Comscore Tracker

5 Superfood Berbagai Negara Ini Bisa Disontek untuk Meningkatkan Imun 

Semua superfood ini ramah dengan lidah masyarakat Indonesia

Nama empon-empon cukup melejit sejak Indonesia dilanda COVID-19. Biasa disajikan menjadi minuman, empon-empon mempunyai manfaat yang salah satunya ialah meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah sebab, empon-empon masuk dalam superfood untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Jika negara kita ada empon-empon, lima negara berikut ini punya superfood yang dapat kamu sontek sebagai asupan untuk meningkatkan imun.

1. Teh rooibos

5 Superfood Berbagai Negara Ini Bisa Disontek untuk Meningkatkan Imun verywellhealth.com

Jika di Jepang, matcha menjadi teh andalan untuk memulihkan tubuh dari sakit. Afrika Selatan juga ada yaitu rooibos. Teh rooibos sendiri merupakan teh herbal yang terbuat dari jenis tanaman aspalathus linearis.

Teh ini memiliki penampakan warna merah namun bukan bagian dari teh merah maupun teh hitam. Kaya antioksidan, pantas jika teh rooibos menjadi superfood untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Ikan laut dan minyak zaitun

5 Superfood Berbagai Negara Ini Bisa Disontek untuk Meningkatkan Imun cleaneatingmag.com

Mengonsumsi ikan laut dengan mengolahnya bersama minyak zaitun, cara masyarakat Portugal untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Lemak omega-3 pada ikan laut penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak. Sedangkan minyak zaitun kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, dan manfaat lainnya yang membantu tubuh terhindar dari risiko penyakit.

Baca Juga: 7 Superfood Khas Jepang yang Bisa Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

3. Sauerkraut

5 Superfood Berbagai Negara Ini Bisa Disontek untuk Meningkatkan Imun therealfoodrds.com

Sauerkraut merupakan makanan probiotik yang terbuat dari fermentasi kubis. Masyarakat Eropa yakin, kekebalan tubuh menjadi kuat ketika sistem pencernaan sehat.

Sebab itu, sauerkraut menjadi superfood yang tak pernah terlewatkan untuk dikonsumsi karena terdapat probiotik yang menghasilkan bakteri baik untuk usus.

4. Golden milk

5 Superfood Berbagai Negara Ini Bisa Disontek untuk Meningkatkan Imun rachaelrayshow.com

Superfood yang ini berupa minuman yang cukup populer di India dan Malaysia. Golden milk terbuat dari susu segar dengan tambahan rempah berupa kunyit.

Minuman ini tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga mengurangi risiko kanker, menurunkan gula darah, hingga mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik.

5. Bawang putih

5 Superfood Berbagai Negara Ini Bisa Disontek untuk Meningkatkan Imun m.timesofindia.com

Selain sirop elderberry, masyarakat Swiss memilih bawang putih ketika mulai tidak enak badan. Bukan dimasak sebagai bumbu, lho! Mereka mengunyah bawang putih mentah-mentah. Meski menimbulkan bau, nyatanya bawang putih juga cukup efektif untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

Bagaimana, semua superfood yang telah disebutkan tadi mudah untuk dijangkau bukan? Yuk, bentengi diri dari ragam penyakit dengan mengonsumsi makanan sehat!

Baca Juga: 6 Bahan Makanan Superfood yang Cocok Dikonsumsi oleh Anak-anak

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya