Comscore Tracker

5 Cara Gampang Menghilangkan Bau Amis Pada Jeroan Hewan, Patut Dicoba!

Paling enak dimasak bersama kuah santan dan rempah melimpah

Bagi sebagian orang mengonsumsi jeroan hewan mungkin hal yang tidak biasa, namun di sisi lain gak sedikit juga yang menjadikan jeroan hewan sebagai makanan favoritnya.

Tekstur yang kenyal dan rasa gurih yang khas membuat jeroan hewan layak mendapatkan tempat tersendiri di hati para pencinta kuliner. Namun untuk memasak jeroan hewan dibutuhkan tips khusus agar tidak bau amis.

Nah, di bawah ini ada 5 cara hilangkan bau amis pada jeroan hewan. Yuk dicatat!

1. Beri perasan air jeruk nipis atau lemon  

5 Cara Gampang Menghilangkan Bau Amis Pada Jeroan Hewan, Patut Dicoba!pexels.com/Lisa Fotios

Cara yang paling gampang adalah memberi jeroan sapi dengan perasan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki tingkat keasaman yang cukup pekat sehingga bisa menetralkan bau amis yang kurang sedap. Jeruk nipis bisa juga diganti dengan lemon yang sama-sama didominasi kadar asam yang tinggi. 

2. Taburkan garam pada setiap sisinya  

5 Cara Gampang Menghilangkan Bau Amis Pada Jeroan Hewan, Patut Dicoba!pixabay.com/BrunoGermany

Selain dengan jeruk nipis atau garam, jeroan sapi juga bisa dihilangkan rasa amis dan aroma tidak sedapnya dengan menggunakan garam. Garam yang paling bagus adalah jenis garam kasar. Garam kasar juga bisa sekaligus membersihkan sisa kotoran yang menempel di jeroan sapi, caranya dengan digosok sambil dibilas dengan air. 

Baca Juga: 6 Tips Mengolah Jeroan Kambing biar Gak Bau Prengus, Jadi Lebih Nikmat

3. Bilas dengan menggunakan cuka  

5 Cara Gampang Menghilangkan Bau Amis Pada Jeroan Hewan, Patut Dicoba!pixabay.com/StockSnap

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan cuka yang dibalurkan ke setiap bagian jeroan sapi untuk menghilangkan aroma yang kurang sedap. Jenis cuka yang digunakan bisa cuka biasa, cuka apel  atau cuka putih. 

4. Rebus selama 15-20 menit dalam air mendidih  

5 Cara Gampang Menghilangkan Bau Amis Pada Jeroan Hewan, Patut Dicoba!pixabay.com/Uwe Conrad

Suhu panas pada air mendidih bisa mematikan bakteri yang membuat aroma amis pada jeroan sapi. Jika ingin mencoba cara ini, didihkan air hingga jeroan yang direbus bisa terendam sempurna. Biar lebih bebas amis, saat merebus ini juga bisa menambahkan perasan lemon atau rempah ke dalamnya.

5. Rendam dalam air kapur sirih  

5 Cara Gampang Menghilangkan Bau Amis Pada Jeroan Hewan, Patut Dicoba!pexels.com/Gustavo Fring

Cara terakhir yang bisa dicoba yaitu merendam jeroan sapi dengan air kapur sirih. Air kapur sirih bekerja sama seperti perasan lemon, menetralkan aroma tidak sedap. Merendam jeroan sapi dalam air kapur sirih bisa dilakukan selama 15-30 menit, bisa disesuaikan tergantung tingkat keamisan jeroan sapinya. 

Biasanya jeroan sapi paling enak dimasak bersama santan atau bumbu pedas, baru bayanginnya aja udah bikin ngiler! Siap mengolah jeroan tanpa bau amis yang mengganggu?

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini 5 Cara Mengolah Jeroan agar Tidak Bau Amis

SA D Photo Verified Writer SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya