Comscore Tracker

Jalan-jalan ke Ponorogo, Jangan Lupa Incipi 5 Makanan Khas Ini

Jangan lupa mampir ya ! 

Ponorogo merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Selain terkenal dengan kesenian reognya, Kabupaten Ponorogo juga terkenal dengan makanan khas daerahnya yang lezat loh. Terutama untuk kamu yang hobi travelling dan doyan makan, jangan lupa saat berkunjung ke Ponorogo untuk mencicipi 5 makanan khas ini yang dijamin rasanya menggoyang lidahmu.

Penasaran? Yuk, simak 5 makanan khas Ponorogo yang wajib kamu cicipi saat jalan-jalan 

1. Nasi pecel

Jalan-jalan ke Ponorogo, Jangan Lupa Incipi 5 Makanan Khas Iniinstagram.com/vickyyuwono

Makanan khas yang pertama adalah nasi pecel khas Ponorogo.

Pecel memang sudah banyak ditemukan di daerah luar Ponorogo. Namun, pecel Ponorogo ini memiliki khas sendiri loh. Pecel Ponorogo dikenal dengan pecel tumpuk. Pecel ini sangat khas karena sambal kacangnya yang sangat kental dan juga lebih pedas. Isi sayurnya sendiri juga lebih lengkap ada sayuran hijau, tauge, kemangi, kecambah, mentimun, hingga lamtoro.

Agar lebih nikmat kamu bisa menambahkan lauk tempe goreng, rempeyek, piya-piya, maupun bakwan. Selamat mencoba ! 

2. Sate ayam Ponorogo

Jalan-jalan ke Ponorogo, Jangan Lupa Incipi 5 Makanan Khas Iniwww.pahlawanekonomi.org

Sate ayam Ponorogo adalah makanan khas selanjutnya. Bahkan sate ayam Ponorogo merupakan saingan berat sate ayam Madura.

Perbedaan antara sate ayam Ponorogo dengan Madura adalah pada cara pemotongan daging ayamnya. Sate Ponorogo disayat tipis memanjang sedangkan sate Madura dipotong dadu. Selain itu sate Ponorogo dibuat melalui proses perendaman bumbu agar lebih meresap pada daging. Setelah itu dipanggang diatas anglo (alat pemanggang dari tanah liat). Kemudian sate ayam siap disajikan lebih nikmat ditemani dengan lontong maupun ketupat. 

Baca Juga: 5 Makanan Khas Madiun Ini Rasanya Enak Banget, Tak Hanya Pecel!

3. Dawet Jabung

Jalan-jalan ke Ponorogo, Jangan Lupa Incipi 5 Makanan Khas Iniinstagram.com/jajan_enaks

Selain makanan, kamu wajib mencoba minuman segar yang satu ini yaitu dawet jabung. Es dawet jabung ini berisi cendol, bubur ketan, gempol atau ketan , dan nagka. Sedangkan untuk kuahnya terdiri dari santan, gula merah, dan sedikit garam.

Warna cendolnya sendiri berwarna putih karena terbuat dari tepung beras berbeda dengan cendol kebanyakan yang berwarna hijau. So, kamu tertarik mencobanya? 

4. Jenang Mirah

Jalan-jalan ke Ponorogo, Jangan Lupa Incipi 5 Makanan Khas Iniinstagram.com/jenangmirahponorogo

Ponorogo memiliki makanan khas yaitu jenang mirah. Di daerah lain istilah jenang lebih dikenal dengan nama dodol. Makanan ini dibuat dari beras atau ketan dan dimasak dengan santan kelapa serta gula merah. Sehingga menghasilkan jenang yang berwarna coklat yang nikmat.

Selain jenang, juga bisa ditaburi dengan wijan di atasnya. Kamu bisa lho membawa jenang mirah ini sebagai oleh-oleh yang bisa ditemukan di pusat oleh-oleh khas Ponorogo tentunya. 

5. Gethuk Golan

Jalan-jalan ke Ponorogo, Jangan Lupa Incipi 5 Makanan Khas Iniyoutube.com

Makanan terakhir yaitu jajanan tradisional yang bernama gethuk golan. Gethuk golan memiliki rasa yang khas. Gethuk golan disajikan dengan ketan hitam, parutan kelapa diatasnya, dan gula merah yang sudah dicairkan.

Berbeda dengan gethuk biasanya yang terbuat dari singkong ditumbuk dan dicampur dengan gula merah, gethuk golan ini sangat langka dan hanya bisa kamu temui di daerah Desa Golan, Kecamatan Sukarejo 8 kilometer dari pusat Kota Ponorogo. 

Itulah guys 5 makanan khas yang wajib kamu cicipi saat jalan-jalan ke Ponorogo. Jadi, untuk kamu yang baru tahu, Ponorogo itu tidak hanya terkenal dengan kesenian reognya, tapi Ponorogo juga  terkenal memiliki makanan khas yang wajib kamu coba. So, selamat menikmati. 

Baca Juga: 5 Wisata Alam Ponorogo yang Harus Kalian Kunjungi!

Nina Nadiah Photo Community Writer Nina Nadiah

Kuliah yang menyambi dengan kuli tinta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You