Comscore Tracker

5 Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa, Tubuh Jadi Lebih Produktif

Nomor 5 paling penting nih

Perubahan pola makan selama Ramadan dari tiga kali sehari menjadi dua kali, membuat banyak orang beranggapan bahwa porsi makannya harus lebih banyak. Padahal, kebutuhan kalori harian tubuh saat berpuasa tetap sama dengan ketika tidak berpuasa. Oleh karena itu, asupan nutrisi dan kalori sangat penting untuk diperhatikan selama puasa.

Menurut dokter spesialis gizi klinis dari RS Ciputra Cengkareng, Jovita Amelia, kebutuhan kalori orang dewasa berkisar antara 1.500-2.500 kkal setiap harinya. Kebutuhan tersebut tentu saja disesuaikan dengan aktivitas dan berat badan seseorang. Agar tubuh tetap fit selama puasa, inilah lima tips yang harus kamu lakukan saat puasa nanti.

1. Hindari konsumsi kafein serta makan dan minuman manis secara berlebihan

5 Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa, Tubuh Jadi Lebih Produktiffunfit.club

Kafein dan santan dapat membuat asam lambung cepat naik. Jadi, jika kamu memiliki penyakit lambung seperti maag dan sejenisnya, usahakan menghindarinya saat berbuka dan sahur. Kamu juga bisa menggantinya dengan air mineral atau susu.

2. Pilih karbohidrat kompleks untuk pemenuhan kebutuhan energi

5 Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa, Tubuh Jadi Lebih Produktifnewhealthadvisor.com

Karbohidrat kompleks ini bisa didapatkan dari makanan berbahan gandum, umbi-umbian, serta buah-buahan. Selain bergizi, makanan ini juga membuatmu kenyang lebih lama hingga waktu berbuka.

3. Hindari konsumsi gorengan dan santan saat berbuka

5 Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa, Tubuh Jadi Lebih Produktifinovasee.com

Meskipun puasa identik dengan dua hal ini, jangan mengonsumsinya secara berlebihan ya. Makanan-makanan ini dapat menimbulkan begah jika dikonsumsi secara berlebihan, apalagi saat berbuka.

Baca juga: Istilah Puasa dalam Berbagai Bahasa di Dunia, Apa Saja?

4. Penuhi kebutuhan serat harian

5 Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa, Tubuh Jadi Lebih Produktiffoodrenegade.com

Kamu juga gak boleh melupakan serat selama berpuasa. Serat dapat mencegah konstipasi dalam tubuh. Kamu bisa memenuhinya dengan mengonsumsi sayur-sayuran.

5. Penuhi kebutuhan cairan minimal delapan gelas dalam sehari

5 Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa, Tubuh Jadi Lebih Produktifeatthis.com

Kebutuhan delapan gelas dalam sehari ini bisa kamu bagi menjadi: dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas setelah tarawih, dan dua gelas sebelum tidur. Jika lebih justru akan lebih baik.

Nah, itulah beberapa tips memilih makanan dan minuman yang dapat menunjang produktivitas selama berpuasa. Sekarang sudah siap menyambut bulan suci Ramadan, dong? Kebiasaan apa saja sih yang sering kamu lakukan saat puasa?

Baca juga: Masih Utang Puasa Ramadan? Ini yang Harus Kamu Lakukan

yummy-banner

Topic:

Just For You