Comscore Tracker

7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Masih Bersaudara dengan Gado-gado

Yang doyan makan sayuran, merapat!

Gado-gado adalah salah satu kuliner serba sayur yang cukup populer di negara kita. Menggabungkan berbagai macam sayuran yang terdiri dari kacang panjang, pare, jagung, taoge, kentang, timun, dan masih ada isian lainnya, kelezatan gado-gado sempurna dengan adanya bumbu kacang. 

Ternyata, gado-gado juga punya saudara lho yang tersebar di berbagai negara dengan resep serta cita rasa masing-masing. Kuliner apa saja yang dimaksud? Yuk, simak!

1. Khao yam

7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Masih Bersaudara dengan Gado-gadothaistreetfood.net

Khao yam berasal dari Thailand. Kuliner ini punya racikan yang berisi nasi putih atau nasi kerabu, mangga asam, wortel, kacang panjang, bai chaplu, chamuk plarot, biji wijen, daun jeruk, serai, dan budu, sejenis saus ikan khas Thailand hasil dari fermentasi dengan garam laut.

Meski semua sayuran disajikan mentah, tidak mengurangi kelezatan khao yam yang menyehatkan bagi tubuh.

2. Tabbouleh

7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Masih Bersaudara dengan Gado-gadosimple.wikipedia.org

Saudara gado-gado yang terkenal di berbagai negara kawasan Timur Tengah khususnya Lebanon, ini sering menjadikannya sebagai menu sarapan.

Tabbouleh terbuat dari gandum bulgur, daun peterseli, tomat, daun bawang, daun mint, yang dipotong kecil-kecil dan diolah bersama minyak zaitun, garam, dan merica.

3. Kosambri

7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Masih Bersaudara dengan Gado-gadoarchanaskitchen.com

Wortel, moong dal, jagung manis, cabai hijau, kelapa parut, perasan lemon, serta campuran minyak yang terdiri dari mustard, asafoeitida, cabai merah kering, dan daun kari, resep yang digunakan untuk membuat kosambri.

Kosambri sendiri adalah kuliner sayuran yang sering dikonsumsi oleh penduduk Negara Anak Benua, India.

Baca Juga: 7 Kuliner Babi di Asia yang Lezatnya Bisa Memikat Lidahmu

4. Goma ae

7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Masih Bersaudara dengan Gado-gadochopstickchronicles.com

Melihat penampakan kuliner satu ini, pasti kalian sudah gak asing lagi! Goma ae termasuk kuliner sayuran asal Negeri Sakura, Jepang, yang terbuat dari bayam rebus dan garam serta campuran saus wijen yang punya racikan terdiri dari wijen, kecap asin, gula, sake, dan mirin.

Di Jepang, goma ae sering dijadikan sebagai lauk makanan sehari-hari yang nikmat disantap bersama aneka ragam tempura.

5. Caesar salad

7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Masih Bersaudara dengan Gado-gadooetker.ca

Terkenal di Tijuana, caesar salad ialah hidangan musim panas yang sering dibuat oleh masyarakat Meksiko. Selain menyehatkan, caesar salad juga segar sekali disantap meski berisi sayuran.

Punya saus pelengkap rasa yang terbuat dari keju parmesan, ikan teri fillet, minyak, bawang putih, mustard, jeruk nipis, saus Worcestershire, garam, dan lada hitam. Caesar salad terbuat dari daun selada, potongan roti tawar dan telur.

6. Bibimbap

7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Masih Bersaudara dengan Gado-gadosimplycook.com

Bibimbap termasuk kuliner yang sarat  sayuran asal Korea Selatan. Dalam sepiring mangkuk besar, bimbimbap punya isian berupa nasi putih, daging sapi berbumbu, serta beragam sayuran seperti bayam, jamur shiitake, wortel, rumput laut, dan telur mata sapi.

Begitu familiar di lidah Indonesia, pasti kalian pernah mencicipi lezatnya seporsi bibimbap yang sangat menyenangkan ini kan?

7. Chai thia xao nam

7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Masih Bersaudara dengan Gado-gadomonngonmoingay.com

Perpaduan masakan Tiongkok yang populer di Vietnam ini ialah kuliner serba sayur yang lezat dan cocok banget dijodohkan dengan nasi putih hangat. 

Chai thia xao nam tak lain ialah tumis kol cina yang biasa dicampur dengan jamur shiitake dan baby corn yang dimasak  bawang putih, minyak wijen, saus tiram, dan minyak goreng.

Nah itulah tadi tujuh kuliner serba sayuran dari berbagai negara yang bersaudara dengan gado-gado. Lagi bingung bikin olahan sayuran, apa? Tujuh kuliner tadi bisa jadi pilihan, lho!

Baca Juga: Gak Ada di Tempat Lain, 5 Kuliner khas Majalengka Ini Menarik Dicoba

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya