Comscore Tracker

7 Kuliner Unsur Lontong & Ketupat Ini Cocok Dijadikan Hidangan Lebaran

Kelezatannya bikin kamu bingung memilih!

Tidak cuma kue nastar! Lebaran terasa kurang jika tidak ada ketupat atau lontong di rumah, yang nantinya akan disandingkan bersama opor ayam atau hidangan khas Lebaran lainnya.

Nah, supaya tidak bosan dan memanfaatkan ketupat maupun lontong yang ada. Berikut ini, ada tujuh kuliner unsur lontong dan ketupat khas Nusantara yang dijadikan hidangan Lebaran. 

1. Lontong kupang

7 Kuliner Unsur Lontong & Ketupat Ini Cocok Dijadikan Hidangan Lebaraninstagram.com/mbadok_cuk

Lontong kupang terbuat dari potongan lontong yang disajikan bersama kupang atau kerang kecil dengan siraman kuah berbumbu yang telah dicampur dengan petis. Supaya makin nampol saat disantap, lontong kupang disajikan bersama sate kerang juga.

Kuliner satu ini populer di beberapa daerah Jawa Timur seperti Jember, Surabaya, dan Pasuruan. 

2. Tipat blayag

7 Kuliner Unsur Lontong & Ketupat Ini Cocok Dijadikan Hidangan Lebaraninstagram.com/warungselerasingaraja

Tipat blayag merupakan kuliner enak khas Pulau Dewata, Bali. Kuliner ini mempunyai pelengkap berupa urap, suwiran daging ayam, kacang goreng, ayam nyat-nyat beserta kuahnya. 

Dan pastinya, jangan lupakan potongan ketupat nan lembut ya!

3. Ketupat kandangan

7 Kuliner Unsur Lontong & Ketupat Ini Cocok Dijadikan Hidangan Lebaranid.wikipedia.org

Memiliki kuah santan, ketupat kandangan khas Banjarmasin juga nikmat dijadikan sebagai hidangan Lebaran. 

Ketupat kandangan diracik dari potongan ketupat dengan pelengkap berupa ikan gabus panggang yang diguyur dengan kuah santan berbumbu. Untuk ikan, kamu dapat juga sesuaikan dengan selera.

Baca Juga: 10 Hidangan Khas Lebaran dari Berbagai Negara, Unik dan Bikin Ngiler!

4. Lontong orari

7 Kuliner Unsur Lontong & Ketupat Ini Cocok Dijadikan Hidangan Lebaraninstagram.com/kudilaaa

Ada lagi nih kuliner khas Banjarmasin berunsur lontong, yaitu lontong orari. Ramai akan lezatnya lauk. Dalam satu porsi lontong orari berisi pelengkap berupa ikan dan telur rebus masak habang, serta sayur nangka.

Uniknya, lontong orari memiliki lontong dengan bentuk segitiga. Dan teksturnya lebih lembut ketimbang lontong pada umumnya.

5. Kupat glabed

7 Kuliner Unsur Lontong & Ketupat Ini Cocok Dijadikan Hidangan Lebaraninstagram.com/ilarizky

Kupat glabed adalah kuliner khas Tegal, yang punya kuah hampir mirip dengan opor ayam. Bedanya, kupat glabed memiliki campuran tepung maizena sehingga kuahnya sedikit kental. 

Supaya sempurna kenikmatannya, kupat glabed dilengkapi dengan daging dan kerupuk mi yang dihancurkan.

6. Soto bongko

7 Kuliner Unsur Lontong & Ketupat Ini Cocok Dijadikan Hidangan Lebaraninstagram.com/asfarini

Masih dilengkapi dengan tahu, soto bongko adalah kuliner unsur lontong asal Sumedang. Soto bongko berbeda dari kebanyakan soto yang umumnya memiliki banyak kuah. 

Cocok dihidangkan saat Lebaran, soto bongko memiliki racikan potongan lontong, tauge rebus, tahu, dan diguyur kuah santan berbumbu rempah.

7. Kupat tahu

7 Kuliner Unsur Lontong & Ketupat Ini Cocok Dijadikan Hidangan Lebarandoyanresep.com

Pasti sebagian dari kamu sudah cukup familiar dengan kuliner unsur ketupat satu ini, kan? Kupat tahu cukup populer di Jawa Tengah. 

Memiliki kuah yang terbuat dari kecap manis, kupat tahu diracik dari potongan ketupat, tahu goreng, irisan kubis, tauge, dan mi telur.

Nah, itu tadi tujuh kuliner unsur lontong dan ketupat yang dapat dijadikan hidangan Lebaran. Jika nanti lauk yang disandingkan dengan ketupat atau lontong habis. Kamu dapat kreasikan lontong maupun ketupat sisa, menjadi kuliner daerah yang telah disebutkan tadi.

Download aplikasi Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Ide Resep Masakan non-Santan untuk Lebaran, Tetap Nikmat dan Endul!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya