Comscore Tracker

7 Kuliner Thailand Ramah Lidah Indonesia Ini Bisa Dipinang Jadi Lauk

Dijamin bikin kamu kepengin nambah terus!

Sama-sama berada di kawasan Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand memiliki kesamaan dalam kuliner yaitu menggunakan bermacam rempah. Patut jika banyak kuliner khas Thailand yang ramah dengan lidah orang Indonesia.

Nah, butuh rekomendasi kuliner Thailand yang dapat dijadikan sebagai lauk? Berikut ini tujuh kuliner asal Negeri Gajah Putih yang kelezatannya mesti dicoba. Semuanya enak, lho!

1. Khai luk khoei

7 Kuliner Thailand Ramah Lidah Indonesia Ini Bisa Dipinang Jadi Laukmyfridayfoodswings.com

Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, khai luk khoei punya arti telur menantu. Konon, olahan telur ini memiliki penampilan serupa dengan telur emas yang diyakini sebagai simbol kekayaan. Itulah sebab, khai luk khoei sering dijadikan sebagai hantaran pernikahan masyarakat Thailand supaya mengesankan mertua.

Khai luk khoei sendiri diolah hampir serupa telur pindang, hanya saja menggunakan bumbu terdiri dari: kecap ikan, gula, bawang merah, cabai dan tamarind pulp.

2. Suki haeng

7 Kuliner Thailand Ramah Lidah Indonesia Ini Bisa Dipinang Jadi Laukhot-thai-kitchen.com

Suki haeng sejenis bihun goreng khas Thailand yang diolah bersama irisan daging ayam serta sayuran. Sesuai namanya, suki haeng disajikan dengan saus suki yang pedasnya menggugah selera makan.

Supaya makin nikmat, cobalah menaburkan wijen putih ke suki haeng saat disajikan. Di Thailand, suki haeng dapat dinikmati dua cara. Bisa tanpa nasi atau tidak dengan nasi, keduanya tetap lezat!

3. Phat phrik khing

7 Kuliner Thailand Ramah Lidah Indonesia Ini Bisa Dipinang Jadi Laukseriouseats.com

Dimasak kering, phat phrik khing ialah kuliner Thailand yang nikmat banget disantap siang hari bersama nasi putih hangat. Makanan ini semacam tumis kacang panjang, namun menggunakan bumbu kari serta diberi tambahan kecap ikan dan gula aren.

Gak cuma kacang panjang, phat phrik khing mengombinasikan dengan bahan lain seperti ikan atau daging.

Baca Juga: Coba 5 Resep Jajanan Kekinian Khas Thailand, Bikin Siapa pun Ketagihan

4. Tom saep

7 Kuliner Thailand Ramah Lidah Indonesia Ini Bisa Dipinang Jadi Lauktasteatlas.com

Pecinta makanan berkuah, kamu mesti banget mencoba kehangatan semangkuk tom saep. Sup asal Thailand ini menggunakan bahan utama berupa daging dan jeroan sapi. 

Yang bikin berbeda dari kebanyakan sup khas Thailand lainnya yaitu keberadaan cabai hijau yang nantangin banget! Ya, tom saep punya rasa pedas asam yang nikmat disandingkan dengan nasi putih hangat.

5. Kaeng som

7 Kuliner Thailand Ramah Lidah Indonesia Ini Bisa Dipinang Jadi Laukhot-thai-kitchen.com

Gak cuma tom saep, jajal juga kenikmatan makanan berkuah khas Thailand lainnya seperti kaeng som. Berbahan dasar udang dan sayuran, sup ini dimasak menggunakan kari oranye atau kuning khas Thailand.

Seperti penampilannya yang merah merona, kaeng som punya rasa pedas serta sedikit asam. 

6. Suea rong hai

7 Kuliner Thailand Ramah Lidah Indonesia Ini Bisa Dipinang Jadi Laukseriouseats.com

Meski pada saat pengolahan suea rong hai sudah memiliki rasa pedas, kuliner satu ini masih disajikan bersama saus pedas yang terbuat dari kecap asin, ketumbar, bawang putih, perasan jeruk nipis, dan gula.

Suea rong hai tak lain adalah irisan daging sapi panggang. Saat momen spesial, masyarakat Thailand menyajikan suea rong hai yang nantinya disantap bersama nasi hangat.

7. Tom chuet

7 Kuliner Thailand Ramah Lidah Indonesia Ini Bisa Dipinang Jadi Laukraktamachat.org

Tom chuet masih bersaudara dengan tom saep yang tak lain adalah sup. Perbedaannya pasti ada pada bahan baku pembuatan serta bumbu. 

Tom chuet memilih sawi hijau dan wortel sebagai isian. Pelengkap utama dari sup ini bisa daging ayam atau babi. Tom chuet juga mengandalkan kaldu sebagai penyedap rasanya.

Nah, itu tadi tujuh kuliner Thailand yang ramah dengan lidah orang Indonesia. Semua kuliner lezat di atas dapat dijadikan sebagai lauk, lho! Tertarik untuk membuatnya?

Baca Juga: 5 Hidangan Seafood ala Thailand dengan Rasa Menggugah Selera, Nikmat!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya