Comscore Tracker

5 Makanan yang Biasa Orang Korea Konsumsi Pasca Operasi Plastik

Katanya mampu mengurangi pembengkakan

Sudah bukan rahasia lagi jika Korea Selatan terkenal akan praktik operasi plastik. Di setiap sudut kota di negara ini, kamu dengan mudah menjumpai iklan yang tertera pada brosur maupun pamflet mengenai tawaran operasi plastik.

Kali ini kita tidak membahas secara detail mengenai operasi plastik, melainkan hal unik tentang praktik tersebut yang jarang diketahui. Ternyata, pasca operasi plastik, ada makanan yang disarankan oleh dokter untuk dikonsumsi, lho.

Dikatakan dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak, berikut beberapa makanan yang biasa orang Korea konsumsi pasca operasi plastik. Kamu penasaran gak, nih?

1. Hobakjuk

5 Makanan yang Biasa Orang Korea Konsumsi Pasca Operasi Plastikhobakjuk (instagram.com/mott_cud)

Hobakjuk adalah bubur manis yang terbuat dari labu kuning. Dalam semangkuk hobakjuk dilengkapi bola-bola kue beras yang membuat perut semakin kenyang usai menyantapnya.

Tampilan cerah dengan rasa manis ramah lidah, hobakjuk jadi santapan yang disarankan oleh dokter kecantikan di Korea Selatan pada pasien pasca operasi plastik. Kenikmatannya pun sudah tak diragukan.

Dilansir Korea Breast Surgery, menyantap hobakjuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh sampai mengurangi risiko peradangan. Sebab, labu kuning yang jadi bahan bakunya mengandung antioksidan, serat tinggi, dan vitamin A.

2. Miyeok guk

5 Makanan yang Biasa Orang Korea Konsumsi Pasca Operasi Plastikmiyeok guk (instagram.com/hyoungram)

Miyeok guk bisa dibilang super food-nya Korea Selatan, nih. Sebab, kuliner ini sering banget dijadikan warga Korea sebagai makanan pemulihan dari segala jenis keluhan. Salah satunya adalah makanan untuk pemulihan pasca operasi plastik.

Dilansir VIP Blog, menikmati semangkuk miyeok guk usai operasi plastik dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan karena makanan ini kaya kalsium dan yodium. Di samping itu, miyeok guk juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

Miyeok guk sendiri adalah sup dari rumput laut dengan kuah gurih. Pasien operasi plastik biasanya menyantap miyeok guk dengan tambahan daging sapi supaya terdapat manfaat protein.

3. Seolleongtang

5 Makanan yang Biasa Orang Korea Konsumsi Pasca Operasi Plastikseolleongtang (instagram.com/koreanbapsang)

Di zaman kerajaan, seolleongtang sering dikonsumsi oleh ratu dan permaisuri karena diyakini membuat wajah awet muda. Sampai sekarang, makanan ini masih dibutuhkan manfaatnya oleh orang Korea, lho. Salah satunya sebagai santapan pasca operasi plastik.

Seolleongtang kaya kandungan vitamin dan antioksidan, sehingga mempercepat pemulihan pasca operasi plastik. Selain itu, kandungan nutrisi pada seolleongtang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga meminimalisir tubuh dari penyakit pasca operasi, seperti dilansir Seoul Cosmetic Surgery.

Seolleongtang sendiri semacam sup yang terbuat dari rebusan tulang sapi. Di dalamnya terdapat irisan daging empuk yang membaur dengan daun bawang cincang. 

Baca Juga: 5 Makanan Favorit Kang Tae Oh, Didominasi Makanan Korea! 

4. Subak hwachae

5 Makanan yang Biasa Orang Korea Konsumsi Pasca Operasi Plastiksubak hwachae (instagram.com/dahaewest)

Makanan satu ini sangat menyegarkan. Wajar saja jika dipilih sebagai santapan pasca operasi plastik. Subak hwachae bisa dibilang sup buah khas Korea Selatan.

Bahan utamanya terbuat dari semangka yang diambil dengan alat. Selain semangka, subak hwachae dimeriahkan dengan  stroberi dan buah persik. Kuah subak hwachae bisa dibuat dari madu atau buah omija, lho.

Dilansir JW Beauty, bahan utama subak hwachae, semangka, memiliki manfaat baik bagi kulit, mulai dari menyegarkan, melembabkan, sampai antipenuaan. Konon, menikmati subak hwachae pasca operasi plastik mempercepat pemulihan.

5. Patjuk

5 Makanan yang Biasa Orang Korea Konsumsi Pasca Operasi Plastikpatjuk (instagram.com/korealoveinturkiye)

Selain hobakjuk, ada patjuk yang bisa dipilih untuk santapan pasca operasi plastik. Sama-sama bertekstur lembut, patjuk berbahan dasar kacang merah. Bubur ini dilengkapi dengan bola kue beras, lho.

Kacang merah salah satu jenis kacang-kacangan yang terbilang istimewa di Asia Timur, termasuk Korea Selatan. Kacang merah dianggap memiliki manfaat baik, seperti menutrisi tubuh, mencegah kanker, hingga mengontrol gula darah.

Bagi pasien pasca operasi plastik, menikmati patjuk bisa mencegah peradangan selama masa pemulihan, seperti dilansir Korean Breast Surgery.

Ternyata, usai operasi plastik gak sembarang makanan bisa dikonsumsi, lho. Meskipun berbeda-beda jenisnya, deretan makanan tadi konon mampu mengurangi pembengkakan pasca operasi plastik. Pantas bila dianjurkan oleh banyak dokter spesialis kecantikan di Korea Selatan.

Baca Juga: 10 Makanan Korea yang Gak Pedas, Penampilannya Bikin Ngiler

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya