Comscore Tracker

5 Olahan Makanan Berbau Tajam di Indonesia yang Punya Banyak Penggemar

Lupakan aromanya, nikmati kelezatannya!

Keunikan kuliner Nusantara tidak hanya sebatas cita rasa maupun penampilan saja. Negara kita tercinta ini mempunyai banyak kuliner enak tapi berbau tajam seperti jengkol, petai, durian, dan lainnya.

Walaupun sebagian orang ada yang tidak menyukainya, lima olahan makanan berbau tajam seperti berikut ini ternyata memiliki banyak penggemar lho! Apakah kamu salah satu penggemar makanan ini?

1. Semur jengkol

5 Olahan Makanan Berbau Tajam di Indonesia yang Punya Banyak Penggemarinstagram.com/semur_jengkol85

Jengkol salah satu makanan berbau tajam yang dapat diolah menjadi bermacam hidangan lezat, salah satunya adalah semur jengkol. Menyuguhkan cita rasa gurih dan manis, semur jengkol merupakan olahan yang dapat dinikmati siapa pun. Terutama bagi penikmat jengkol yang tidak menyukai rasa pedas.

Semur jengkol dimasak dengan cara ditumis ke dalam bumbu dan kecap manis hingga kuah surut alias mengering sendirinya. Setelah matang, biasanya semur jengkol diberi taburan bawang goreng agar aromanya makin sedap.

2. Balado cumi petai

5 Olahan Makanan Berbau Tajam di Indonesia yang Punya Banyak Penggemarinstagram.com/masakbyrr

Olahan petai yang paling umum dibuat oleh masyarakat Indonesia yakni balado cumi petai karena dianggap sebagai perpaduan yang sempurna. Di mana aroma petai yang menggoda, bertemu dengan kenyalnya daging cumi yang cukup nikmat saat dikunyah bersama.

Belum lagi bumbu balado yang identik pedas, bikin penikmat balado cumi petai makin ketagihan. Sebab itu, olahan makanan berbau tajam ini cocok banget dijadikan lauk untuk makan siang.

Baca Juga: Resep Olahan Petai Tumis Sambal Terasi yang Bikin Nagih 

3. Nadi goreng terasi

5 Olahan Makanan Berbau Tajam di Indonesia yang Punya Banyak Penggemarinstagram.com/chintyajoellie

Terasi juga masuk dalam daftar makanan berbau tajam, terbuat dari fermentasi udang rebon. Belum diolah menjadi suatu hidangan lezat pun, terasi memiliki aroma yang strong sehingga tidak semua orang menyukainya.

Selain diolah menjadi sambal, terasi juga nikmat dijadikan sebagai bumbu dalam pembuatan nasi goreng terasi. Tak hanya mengubah aroma, keberadaan terasi bikin cita rasa nasi goreng terasa spesial di lidah.

4. Tahu petis

5 Olahan Makanan Berbau Tajam di Indonesia yang Punya Banyak Penggemarinstagram.com/tahupetisyudhistira

Bewarna hitam legam, petis merupakan makanan berbau tajam yang terbuat dari rebusan ikan atau udang yang diolah hingga teksturnya mengental. Petis sering dimanfaatkan sebagai bumbu untuk pembuatan lontong balap hingga rujak cingur.

Cara sederhana memanfaatkan petis yakni dengan mengolahnya menjadi tahu petis yang enak banget dijadikan sebagai kudapan. Tahu yang dipilih umumnya sejenis tahu kopong yang telah digoreng, kemudian diisi dengan petis.

5. Ketan durian

5 Olahan Makanan Berbau Tajam di Indonesia yang Punya Banyak Penggemarinstagram.com/ketan_durian_png

Di antara banyak buah-buahan segar, durian adalah buah yang memiliki aroma cukup tajam. Meski begitu, manisnya durian dapat diolah menjadi makanan lezat apa pun. Paling praktis di antara lainnya ada ketan durian.

Kamu cukup menyiapkan ketan putih yang telah dikukus, kemudian disajikan dengan kelapa parut serta durian. Cara menikmatinya, yaitu dengan mengunyah ketan beserta daging durian dalam waktu bersamaan.

Meski berbau tajam makanan di atas justru memiliki banyak penggemar. Aromanya memang menusuk hidung, tapi percayalah jika makanan di atas punya kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya.

Baca Juga: Resep Petis Buah yang Pedas dan Nyegerin, Rasanya Mantap!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya