Comscore Tracker

5 Makanan Sehat yang Disarankan Dikonsumsi Usai Bersepeda, Terjangkau!

Ternyata gak cuma minum air putih lho!

Bersepeda sedang menjadi aktivitas yang cukup digemari akhir-akhir ini. Selain seru dan menyenangkan, bersepeda termasuk olahraga ringan yang bikin tubuh menjadi sehat. Meski ringan, bersepeda juga menguras energi lho!

Sebab itu, usai bersepeda kita mesti mengembalikan energi tersebut dengan cara makan-makanan bergizi. Sudah tahu belum, makanan sehat apa saja yang disarankan? Yuk, cari tahu jawabannya seperti dilansir dari laman Realbuzz berikut ini.

1. Dada ayam panggang

5 Makanan Sehat yang Disarankan Dikonsumsi Usai Bersepeda, Terjangkau!bettycrocker.com

Dada ayam yang diolah dengan cara dipanggang, disarankan untuk dikonsumsi usai bersepeda karena menyediakan protein tanpa lemak yang mana membantu proses pemulihan tubuh atau energy recovery sehingga memberi tenaga usai energi hilang.

Dalam 100g dada ayam menyediakan omega-3 anti-inflamasi dan asam amino penting, yang semuanya membantu mengubah protein menjadi otot. 

2. Ubi

5 Makanan Sehat yang Disarankan Dikonsumsi Usai Bersepeda, Terjangkau!treehugger.com

Baik dikonsumsi usai dikukus atau mengolahnya menjadi ubi panggang. Ubi bagus dikonsumsi usai bersepeda karena ubi termasuk makanan karbohidrat kompleks yang membantu memulihkan kadar glikogen.

Saat bersepeda, kadar glikogen akan terkuras sehingga ketika mengonsumsi ubi jalar adalah pilihan yang bagus karena dapat memulihkannya. Selain itu, ubi jalar juga mengandung serat, vitamin C, mangan, betakaroten dan kalium yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Biasa Diinginkan Tubuhmu Kalau Lagi Gak Sehat

3. Kacang dan buah kering

5 Makanan Sehat yang Disarankan Dikonsumsi Usai Bersepeda, Terjangkau!kumbhatbazaar.com

Tidak hanya setelah bersepeda saja. Kacang-kacangan dan buah kering dapat dijadikan bekal saat bersepeda selain air putih. Kamu dapat menyimpannya pada wadah mungil yang bisa dibawa ke mana saja.

Kacang-kacangan dan buah kering merupakan karbohidrat sederhana yang dapat mencerna makanan dengan mudah serta mendorong energi ke tubuh dengan meningkatkan glikogen. 

4. Telur rebus

5 Makanan Sehat yang Disarankan Dikonsumsi Usai Bersepeda, Terjangkau!thekitchn.com

Sama halnya dengan kacang-kacangan dan buah kering. Saat bersepeda, kamu bisa membawa telur rebus sebagai bekal. Tidak hanya memberi rasa kenyang yang cukup lama, telur rebus juga dapat mengembalikan energi pada tubuh yang hilang karena mengandung protein yang cukup tinggi.

5. Tahu

5 Makanan Sehat yang Disarankan Dikonsumsi Usai Bersepeda, Terjangkau!rotinrice.com

Tahu adalah makanan kaya nutrisi. Di dalamnya mengandung berbagai vitamin, asam amino esensial serta mineral. Sama halnya dengan dada ayam, tahu merupakan makanan protein tanpa lemak sehingga baik dikonsumsi usai bersepeda karena dapat memulihkan energi yang telah terkikis.

Nah, itu tadi lima makanan yang disarankan untuk dikonsumsi usai bersepeda. Semuanya terjangkau, bukan? Bila nanti kamu bersepedaan lagi, jangan lupa mengonsumsi makanan sehat di atas untuk memulihkan energi pada tubuh. Beri tahu keluarga atau teman-teman kamu juga, ya.

Baca Juga: 5 Makanan Pembuka Khas Korea yang Paling Nikmat, Sudah Pernah Coba?

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya