Comscore Tracker

6 Ragam Warna Sayuran yang Punya Manfaat Mencegah Penyakit Serius

Rata-rata sayuran lokal, kok!

Kalian yang punya perasaan serius ke seseorang dan disakiti. Tenang, itu ada obatnya yaitu move on dan dampaknya juga tidak begitu berbahaya untuk diri kalian. Ibarat kata, mati satu tumbuh seribu. Kalian masih bisa mendapatkan yang terbaik usai disakiti oleh seseorang.

Yang berbahaya itu jika tubuh dihinggapi dengan penyakit serius seperti diabetes, katarak, atau kanker. Banyak faktor yang memengaruhi tubuh diserang penyakit serius, bahkan kalian sendiri tidak sadar apa penyebabnya.

Karena itulah, berikut ini ada enam sayuran ragam warna yang bantu untuk mencegahnya. Apa saja? Semoga termasuk kesukaan kalian.

1. Kubis

6 Ragam Warna Sayuran yang Punya Manfaat Mencegah Penyakit Seriuspexels.com/Quang Nguyen Vinh

Siapa sih yang bisa tahan ketika menikmati ayam goreng dan sambal, tanpa kehadiran kubis sebagai lalapan? Sayuran hijau yang mengandung glukosinolat atau pemberi rasa pahit, ini memang sayuran yang tak pernah absen pada masakan apa pun.

Masuk dalam keluarga Brasicca, kubis memilik sifat protektif kanker, terutama terhadap kanker paru-paru dan kerongkongan. Ketika kalian mengolahnya menjadi kubis fermentasi, atau dikenal pula di Jerman dengan sebutan sauerkraut. 

Fermentasi kubis tersebut menjadi meningkat fungsinya. Mulai dari meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan berat badan, hingga menguatkan daya tahan tubuh seperti dikutip dari laman Healthline.

2. Terung 

6 Ragam Warna Sayuran yang Punya Manfaat Mencegah Penyakit Seriuspexels.com/John Lambeth

Dikutip dari laman Medical News Today, terung menyediakan setidaknya 5% dari kebutuhan harian seseorang akan serat, tembaga, mangan, B-6, dan tiamin. Selain itu, terong adalah sumber senyawa fenolik yang bertindak sebagai antioksidan.

Di antara antioksidan dalam terung adalah anthocyanin, termasuk nasunin, lutein, dan zeaxanthin. Yang mana, sayuran berwarna ungu ini dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti penyakit jantung, stroke, osteoporosis, hingga kanker kulit.

Kira-kira, kalian suka menikmati terung sebagai apa? Lalapan, terung balado, atau tumis terong? Apa pun pilihannya, olah dengan cara yang baik supaya memaksimalkan manfaatnya.

3. Kembang kol

6 Ragam Warna Sayuran yang Punya Manfaat Mencegah Penyakit Seriuspixabay.com/Couleur

Dikutip dari laman Medical News Today, kembang kol mengandung antioksidan yang membantu mencegah mutasi sel dan mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas. Indole-3-carbinol atau I3C adalah salah satu antioksidan pada sayuran putih ini yang terbukti mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi, baik pada pria maupun wanita.

Umumnya jadi pelengkap masakan sup atau tumisan, kembang kol termasuk jenis sayuran silangan yang mengandung belerang atau dikenal sebagai sulforaphane, yang dapat membantu melawan berbagai jenis kanker.

Baca Juga: 6 Jenis Sayuran yang Dapat Diolah Menjadi Menu Tempura, Yuk Coba!

4. Tomat

6 Ragam Warna Sayuran yang Punya Manfaat Mencegah Penyakit Seriuspexels.com/Dmitry Demidov

Si bulat merah ini selain menjadi masakan, dapat pula dinikmati sebagai jus tomat nan menyegarkan. Salah satu manfaat baik mengonsumsi tomat yaitu mengontrol gula darah atau memanajemen diabetes seperti dikutip dari laman Health.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa, 200 gram tomat mentah. Kira-kira 1,5 buah tomat segar dengan ukuran sedang, dapat mengurangi tekanan darah pada diabetisi tipe 2 jika dikonsumsi setiap hari.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan jika, mengonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko kardiovaskular yang terkait dengan diabetes tipe 2.

5. Wortel

6 Ragam Warna Sayuran yang Punya Manfaat Mencegah Penyakit Seriuspexels.com/Nick Collins

Wortel memiliki warna oranye yang berasal dari zat beta-caroten. Dan diyakini sebagai makanan ampuh dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan degenerasi makula.

Sama halnya tomat, wortel juga dapat diolah menjadi pure juice untuk minuman kesehatan. Dikutip melalui laman Guidedoc, wortel memiliki manfaat penting lainnya yaitu mengusir racun pada tubuh. Yang mana, hal ini memengaruhi kesehatan seputar hati.

Penyakit hati yang dimaksud bukan iri hati atau dengki ya, guys! Tapi penyakit organ hati yang disebabkan karena mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, minuman beralkohol, mengonsumsi obat-obatan, dan masih banyak penjabaran sebab lainnya.

6. Zukini

6 Ragam Warna Sayuran yang Punya Manfaat Mencegah Penyakit Seriuskeystothecucina.com

Selain berwarna hijau, zukini juga memiliki warna kuning terang menggoda tangan agar lekas memasaknya menjadi sajian lezat dan sehat.

Dikutip dari laman Food Revolution Network, zukini adalah sumber antioksidan dan fitonutrien yang melindungi kesehatan, termasuk vitamin C, beta-karoten, mangan, zeaxanthin, dan lutein.

Zeaxanthin dan lutein sangat berguna dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata dengan melawan radikal bebas. Kandungan tersebut dapat membantu mata mengurangi risiko katarak dan masalah seputar degenarasi makula lainnya.

Nah, itu tadi enam ragam sayuran warna beserta manfaatnya yang dapat mencegah penyakit serius. Dari sayuran yang telah disebutkan tadi, adakah sayuran yang tidak kalian suka? Jika iya, yuk mulai sekarang mulai jatuh cinta dengannya. Karena mencintai sayuran meminimalisir tubuh dari terserang penyakit.

Baca Juga: Konsumsi 6 Macam Sayuran Ini Jika Tekanan Darah Kamu Lagi Naik

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya