Comscore Tracker

Unik & Enak, 7 Makanan Populer Filipina Ini Terbuat dari Ubi Ungu Lho

Ubi ungu ternyata menjadi makanan favorit masyarakat di sana

Filipina yang masih berada dalam kawasan Asia Tenggara memiliki kultur yang hampir mirip dengan Indonesia, tidak terkecuali dari segi makanannya. Filipina yang mengonsumsi beras sebagai makanan pokok, ternyata menyukai ubi ungu sebagai bahan dasar camilan lho. 

Kalau di Indonesia ubi ungu biasa diolah menjadi bola ubi, maka di Filipina ubi diolah dengan berbagai macam bentuk.

Bakal cocok sama lidah orang Indonesia, kamu harus coba nih 7 makanan populer Filipina berbahan dasar ubi ungu berikut ini!

1. Halaya

Unik & Enak, 7 Makanan Populer Filipina Ini Terbuat dari Ubi Ungu Lholitosupply.co

Ube Halaya atau yang lebih akrab disebut ube jam adalah selai oles yang terbuat dari ubi ungu. Seperti selai cokelat atau selai buah lainnya, selai ubi juga dioles di atas roti untuk menjadi kudapan sarapan atau camilan.

Selai ini terbuat dari campuran ubi yang telah direbus lalu dicampur susu, mentega, dan gula. Bisa jadi oleh-oleh juga nih kalau main ke Filipina guys!

2. Kalamay

Unik & Enak, 7 Makanan Populer Filipina Ini Terbuat dari Ubi Ungu Lhokawalingpinoy.com

Kalamay adalah kue tradisional masyarakat Filipina yang kalau di Indonesia mirip-mirip seperti kue talam. Bedanya kalamay ubi tidak menggunakan lapisan santan di atasnya, melainkan sudah dicampur bersamaan saat dimasak. Teksturnya yang kenyal paling cocok disajikan bersama taburan coconut crumbble sehingga menyatu dengan pas saat dimakan. 

3. Taisan

Unik & Enak, 7 Makanan Populer Filipina Ini Terbuat dari Ubi Ungu Lhowomanscribbles.net

Kecintaan masyarakat Filipina terhadap ubi ungu ini memang begitu besar. Selain selai dan kue tadi masih ada Taisan ubi. Kue ini merupakan sejenis sponge cake yang memiliki tekstur lembut dan cocok dijadikan hidangan buat kumpul bareng keluarga. Tapi kue bolu ini punya cita rasa unik yang beda dari bolu original, pandan atau cokelat pada umumnya.

Rasa ubi ungu alias taro ini begitu kuat dan bikin rasanya jadi semakin nikmat. 

Baca Juga: 5 Resep Kue Berbahan Ubi Ungu Ini Bisa Dibuat Tanpa Perlu Oven Lho!

4. Champorado

Unik & Enak, 7 Makanan Populer Filipina Ini Terbuat dari Ubi Ungu Lhoappetite.onemega.com

Kata siapa ubi ungu cuma bisa diolah jadi makanan manis? Di Filipina ubi ungu diolah jadi bubur dan disajikan bersama kuah santan dan lauk pauk lho atau yang disebut dengan Champorado.

Bubur ini memiliki cita rasa gurih dan sekilas memiliki testur kental seperti bubur ketan hitam. Bedanya bubur ini lebih halus karena ubi yang digunakan telah dimasak menjadi puree. Orang Filipina biasa makan bubur ini dengan ikan asin. Mirip banget ya sama selera orang Indonesia!

5. Yum Cake

Unik & Enak, 7 Makanan Populer Filipina Ini Terbuat dari Ubi Ungu Lhores.cloudinary.com

Kembali ke makanan manis, kali ini ada dessert menggugah selera yang bernama Yum Cake.

Yum Cake artinya kue ubi namun kue ini bukan kue ubi biasa karena diberi krim keju dan membuat cheese cake varian baru. Buat kamu para pecinta cheese cake gak boleh ketinggalan nih buat cobain Yum Cake yang banyak dijual di Filipina.

6. Ube Bar Bread

Unik & Enak, 7 Makanan Populer Filipina Ini Terbuat dari Ubi Ungu Lhoimagenesmy.com

Lebih padat dari bolu yang sebelumnya Ube Bar Bread merupakan olahan roti ubi yang dilapisi parutan kelapa di atasnya. Roti ini cocok bagi kamu yang bosan dengan roti tepung atau roti gandum yang biasa aja. Ditambah selai ubi di dalamnya, jadi deh sajian serba ubi ini siap menggoyang lidah.

7. Mini Ube Mamon

Unik & Enak, 7 Makanan Populer Filipina Ini Terbuat dari Ubi Ungu Lhoreddit.com

Yang gak kalah enak adalah Mini Ube Mamon yang berarti cupcake ubi. Kue kecil ini diisi dengan isian khas masyarakat Filipina yang terbuat dari gula dan tepung bernama Yema. Kue mini tersebut juga dihiasi krim ubi bewarna ungu yang menambah kelezatan sekaligus mempercantik penampilan. Kalau jadi kue ulang tahun pas banget nih, manis, menarik, dan enak!

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Filipina yang terbuat dari ubi ungu. Kalau kamu mampir ke sana jangan lupa untuk mencicipi semuanya ya!

Baca Juga: Singgah ke Cilacap, Ini 8 Makanan Khas yang Layak Dijadikan Oleh-oleh

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You