Comscore Tracker

7 Tempat Jajan Legendaris di Makassar yang Lezatnya Tak Lekang Waktu

Lezatnya awet dari masa ke masa #LokalIDN

Es pisang ijo, jalangkote, hingga pisang epe adalah deretan jajanan yang lekat sekali dengan Kota Makassar. Meski di daerah lain juga ada yang menjual jajanan tersebut, paling nikmat memang mencicipinya langsung di daerah asalnya.

Kepengin tahu di mana tempat untuk mendapatkan jajanan tersebut dan lainnya di Makassar? Pergi saja ke tujuh tempat jajan berikut ini. Berlabel legendaris, tak diragukan lagi soal rasa!

1. Songkolo Bagadang Alhamdulillah 

7 Tempat Jajan Legendaris di Makassar yang Lezatnya Tak Lekang WaktuSongkolo Bagadang Alhamdulillah (instagram.com/maryamyunus81)

Songkolo bagadang merupakan jajanan khas Makassar terbuat dari ketan kukus yang memiliki topping berupa serundeng, ikan teri goreng, dan sambal. Kamu bisa mendapatkannya di kedai Songkolong Bagadang Alhamdulillah.

Songkolo bagadang memang menjadi makanan unggulan di kedai ini. Tapi kamu bisa mencicipi menu lainnya juga di sini seperti nasi kuning, soto ayam, pallubasa, hingga mi instan.

Kisaran harga: Kurang dari Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, 24 jam.

Alamat: Jalan Pannara No.19, Antang, Manggala.

2. Bakpao Kios Sangir 

7 Tempat Jajan Legendaris di Makassar yang Lezatnya Tak Lekang WaktuBakpao Kios Sangir (instagram.com/jimmysie)

Saat cuaca sedang dingin, menyantap jajanan yang proses pembuatannya dikukus seperti bakpao misalnya, pasti nikmat banget! Bakpao yang namanya cukup legendaris di Makassar bernama Bakpao Kios Sangir.

Terdapat bakpao dengan bermacam isi di sini. Andalannya yaitu bakpao isi daging babi. Jajanan lainnya yang dijual kedai ini terdiri dari siomai, bakcang, dan roti goreng isi daging. Kenikmatannya memuaskan lidah lho!

Kisaran harga: Rp50-100 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 07.00-22.30.

Alamat: Jalan Sangir No.21, Melayu Baru, Wajo.

3. Warung Bravo 

7 Tempat Jajan Legendaris di Makassar yang Lezatnya Tak Lekang WaktuWarung Bravo (instagram.com/yiyipikayasmitasari)

Tempat yang menjajakan es pisang ijo di Makassar cukup banyak. Namun, jika mencari yang legendaris di kota ini, datanglah ke Warung Bravo. Es pisang ijo di sini porsinya cukup banyak. Sirop untuk memaniskan es pisang ijo merupakan buatan sendiri sehingga terjaga cita rasanya tetap terjaga dari masa ke masa.

Sembari menyegarkan diri dengan es pisang ijo, manjakan lidah dengan menu lainnya yang ditawarkan Warung Bravo seperti jalangkote, mi pangsit, nasi goreng, hingga nasi campur.

Kisaran harga: Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 08.00-22.00.

Alamat: Jalan Andalas No. 154, Bontoala.

Baca Juga: 5 Alasan Wajib Cobain Pallubasa Serigala, Kuliner Lezat Khas Makassar

4. Warkop Tong San 

7 Tempat Jajan Legendaris di Makassar yang Lezatnya Tak Lekang WaktuWarkop Tong San (instagram.com/rikharachmat)

Datang ke Warkop Tong San membuatmu seperti sedang kembali ke Makassar di masa lalu. Bagaimana tidak? Warkop Tong San berdiri pada bangunan yang telah dimakan oleh waktu sehingga nampak sekali kesan vintage-nya.

Selain menikmati kopi dengan cita rasa yang autentik banget rasanya. Kamu dapat menjajal lembutnya pawa, sebutan untuk bakpao isi kacang atau gurihnya apam paranggi.

Kisaran harga: Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 06.00-17.00.

Alamat: Jalan H. Borra No.20/22, Bulo Gading, Ujung Pandang.

5. Mama Toko Kue dan Es Krim 

7 Tempat Jajan Legendaris di Makassar yang Lezatnya Tak Lekang WaktuMama Toko Kue (instagram.com/mamatokokue)

Bermacam kue tradisional hingga kue modern ada di toko ini. Bila memiliki acara tertentu, butuh kue untuk menjamu tamu atau dijadikan sebaagai hampers, datang saja ke sini dan memilih dengan sesuka hati.

Enggak cuma menikmati manisna beragam kue, kamu juga bisa merasakan bermacam es krim yang kesegarannya mampu mendinginkan tenggorokan hingga pikiran.

Kisaran harga: Rp50-100 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00.

Alamat: Jalan Serui No.19, Pattunuang, Wajo.

6. Jalangkote dan Lumpia Lansirang 

7 Tempat Jajan Legendaris di Makassar yang Lezatnya Tak Lekang WaktuJalangkote dan Lumpia Lasinrang (instagram.com/foodprodiggy)

Butuh jajanan yang bisa dijadikan camilan untuk keluarga? Jalangkote dan Lumpia Lansirang solusinya. Cita rasa jalangkote dan lumpia di sini tak pernah berkurang, meski berbeda zaman.

Di kedai ini tak cuma menjajakan jalangkote dan lumpia khas Sulawesi saja. Kamu bisa menikmati kroket, otak-otak, dan bikandoang juga yang masing-masing punya rasa lezat.

Kisaran harga: Rp10-100 ribu.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 07.30-20.00.

Alamat: Jalan Pengayoman No. 8 C, Panakkukang.

7. Pisang Epe Mandiri 

7 Tempat Jajan Legendaris di Makassar yang Lezatnya Tak Lekang WaktuPisang Epe Mandiri (instagram.com/rickyysp84)

Pisang Epe Mandiri juga termasuk bagian dari kuliner malam di Makassar. Kedai yang makin malam justru makin ramai ini memuaskan lidah dengan sajian pisang epe beragam topping yang manisnya kebangetan! Bikin siapa saja penikmatnya jadi lupa diri.

Enak banget pastinya menikmati pisang epe di kedai yang terbuka ini. Udara malam yang menyejukkan ditambah dengan pisang epe plus secangkir kopi atau teh hangat, menjadi penutup malam yang berkesan!

Kisaran harga: Kurang dari Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 18.00-00.00.

Alamat: Jalan Ali Malaka No.45, Maloku, Ujung Pandang.

Tinggal di Makassar atau memang sedang singgah untuk pelesiran di kota ini, jangan sampai melewatkan kenikmatan dari bermacam jajanan legendaris yang telah disebutkan tadi ya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kuliner Sop Saudara di Makassar, Enak dan Terjangkau!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya