Comscore Tracker

7 Masakan Khas Asia Tenggara yang Menggunakan Santan, Sedap Sekali!

Pernah coba yang mana saja?

Rendang, salah satu masakan dengan menggunakan santan yang cukup terkenal di Asia Tenggara bahkan dunia. Rasa gurihnya yang meresap ke setiap lapisan daging, membuat siapa saja tergoda untuk menikmatinya.

Gak cuma rendang, ada banyak masakan khas Asia Tenggara yang menggunakan santan dan memiliki rasa yang sedap sekali untuk disantap. Mau tahu apa saja? Icip-icip, yuk!

1. Soto Tangkar

7 Masakan Khas Asia Tenggara yang Menggunakan Santan, Sedap Sekali!makanajib.com

Betawi punya nih! Jika soto Betawi lebih cenderung menggunakan jeroan sapi, lain hal dengan soto tangkar yang umumnya menggunakan iga sapi. Sama-sama berkuah santan, baik soto Betawi ataupun soto tangkar punya rasa yang begitu nikmat ketika suapan pertama mendarat di lidah. Menikmati soto tangkar asyik banget jika ditambahkan emping ke dalammya. Bikin nafsu makan jadi meningkat!

2. Kaeng khiao wan

7 Masakan Khas Asia Tenggara yang Menggunakan Santan, Sedap Sekali!chowcation.com

Di Thailand, kaeng khiao wan disebut pula sayur hijau. Biasanya disantap dengan menggunakan roti goreng, kaeng khiao wan memiliki isian berupa daging sapi, ayam atau ikan.

Memiliki rasa sedikit pedas, kaeng khiao wan mendapatkan warna hijaunya dari pasta sereh, cabai hijau, dan jeruk purut. Berjuta rasa di dalamnya, banyak yang mengatakan jika kaeng khiao wan adalah kari tradisional yang paling pedas di Thailand.

3. Laksa

7 Masakan Khas Asia Tenggara yang Menggunakan Santan, Sedap Sekali!wren2rebuild.com

Masakan berdarah Tionghoa yang menggunkan santan ini, memang terkenal di berbagai negara kawasan Asia Tenggara. Laksa sendiri memiliki berbagai jenis, seperti contoh laksa Katong, laksa Betawi, laksa lemak, dan masih banyak lainnya.

Dikemas sebagaimana rupanya, laksa identik berkuah santan dan memiliki campuran mi. Isian laksa pun beragam, mulai dari udang, telur rebus, dan sayuran. Semangkok laksa bisa mengobati rasa lapar, yang bikin kenyang lama.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Santan dari Kelapa Utuh, Lebih Sehat Dibanding Instan

4. Ginataang Kalabasa

7 Masakan Khas Asia Tenggara yang Menggunakan Santan, Sedap Sekali!asianinspirations.com.au

Potongan kacang panjang, labu, daun kelor, dan udang, isian dari ginataang kalabasa. Masakan bersantan asal Filipina ini dimasak dengan menggunakan bagoong, bumbu fermentasi ikan, krill, dan garam.

Bertekstur kental, ginataang kalabasa sering dipilih oleh masyarakat Filipina sebagai menu lauk sehari-hari. Gurihnya masakan ini bikin penikmatnya nambah berulang kali.

5. Ohn no khao swe

7 Masakan Khas Asia Tenggara yang Menggunakan Santan, Sedap Sekali!id.pinterest.com/Fine Food Specialist

Sekilas mirip dengan mi celor, ohn no khao swe adalah hidangan mi khas Burma berkuah santan. Masakan yang memiliki rasa pedas berasal dari bubuk cabai ini, berbahan utama mi gandum dan daging ayam.

Ohn no khao swe dilengkapi pula dengan isian lainnya seperti kacang goreng, irisan bawang, telur rebus, dan tak lupa dikucurkan dengan perasan jeruk nipis pada saat disajikan. Mi nan gurih ini nikmat banget disantap pada saat cuaca sedang dingin.

6. Nasi Lemak

7 Masakan Khas Asia Tenggara yang Menggunakan Santan, Sedap Sekali!sbs.com.au

Gak cuma laksa! Nasi lemak juga terkenal di berbagai negara kawasan Asia Tenggara seperti Singapore, Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Bersaudara dengan nasi uduk, nasi lemak yang dimasak dengan menggunakan santan umumnya dilengkapi dengan pendamping terbaiknya berupa daging ayam, potongan telur rebus, sambal, irisan timur, kacang, dan ikan teri. Nasi lemak adalah pilihan menu makanan yang pas saat perut dilanda lapar.

7. Kari Ayam

7 Masakan Khas Asia Tenggara yang Menggunakan Santan, Sedap Sekali!realfood.tesco.com

Memiliki rasa yang kaya rempah-rempah, kari ayam termasuk masakan bersantan yang dikenal hampir seluruh negara di kawasan Asia Tenggara. Tidak hanya Asia Tenggara, Asia Selatan dan beberapa negara di Karibia juga mengonsumsi gurihnya kari ayam. Jika bosan dengan olahan ayam digoreng, dibakar, atau diopor, kari ayam bisa menjadi menu makanan alternatif.

Dari tujuh menu masakan khas Asia Tenggara yang menggunakan santan tersebut, mana saja yang sudah pernah kalian coba? Memang sih, gurihnya masakan bersantan kadang bikin lupa diri. Karena itulah, jangan mengonsumsi berlebihan ya. Ingat kesehatan!

Baca Juga: 5 Fakta Nutrisi Santan Kelapa yang Bikin Masakan Gurih Sedap!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You