuat nasi campur ini hampir serupa dengan membuat nasi kuning yang direbus ke bumbu.

Bedanya, nasi pada jollof rice dalam keadaan matang sehingga ketika disajikan tekstur jollof rice basah dan sedikit lembek. Pasta tomat menjadi bumbu ciri khas dari jollof rice.

6. Locrio 

7 Kuliner Nasi Campur Daging yang Rasanya Gak Bikin Lidah Bosangoya.com

Nasi campur daging asal Dominika, ini hampir sama dengan jollof rice yang dimasak rebus dengan bumbu. Locrio identik dengan menggunakan daging ayam serta racikan ciri khas yaitu saus tomat dan oregano.

Sebagai alternatif, locrio dapat dibuat juga dengan menggunakan potongan sosis daging ayam.

7. Khao na pet 

7 Kuliner Nasi Campur Daging yang Rasanya Gak Bikin Lidah Bosan/dimchalkos75.blogspot.com

Irisan daging bebek pada khao na pet cukup menggugah selera makan ketika disajikan di depan mata. Ya, kuliner nasi campur asal Thailand ini menggunakan daging bebek panggang dengan siraman saus.

Khao na pet biasanya dilengkapi juga dengan sayuran hijau berupa tumis kangkung yang bikin penikmatnya justru pengin nambah makan terus.

Itu tadi tujuh kuliner nasi campur daging yang bisa dijadikan makanan untuk keluarga alternatif selain nasi goreng. Jika kamu bosan dengan daging ayam atau tidak mengonsumsi daging babi, bisa kok mengubah isi tapi tetap menggunakan resep yang ada.

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 8 Jenis Nasi Goreng dari Berbagai Negara di Asia, Unik nan Lezat!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya