Comscore Tracker

7 Tempat Makan Paling Laris di Dekat Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Nyesel deh kalau kamu tidak mencobanya #LokalIDN

Setiap ada objek wisata, pasti ada banyak tempat makan. Begitu juga di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh. Masjid yang tak cuma berfungsi sebagai tempat salat saja ini setiap harinya ramai wisatawan. Maka dari itu tempat makan di sekitarnya atau tak jauh dari masjid nan megah ini pun kebanjiran rezeki berupa kehadiran pengunjung.

Dan berikut ini, ada tujuh tempat makan paling laris di sekitar Masjid Raya Baiturrahman Aceh.

1. Nasi Gurih Pak Rasyid

7 Tempat Makan Paling Laris di Dekat Masjid Raya Baiturrahman, AcehNasi Gurih Pak Rasyid (instagram.com/captainigogo)

Kamu bisa menjangkau kedai nasi gurih Pak Rasyid dengan berjalan kaki, lho. Sebab, letaknya berada di depan masjid. Tapi Ingat, jangan mengulur waktu karena kedai ini tak pernah sepi pengunjung.

Apalagi jam operasionalnya singkat, mulai dari pukul 06.00-10.30. Siapa pun pasti berlomba-lomba mendapatkan nasi gurih yang harganya kisaran Rp18-25 ribu per porsi.

Nasi gurih di sini cocok di semua lidah orang Indonesia. Suapan pertama aroma serta rasa gurihnya, strong banget. Tapi, begitu dikunyah terdapat rasa manis yang mencuat. Lauk-lauknya yang enak, bikin makan jadi auto lahap!

2. Bakso Idaman Barata

7 Tempat Makan Paling Laris di Dekat Masjid Raya Baiturrahman, AcehBakso Idaman Barata (instagram.com/frie_jee)

Bakso Idaman Barata juga bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Masjid Raya Baiturrahman . Gak perlu keluar biaya transportasi lagi, deh. Kedai yang buka pukul 14.00-22.00, ini tempatnya terbuka dan lumayan luas.

Porsi semangkuk bakso di sini lumayan banyak sampai-sampai mendekati bibir mangkuk. Bikin siapa saja yang melihatnya tak sabar buat menghabiskan. Dagingnya terasa, kuah hangatnya juga gurih.

Seporsi bakso di sini dihargai sekitar Rp15 ribuan saja, lho.

3. Mie Razali

7 Tempat Makan Paling Laris di Dekat Masjid Raya Baiturrahman, AcehMie Razali (instagram.com/astiesugiarto)

Tak cuma paling laris, Mie Razali juga terkenal seantero Aceh karena rumah makan ini pernah dikunjungi presiden hingga artis ibu kota. Terlebih, Mie Razali telah ada sejak tahun 1967, lezatnya melegenda!

Menu mi di sini terdiri dari mi goreng, mi rebus, mi hun, mi udang, mi kepiting, hingga mi cumi-cumi. Jenis hingga topping-nya boleh berbeda, tapi rasa mi di sini kaya rempah dan berciri khas, lho.

Masing-masing dihargai mulai dari Rp15-38 ribu per porsi. Kamu dapat menemukan Mie Razali di Jalan T. Panglima Polem No.81, Peunayong, Kusalam. Buka setiap hari, mulai pukul 11.00-23.00.

Baca Juga: 6 Camilan Manis Khas Aceh yang Bisa Jadi Oleh-oleh, Wajib Coba! 

4. Warung Sate Matang Yakin Rasa

7 Tempat Makan Paling Laris di Dekat Masjid Raya Baiturrahman, AcehSate Matang Yakin Rasa (instagram.com/medanfoodblog)

Keunggulan sate di sini yaitu setiap tusuknya full daging. Perpaduan rasa manis dan gurihnya bumbu kacangnya pas, enggak bikin enek. Belum lagi kuah kaldu nan gurih yang disajikan bersama sate, bikin makin doyan makan.

Warung sate matang Yakin Rasa berlokasi di Jalan Sri Ratu Syafiatuddin, Peunayong, Kuta Alam. Harga sate matang di kedai yang buka pukul 10.00-00.00 ini mulai dari Rp25-30 ribu per porsi.

5. Mie Midi Peuniti

7 Tempat Makan Paling Laris di Dekat Masjid Raya Baiturrahman, Acehilustrasi mi kepiting (instagram.com/feri_asamad)

Mie Midi Peuniti bisa ditempuh juga dengan berjalan kaki, lho. Jaraknya kurang lebih 800 meter dari Masjid Raya Baiturrahman. Kedai yang menjajakan kelezatan mi ini buka pukul 10.00-00.00.

Mi di sini buatan sendiri sehingga bikin setiap olahan mi yang ditawarkan terasa makin lezat. Varian mi di sini juga cukup banyak. Masing-masing dihargai mulai dari Rp15-45 ribu. 

Bagi kamu pencinta seafood, mi berisikan udang, cumi, dan kepiting, paling direkomendasikan. Gak cuma rasanya yang endes, porsinya melimpah dengan bahan yang masih segar. Berani coba?

6. Canai Mamak KL

7 Tempat Makan Paling Laris di Dekat Masjid Raya Baiturrahman, AcehCanai Mamak (instagram.com/abdulwadudi)

Kulineran sekitar Masjid Raya Baiturrahman enggak melulu makanan berat, kok. Kamu bisa juga jajan roti canai di restoran Canai Mamak KL yang berlokasi di Jalan Teuku Umar No.51, Seutui, Baiturrahman.

Restoran yang buka pukul 08.00-23.00 ini nyaman banget disinggahi untuk bersantai ria sembari menghabiskan sepiring roti canai, sembari menikmati es cokelat. Terlebih, varian roti canai di sini cukup beragam, lho.

Ada roti canai keju cokelat, roti canai kari kambing, roti canai durian, roti canai pisang keju, canai isi srikaya, dan masih banyak lagi, yang masing-masing dihargai sekitar Rp14-27 ribu saja.

7. Daus Nasi Goreng Khas Aceh

7 Tempat Makan Paling Laris di Dekat Masjid Raya Baiturrahman, AcehNasi Goreng Daus (instagram.com/sitisuryawati)

Nah, sore hingga malam hari paling asyik ditutup dengan menyantap sepiring nasi goreng beragam topping. Kamu bisa mendapatkannya di restoran Daus Nasi Goreng Khas Aceh yang berlokasi di Jalan T. Panglima Polem No.87-89, Peunayong, Kuta Alam.

Menu nasi goreng di sini terdiri dari nasi goreng biasa, nasi goreng seafood, dan nasi goreng kampung. Harga kisaran dari Rp10-40 ribu per porsi. Kepengin ke sini, kamu bisa datang pada pukul 17.00-01.00.

Itu tadi tujuh rekomendasi tempat makan paling laris di sekitar Masjid Raya Baiturrahman, Aceh. Saking larisnya, tempat kuliner yang disebutkan tadi selalu jadi rujukan wisatawan. Bila ke sana, sempatkan mampir ya.

Baca Juga: Resep Sate Matang, Makanan Khas Aceh yang Menggugah Selera

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya