Comscore Tracker

7 Kuliner Menggunakan Kecap Manis Ini Lezatnya Campur Aduk di Lidah

Manfaatkan kecap di rumah untuk membuat kuliner ini!

Tidak cuma mengubah penampilan makanan menjadi kecokelatan. Keberadaan kecap manis pada resep suatu makanan juga memengaruhi rasa lezatnya yang campur aduk di lidah.

Bagi kamu penggemar makanan dengan menggunakan kecap manis, berikut tujuh rekomendasi kuliner Nusantara yang mesti kamu coba.

1. Tongseng kambing

7 Kuliner Menggunakan Kecap Manis Ini Lezatnya Campur Aduk di Lidahinstagram.com/kemalaputi

Kota Solo memang rumahnya kuliner olahan daging kambing. Satai, tongseng, tengkleng, dan gulai kambing dapat kamu jumpai semuanya di kota dengan slogan The Spirit of Java. 

Yang menggunakan kecap manis selain satai, ada tongseng kambing yang mesti dicoba! Potongan daging kambing dengan ukuran sedang bercampur dengan irisan tipis kubis serta merahnya tomat, komposisi dari tongseng kambing. Mantap lagi, tambahkan irisan cabai rawit supaya makin menggugah selera makan.

2. Haruan masak kecap

7 Kuliner Menggunakan Kecap Manis Ini Lezatnya Campur Aduk di Lidahinstagram.com/zuliner

Populer di Kalimantan Selatan, kuliner dengan bahan utama ikan haruan ini lezatnya juga menggunakan kecap manis. Berkuah tapi tidak terlalu banyak, ikan haruan dimasak bersama bumbu rempah yang terdiri dari: jahe, kayu manis, pala dan cengkih.

3. Semur tahu pedas

7 Kuliner Menggunakan Kecap Manis Ini Lezatnya Campur Aduk di Lidahinstagram.com/solechah_puji

Semur memang makanan Nusantara yang identik dengan penggunaan kecap manis. Bagi kamu yang menyukai makanan dengan rasa pedas manis, jajal lezatnya semur tahu pedas khas Sumatera Utara.

Pembuatannya sama seperti umumnya semur, namun diberi tambahan irisan cabai rawit dan cabai merah yang pedasnya bikin kamu keringetan selama makan.

Baca Juga: 5 Kuliner Berbahan Ikan Khas Sulawesi yang Menggiurkan Lidah

4. Ayam parape

7 Kuliner Menggunakan Kecap Manis Ini Lezatnya Campur Aduk di Lidahinstagram.com/dapoer_butuni

Mau makan ayam dengan cita rasa yang berbeda dari hari biasanya? Cobalah untuk membuat ayam parape. Khas dari Makassar, parape sendiri tak lain ialah bumbu yang berbahan dasar kecap manis, asam jawa dan gula merah.

Ayam dimasak dengan cara digoreng bersama bumbu parape. Penampilannya memang berubah menjadi sedikit gelap. Tapi sekali makan, bikin kamu kepengin nambah terus!

5. Tahu telur

7 Kuliner Menggunakan Kecap Manis Ini Lezatnya Campur Aduk di Lidahinstagram.com/idea.cuisine

Berasal dari Jawa Timur, tahu telur merupakan kuliner yang masih bersaudara dengan gado-gado karena menggunakan saus kacang. Ingat, saus kacang juga menggunakan kecap manis supaya makin nendang rasanya.

Tahu telur terbuat dari potongan tahu yang digoreng dengan menggunakan telur dan disajikan dengan beragam pelengkap terdiri dari: lontong, tauge dan kerupuk. 

6. Babi kecap

7 Kuliner Menggunakan Kecap Manis Ini Lezatnya Campur Aduk di Lidahinstagram.com/daporktjan

Babi kecap merupakan kuliner yang cukup populer di wilayah Indonesia seperti Bali dan Manado. Potongan daging babi ditumis bersama beragam bumbu serta kecap manis.

Supaya mantap, tak perlu ragu untuk menambahkan cabai saat memasak babi kecap. Dan nikmatilah bersama nasi putih hangat.

7. Tauto

7 Kuliner Menggunakan Kecap Manis Ini Lezatnya Campur Aduk di Lidahinstargam.com/tautokedungrasa

Berbahan dasar daging sapi dengan pelengkap berupa soun, daun seledri, serta daun bawang. Tauto yang merupakan kuliner berkuah asal Pekalongan, ini juga merupakan kuliner yang menggunakan kecap manis.

Cara lezat menikmati tauto yaitu dimakan bersama potongan lontong yang lembut dan memenuhi ruang mulut saat dikunyah.

Itu tadi tujuh kuliner Nusantara yang menyertakan kecap manis ke dalam racikan resepnya. Tahu tidak? Di balik warna hitamnya, kecap manis ternyata dapat meningkatkan kesehatan usus lho!

Baca Juga: 7 Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung ke Semarang, Lezat!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya