Comscore Tracker

7 Makanan & Minuman Ini Jadi Sering Dikonsumsi Sejak COVID-19 Melanda

Banyak yang meyakini berkhasiat untuk pengobatan!

Bukan virus biasa, membuat banyak orang dari berbagai negara di dunia bikin tameng bagi tubuh supaya tidak diserang COVID-19 alias virus corona. Salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang diyakini memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh dalam meningkatkan imunitas.

Berikut ini, ada tujuh makanan dan minuman yang kini jadi sering dikonsumsi oleh penduduk dari berbagai negara selama COVID-19 melanda. Apa saja? Yuk, intip!

1. Empon-empon

7 Makanan & Minuman Ini Jadi Sering Dikonsumsi Sejak COVID-19 Melandaselerasa.com

Semenjak COVID-19 melanda, minuman terbuat dari rempah seperti bir pletok, saraba, wedang ronde, dan lainnya menjadi sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia supaya daya tahan tubuh meningkat serta meminimalisir terserang penyakit.

Namun, nama empon-empon menjadi paling sering disebut mengingat RI-1, Presiden Joko Widodo, pun mengonsuminya sebagai minuman herbal tradisional.

Empon-empon sendiri terbuat dari beragam rempah seperti jahe, kencur, lengkuas, kunyit, temulawak, dan adas.

2. Sup ayam

7 Makanan & Minuman Ini Jadi Sering Dikonsumsi Sejak COVID-19 Melandafoodnetwork.com

Penduduk dari berbagai negara barat memang telah lama menjadikan sup ayam sebagai santapan hangat untuk memulihkan tubuh dari sakit dan mengembalikan daya tahan tubuh seperti sedia kala.

Mengingat, pada saat wabah COVID-19 merebak. Banyak negara barat seperti Eropa tengah memasuki musim dingin, sehingga konsumsi sup ayam menjadi meningkat. Supaya manfaatnya jadi meningkat, banyak yang menambahkan sayuran.

Baca Juga: Resep Sup Merah yang Sehat dan Enak, Langsung Hangat di Badan

3. Kue jahe

7 Makanan & Minuman Ini Jadi Sering Dikonsumsi Sejak COVID-19 Melandabestrecipes.com

Meski jadi sajian manis saat Natal tiba, kue jahe kini jadi camilan laris manis saat covid-19 mulai menyebar ke berbagai negara.

Alasannya karena kue ini terbuat dari rempah yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Yang mana, jahe mengandung anekdotal dengan fungsi mengatasi demam dan flu, yang merupakan beberapa gejala dari COVID-19.

4. Natto

7 Makanan & Minuman Ini Jadi Sering Dikonsumsi Sejak COVID-19 Melandalivejapan.com

Tidak hanya rutin mengonsumsi matcha yang diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sama halnya dengan sup miso, natto merupakan makanan fermentasi kedelai.

Biasanya dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Semenjak wabah COVID-19 masuk ke Negeri Sakura, ini penjualan natto menjadi meningkat seperti dikutip dari laman Vice.

Hal tersebut mengisyaratkan jika penduduk Jepang sering mengonsumsi natto untuk tameng tubuh.

5. Congee

7 Makanan & Minuman Ini Jadi Sering Dikonsumsi Sejak COVID-19 Melandathekitchn.com

Di Tiongkok, congee masih menjadi makanan andalan saat tubuh mulai terasa lemah karena diserang penyakit. Semenjak wabah COVID-19 mulai menyebar di berbagai wilayah Tiongkok serta mulai berlakunya sistem lockdown, congee menjadi alternatif makanan yang dikonsumsi masyarakat Tiongkok selama isolasi di rumah.

6. Air madu hangat

7 Makanan & Minuman Ini Jadi Sering Dikonsumsi Sejak COVID-19 Melandabigbasket.com

Khasiat dari madu memang tidak terbantahkan lagi. Tak heran, saat seperti ini air madu hangat menjadi minuman favorit yang dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak sedikit dari penikmatnya menambahkan kehadiran lemon, jeruk, jahe, atau kayu manis, yang dianggap makin menguatkan manfaat dari air madu hangat.

7. Yoojacha

7 Makanan & Minuman Ini Jadi Sering Dikonsumsi Sejak COVID-19 Melandaohhowcivilized.com

Tidak hanya samgyetang dan galbitang, yoojacha yang tak lain adalah teh jeruk yuzu ini dianggap memiliki sifat antibiotik.

Karena itulah, sejak COVID-19 merebak di Korea Selatan yoojacha menjadi sering dikonsumsi oleh masyarakat Negeri Gingseng tersebut, terutama ketika tubuh mulai merasakan tidak nyaman.

Bagaimana? Meski untuk kebutuhan pengobatan, tujuh makanan dan minuman yang telah disebutkan tadi cukup enak untuk dinikmati. Jadi, jangan malu-malu untuk ikutan mengonsumsinya juga, ya!

Baca Juga: 10 Tips Pesan Makanan Online Delivery Selama Masa Physical Distancing 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya