Comscore Tracker

7 Kuliner Solo yang Sudah Eksis Sejak Tahun 50-an, Nikmatnya Terjaga!

Jadi langganan pejabat hingga pesohor negeri #LokalIDN

Solo adalah salah satu kota yang tepat untuk kulineran. Kota di Provinsi Jawa Tengah ini punya banyak spot kuliner yang patut untuk disambangi. Banyak laman media online merekomendasikan kulineran murah atau yang terkenal di Kota Solo.

Kali ini penulis merekomendasikan kuliner di Solo yang sudah eksis sejak tahun 50-an. Sudah melegenda, tentu tak diragukan lagi dong untuk rasa. Kira-kira di mana saja ya?

1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

7 Kuliner Solo yang Sudah Eksis Sejak Tahun 50-an, Nikmatnya Terjaga!Nasi Liwet Bu Wongso Lemu (instagram.com/makananpecinta)

Rumah makan yang telah ada sejak tahun 50-an ini berkonsep lesehan. Teras luarnya digunakan sebagai tempat untuk menjajajakan nasi liwet serta bermacam lauk pendampingnya.

Oleh karena itu, jangan heran bila setibanya di sini banyak kerumunan pembeli yang sedang memilih lauk pendamping nasi liwet.

Tak cuma dimanjakan oleh lezatnya nasi liwet, kamu akan dimanjakan pula oleh iringan lagu tradisional hingga modern yang dibawakan langsung oleh musisi jalanan Kota Soto. Mantap, kan?

Kisaran harga: Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, mulai pukul 16.00-01.00.

Alamat: Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari.

2. Timlo Sastro

7 Kuliner Solo yang Sudah Eksis Sejak Tahun 50-an, Nikmatnya Terjaga!Timlo sastro (instagram.com/indonesianfavfoods)

Timlo Sastro adalah salah satu timlo terkenal di Kota Solo. Saking terkenalnya, tempat makan timlo yang usianya tak lagi muda ini selalu ramai pengunjung, baik masyarakat lokal maupun wisatawan.

Kamu harus pintar-pintar memilih waktu ketika akan berkunjung ke sini. Sebab, ada waktu di mana kamu tidak bisa santai setelah menikmati seporsi timlo. Karena, banyak pengunjung yang telah antri untuk menunggu giliran mereka menyantap lezatnya Timlo Sastro.

Kisaran harga: Rp35 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 07.00-19.30.

Alamat: 

  • Jalan Abdul Muis No.32A Setabelan, Kepatihan Kulon, Jebres.
  • Jalan Dr. Wahidin No.30, Purwosari, Laweyan.

3. Sate Kere Mbak Tug

7 Kuliner Solo yang Sudah Eksis Sejak Tahun 50-an, Nikmatnya Terjaga!Sate Kere Mbak Tug (instagram.com/ doyanmakansemarang)

Meski sebatas jajanan kaki lima, Sate Kere Mbak Tug tak pernah sepi pengunjung. Rata-rata yang berkunjung ke sini membeli sate untuk dibawa pulang atau take away. Dapat juga makan di tempat karena disediakan bangku untuk duduk.

Sate kere sendiri ialah sate yang terbuat dari jeroan sapi. Namun, lambat laun kamu dapat menjumpai sate dari daging juga di kedai Sate Kere Mbak Tug .

Kisaran harga: Kurang dari Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 13.00-18.00.

Alamat: Jalan Arifin No.63, Kepatihan Kulon, Jebres.

Baca Juga: 5 Kuliner Solo yang Mulai Dilupakan oleh Penikmatnya, padahal Enak!

4. Wedang Dongo Pak Untung

7 Kuliner Solo yang Sudah Eksis Sejak Tahun 50-an, Nikmatnya Terjaga!Wedang Dongo Pak Untung (instagram.com/annorakitchen)

Kepengin menikmati yang hangat-hangat selagi berada di Kota Solo? Kunjungi saja Wedang Dongo Pak Untung. Kuliner yang telah ada sejak tahun 50-an ini menjajakan minuman tradisional penghangat jiwa seperti wedang dongo, wedang sekoteng, wedang asle, hingga wedang tahok. Semuanya nikmat dan berkhasiat bagi tubuh lho!

Kisaran harga: Rp10-15 ribu per porsi.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 15.00-22.30.

Alamat: Jalan RE Martadinata No.118, Sudiroprajan, Jebres.

5. Tahok Pak Citro

7 Kuliner Solo yang Sudah Eksis Sejak Tahun 50-an, Nikmatnya Terjaga!Tahok Pak Citro (instagram.com/ carikulinersolo)

Tahok Pak Citro sering jadi incaran wisatawan ketika sedang pelesiran di sekitar Pasar Gede, Solo. Dengan menggunakan gerobak dorong berwarnakan biru, Pak Citro menjajakan nikmatnya tahok atau kembang tahu.

Kembang tahu sendiri merupakan kuliner hasil akulturasi dengan budaya Tiongkok, yang keberadaannya mulai langka. Tekstur lembutnya, mampu bikin perut kenyang. Jadi, tahok enak juga dipilih untuk sarapan. Apalagi Tahok Pak Citro sudah buka pada pagi hari.

Kisaran harga: Rp8 ribu per porsi.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 06.00-10.15.

Alamat: Jalan Suryopranoto No.21, Kepatihan Wetan, Jebres.

6. Es Krim Tentrem 

7 Kuliner Solo yang Sudah Eksis Sejak Tahun 50-an, Nikmatnya Terjaga!Es Krim Tentrem (instagram.com/rachelsnomnom)

Tak perlu sedih dengan cuaca panas Kota Solo, kamu bisa mendinginkan hati maupun pikiran di Es Krim Tentrem yang sudah berdiri sejak tahun 50-an. Masuk dalam kuliner legendaris di Solo, rasa nikmat dari es khas kafe ini tak pernah berkurang meski memiliki varian rasa serta banyak topping menggoda.

Kisaran harga: Rp25 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 10.00-21.00.

Alamat: Jalan Slamet Riyadi No.132, Keprabon, Banjarsari.

 7. Warung Pecel Bu Kis  

7 Kuliner Solo yang Sudah Eksis Sejak Tahun 50-an, Nikmatnya Terjaga!Warung Pecel Bu Kis (instagram.com/demen_djadjan)

Selain nasi liwet, ada kuliner yang tak boleh kamu lupakan untuk dicicipi setibanya di Solo yaitu pecel. Kamu bisa mencicipinya di Warung Pecel Bu Kis.

Tak cuma tempatnya yang luas, pilihan menu di Warung Pecel Bu Kis beragam, lho! Terdapat pilihan lainnya selain nasi pecel yakni selat solo, nasi tumpang, nasi trancam, hingga tahu acar yang nikmatnya tak perlu diragukan lagi.

Kisaran harga: Rp15 ribu per orang.

Waktu operasional: Senin-Sabtu, pukul 07.00-14.00

Alamat: Jalan Gleges, Sriwedari, Laweyan, Sriwedari

Itu tadi tujuh rekomendasi kuliner di Solo yang telah eksis sejak tahun 50-an. Untuk kualitas, nikmatnya kuliner tadi pastinya tak perlu diragukan lagi. Sebab itu, jangan lupa mampir ke salah satu atau mungkin semua kuliner di atas ya!

Baca Juga: 5 Keistimewaan Soto Triwindu, Kuliner Legendaris Solo

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya